Tarung Smartphone Selfie di IFA 2014

Oleh Tedi Yuni A on Senin, 15 Sep 2014 | 12:03

Persaingan sengit terjadi di IFA Berlin tahun ini. Pabrikan ponsel berlomba menyuguhkan smartphone dengan kemampuan kamera selfie terbaik dengan resolusi tinggi dan fitur yang menantang.

Samsung Galaxy Note 4

Sebut saja Samsung Galaxy Note 4. Pada smartphone ini terdapat sebuah fitur selfie yang akan memanjakan para penggunanya. Fitur tersebut bernama Wifie, yang merupakan singkatan dari Wide Selfie. Dengan fitur ini sudut lensa menjadi lebar sehingga bukan hanya satu atau dua obyek, lebih dari itu pun masuk dalam satu frame.

Cara pengambilan gambar selfie pun cukup mudah. Dengan terlebih dahulu mengatur setting kamera, pada saat mengambil gambar, smartphone tersebut dimiringkan ke kanan atau ke kiri agar orang di sekitar dapat terekam. Smartphone ini dilengkapi oleh kamera depan 3,7 MP dan kamera belakang 16 MP.

Lumia 735 dan Lumia 730

Microsoft juga tak mau ketinggalan pamer smartphone Lumia meraka yang sudah mendukung untuk foto selfie. Lumia 735 dan Lumia 730 digadang-gadang akan memberikan pengalaman berbeda waktu digunakan. Berbekal kamera depan 5 MP, dengan bukaan lensa aperture f/2.4 foto selfie diklaim berkualitas bagus. Apalagi ditambah aplikasi Lumia Selfie yang sudah disematkan dalam tubuh kedua smartphone tersebut. Sudut lebar dan paduan aplikasi editing untuk foto selfie membuat kreativitas pengguna akan bertambah.

Kamera belakang 6,7 MP dengan optik Zeiss dan aperture f/1.9 juga bisa digunakan untuk foto diri. Pasalnya ada suara yang akan memberikan bahwa posisi Anda telah pas. Kedua ponsel ini memiliki tampilan dan jeroan mirip, kecuali pada konektivitasnya. Pada Lumia 735 sudah didukung LTE dan wireless charging sedangkan saudaranya dibekali slot dual SIM dan konektivitas sebatas 3 G.

HTC Desire 820

HTC langsung menonjolkan HTC Desire 820 sebagai smartphone selfie dengan resolusi 8 MP pada kamera depan. Sedangkan kamera belakangnya 13 MP dengan bukaan f/2.2. Smartphone dengan layar 5,5 inch ini menggunakan prosesor octa core. Empat inti prosesornya memiliki kecepatan 1,5 GHz dengan arsitektur Cortex A53 dan empat inti lainnya berlari dikecepatan 1.0 GHz. HTC Desire 820 berjalan di sistem operasi Android KitKat dan menggunakan baterai berkapasitas 2600 mAh. Untuk baterainya tidak bisa dibongkar pasang.

Huawei Ascend 7

Meski tidak ditargetkan sebagai smartphone selfie,tetapi kamera Huawei Ascend 7 memiliki kamera depan yang cukup baik. Kameranya head to head langsung dengan milik kamera HTC Desire 820, 13 MP dibagian belakang, 5 MP untuk resolusi kamera depan. Menariknya smartphone ini menggunakan prosesor octa core  (empat core cortex A15 1,8 GHz dan empat core Cortex A7 di 1,3 GHz).

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar