Pilih Mana, Xiaomi Redmi 1S Atau Motorola Moto G ? 

Oleh Tedi Yuni A on Senin, 22 Sep 2014 | 13:30

Xiaomi redmi 1S sudah resmi masuk ke pasar Indonesia dan mendapat sambutan yang cukup antusias. Dengan spesifikasi mumpuni plus ditunjang harga terjangkau. Wajar bila ponsel cerdas ini menjadi buruan.

Motorola Moto G yang sudah hadir terlebih dahulu di Indonesia juga patut diperhitungkan. Hadir dengan dua pilihan kapasitas penyimpanan yaitu 8 GB dan 16 GB, Moto G memiliki kemampuan yang setara dengan Xiaomi. Jika dibandingkan dengan Moto G yang memiliki  RAM 1 GB dan memori internal 8 GB, harganya agak lebih tinggi.

Lebih jelasnya, berikut sedikit gambaran perbandingan dari kedua ponsel tersebut.

Dual SIM

Baik Xiaomi Redmi 1S maupun Motorola Moto G sama-sama dilengkapi dengan dua slot sim card (GSM-GSM). Menggunakan jenis micro SIM card, keduanya dapat diaktifkan secara bersamaan.

Layar

Xiaomi Redmi 1S menggunakan layar IPS dengan 16 juta warna serta dengan ketajaman resolusi 720 x 1280 pixels. Layarnya sendiri berukuran 4.7 inci (~320 ppi pixel density).

Sementara Motorola Moto G juga memakai jenis layar yang sama yaitu layar IPS dengan 16 juta warna serta sudah berketajaman resolusi 720 x 1280 p. Perbedaannya layar Moto G berukuran 4.5 inci (~326 ppi pixel density).

Hardware

Untuk perangkat keras, keduanya sama-sama ditenagai oleh prosesor besutan Qualcomm. Dimana Xiaomi menanam Snapdragon MSM 8228 yang berkecepatan 1,6Ghz. Sedangkan Moto G memakai prosesor Snapdragon MSM8226 dengan kecepatan 1,2Ghz. Keduanya sama-sama didukung RAM 1GB

Software

Meski sama-sama memakai OS Android, namun ada sedikit perbedaan. Xiaomi sudah mengkustom Android Jelly Bean 4.3 menjadi MIUI. Sehingga user interface-nya lebih bervariasi lengkap dengan fitur-fitur yang dikembangkan oleh Xiaomi.

Sementara Motorola Moto G berjalan dengan OS Android 4.4 KitKat murni tanpa kustomisasi. Sehingga UI nya tidak jauh berbeda dengan perangkat lain yang memakai OS sejenis.

Kamera

Xiaomi Redmi 1S mengintegrasikan 2 kamera, untuk kamera belakang berkekuatan resolusi 8 MP (3264 x 2448 p) dengan fitur autofocus dan LED flash. Kameranya juga mampu merekan video fullHD 1080p @30fps. Lalu kamera depannya beresolusi 1.6 megapiksel dengan perekaman video HD 720p @30fps.

Sementara Motorola Moto G juga memiliki 2 kamera, untuk kamera belakang beresolusi 5 megapiksel (2592 х 1944 p), autofocus, dan LED flash. Juga kemampuan merekam video HD 720p @30fps. Serta kamera depannya beresolusi 1.3 megapiksel.

Kesimpulan

Dari sisi hardware, Xiaomi Redmi 1S memiliki performa lebih baik dari Motorola Moto G. Terutama dari kecepatan prosesor (1,6 GHz berbanding 1,2Ghz),lalu kamera yang memiliki resolusi lebih tinggi (8 MP/Redmi 1S berbanding 5MP/Moto G).

Namun dari sisi software, Android 4,4 KitKat murni tanpa kustomisasi pada Moto G jauh lebih ringan dibanding MIUI pada redmi 1S yang telah melalui kustomisasi. Sehingga tidak banyak memakan memori internal maupun RAM.

Kelebihan lainnya, Redmi 1S dibandrol harga yang lebih murah yaitu Rp 1,499 juta sedangkan Moto G dengan spesifikasi memori yang sama (RAM 1 GB dan memori internal 8 GB) dihargai Rp 1,949 juta. (abdi)

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar