Bingung Memilih Oppo Find 7 atau LG G3? Lihat Perbandingan Ini.

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Kamis, 04 Sep 2014 | 12:00

Di kelas smartphone premium, pertarungan sengit terjadi antara Samsung Galaxy S5, HTC One M8, LG G3, dan juga Oppo Find 7. Pertarungan semakin sengit karena Sony baru saja meluncurkan Xperia T3 di level yang sama. Menarik untuk disimak pertarungan antara smartphone-smartphone ini. Terlebih bagi Anda yang akan membelinya, pasti cukup bingung dengan pilihan yang ada. 

Nah, pada kesempatan kali Pricebook akan membandingkan dua smartphone di kelas premium ini, yakni Oppo Find 7 dan LG G3. Kedua smartphone ini kurang lebih memiliki spesifikasi yang sama,namun tentunya hadir dengan keunggulannya masing-masing. Untuk mengetahui lebih lanjut pertarungan kedua smartphone ini, simak ulasan berikut!

Desain

Secara desain, keduanya memiliki bentuk khasnya masing-masing. Tapi harus diakui, Oppo Find 7 sedikit lebih unggul dari sisi desain karena terlihat lebih elegan jika dibandingkan dengan desain LG G3 yang memiliki tampilan warna casing hitam yang kurang pekat. LG G3 mungkin kalah dari sisi desain, tetapi Oppo Find 7 kalah ringan. Bobot LG G3 yang hanya 149 gram membuatnya terlihat lebih kompak dan ringan.

Layar

Oppo Find 7 dan LG G3 sama-sama mengusung dimensi layar 5 inci. Keduanya pun mengusung resolusi yang sama, yakni 1440 x 2560 piksel. Teknologi layar yang digunakan juga sama, yakni layar jenis IPS LCD dengan kerapatan 538 ppi. Persamaan ini justru membuat keduanya tampak serupa. Namun, LG G3 harus mengakui keunggulan layar dari Oppo Find 7. Pasalnya, layar Oppo Find 7 ternyata memiliki kontras dan pencahayaan yang lebih baik dibandingkan layar LG G3.

Kamera

Pertarungan yang menarik justru terlihat dari sisi kamera. Kamera belakang Oppo Find 7 dan LG G3 sama-sama mengusung kamera 13 MP dengan fitur yang hampir sama. Hanya saja hasil kamera LG G3 lebih baik dibandingkan Oppo Find 7. Cukup wajar mengingat kamera belakang LG G3 dibekali dengan peningkatan auto focus dan fitur bernama optical image stabilization. Meskipun unggul di kamera utama, LG G3 harus mengakui keunggulan kamera depan Oppo Find 7 yang berbekal kamera 5 MP. Kamera depan 2,1 MP pada LG G3 tentu kurang maksimal jika dibandingkan dengan kamera Oppo Find 7.

Hardware

Oppo Find 7 dan LG G3 sama-sama mengusung dapur pacu yang sama, yakni prosessor quad core Krait 400 berkecepatan 2,5 GHz yang dipadu dengan Adreno  330. Kedua smartphone ini juga sama-sama unggul dari sisi multitasking, lantaran keduanya mengusung RAM 3GB. Hanya saja, LG G3 sedikit lebih unggul karena penggunaan chipset yang lebih baru, yakni chipset MSM8975AC (Oppo Find & menggunakan chipset - MSM8974AC).

Oppo Find 7 dan LG G3 tampaknya memang cukup seimbang. Apalagi keduanya juga sama-sama mengusung baterai 3000 mAh dan memiliki rentang harga yang tidak terlalu jauh.

Harga

Mengenai harga termurah dari Oppo Find 7 pada Pricebook yakni Rp5,699,000, sedangkan untuk LG G3 dipatok lebih tinggi Rp6.799.000. Walau demikian, dapat disimpulkan, jika Anda membutuhkan smartphone bergaya untuk kebutuhan selfie maupun video chat, maka Anda bisa memilih LG Oppo Find 7. Lain cerita, jika Anda seorang yang senang mengabadikan momen lewat foto maupun video, maka LG G3 adalah jawabannya.(Tedi)

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar