Perbandingan Galaxy Note 4 dan LG G3

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 04 Des 2014 | 19:43


Dengan selisih harga yang mencapai 2,5 – 3 jutaan (cek harga Galaxy Note 4 dan harga LG G3),, seharusnya Galaxy Note 4 menjadi perangkat yang “jauh” lebih baik dan berkualitas dibandingkan dengan LG G3. Namun tak selamanya harga menjadi patokan kualitas, karena kadang harga dipermainkan untuk menarik minat pembeli atau bahkan justru menaikkan status perangkat tersebut.

Demikian pula yang terjadi pada Galaxy Note 4 dan LG G3. Kedua perangkat tersebut secara kualitas dan kehebatan tidak terpaut terlalu jauh. Untuk jelasnya, kita bahas satu-satu.

Desain

Produk yang lebih mahal biasanya lebih tipis dan ringan, tapi tidak dengan Note 4 yang 0,4mm lebih tipis dari LG G3 (8,5mm vs 8,9mm) namun, justru 27 gram lebih berat (176gr vs 149gr). Hal ini membawa banyak pengaruh, terutama cara Anda memegangnya.

LG G3 lebih ergonomic dengan permukaan lengkung dibagian belakang, sementara Anda akan sering mempergunakan kedua tangan untuk mengoprasikan Galaxy Note 4. LG G3 juga lebih stylis dan terasa lebih “premium” dengan cover belakang yang terbuat dari metal.

Layar

Kedua perangkat sama-sama menggunakan Quad HD screen, namun yang pertama kali menggunakan Quad HD adalah LG G3. Layar Note 4 berukuran 5,7 inci sementara LG G3 hanya 5,5 inci.

Namun dari kepadatan pixel, LG G3 sedikit menang dengan 534ppi dibandingkan Note 4 yang 515ppi. Yang membedakan hanyalah teknologi Super AMOLED yang dipergunakan Note 4 sementara LG G3 hanya LCD, keduanya memiliki kelebihan masing-masing yang bisa dipilih berdasar selera.

Mesin

Note 4 dibekali mesin 2,7Ghz berjenis Qualcomm Snapdragon 805 (atau opsi 1,9Ghz/1,3GHz Exynos) octa core prosesor dengan RAM 3GB. Sementara LG G3 datang dengan Snapdragon 801, 2,5GHz dengan pilihan RAM 2GB atau 3GB.

Media Penyimpanan

Galaxy Note 4 hanya tersedia dalam versi 32GB sementara LG G3 tersedia dalam versi 16 GB dan 32 GB, keduanya masih dibekali dengan slot memori yang sanggup menampung Micro SD sampai dengan 128GB (Alena).

Kamera

Kedua perangkat menawarkan kamera yang sama yaitu 16 MP dan 13 MP, keduanya juga dilengkapi dengan OIS dan 4K video recording. Note 4 dibekali juga dengan Live HDR mode, sementara LG G3 dibekali dengan Superfast Laser Auto Focus yang bisa memfokuskan kamera lebih cepat dari kedipan mata Anda. Note 4 lebih bagus untuk selfie karena dibekali shooter 3,7 MP sementara LG 3 hanya 2,1 MP.

Fitur Unik

Ada beberapa fitur unik yang dibawa kedua perangkat ini. Note 4 dibekali berbagai sensor seperti sensor sidik jari untuk membuka kunci perangkat dan untuk verifikasi pembayaran online, sensor detak jantung dan sensor Ultra Violet. Ditambah dengan S pen Stylus untuk pengoprasioan Note 4 yang lebih mudah.

Di sisi lain LG G3 menawarkan kualitas musik yang jauh lebih baik dengan kemampuan memutar musik berkualitas 24bit/192khz dan dibekali dengan speaker 1W yang berada dibelakang dan dilengkapi dengan “boost amp”.

Software

Note 4 dan LG G3 sama-sama dilepas dengan Android KitKat dan sama-sama bisa diupgrade ke Android Lollipop, namun mereka mempunyai user interface yang berbeda. Samsung mempergunakan TuchWiz sementara LG G3 mempergunakan UX. Keduanya juga mampu menampilkan dan menjalankan dua aplikasi secara berdampingan.

Konektivitas

Kedua perangkat yang diproduksi di negara yang sama ini bersaing untuk memberikan konektivitas terbaik dengan membekali perangkat mereka dengan berbagai fitur. Baik Note 4 dan LG G3 telah mempunyai konektivitas wireless dual band 11ac Wi-Fi, GPS, NFC, dan juga infra merah.

Namun Galaxy Note 4 sedikit lebih unggul dengan koneksi bluetooth versi 4.1 sementara LG G3 hanya Bluetooth versi 4.0. Note 4 juga menyediakan koneksi 4G LTE yang lebih cepat, dengan kemampuan 4G LTE Cat 6 yang secara teoritis mampu memberikan kecepatan 300Mbps, dibandingkan dengan Cat 4 yang hanya 150Mbps. Namun LG G3 telah dibekali dengan wireless charging.

Baterai

Kapasitas baterai yang besar di atas kertas Samsung Galaxy Note 4 berada di atas LG G3 dengan besaran 3220 mAh. Sedangkan rivalnya, lG G3 hanya memiliki daya 3000 mAh. Baterai kedua ponsel dapat dibongkar pasang sehingga mudah menggantinya jika ada kerusakan.(Tedi)

 

Baca juga artikel:

WhatsApp Kini Bisa Diakses dengan PC Desktop, Begini Caranya!

Mengenal Revolusi Android dari Waktu ke Waktu

Solusi Sederhana Atasi Baterai Boros Redmi 1S

Artikel Lainnya

Komentar

Shu Lei Chan 04 Juli 2015 - 10:32
nah loh... ini maksudnya apa... kok baterainya diatas kertas samsung lebih unggul, sedangkan disitu ditulis baterai LG sama atau setara dengan samsung. mohon dikoreksi min . . . biar pembaca kgak bingung.