Siapa Terbaik di Smartphone Selfie, Sony Xperia C3 vs Huawei Honor 3C

Oleh Tedi Yuni A on Rabu, 13 Agu 2014 | 14:00

 

Huawei Honor 3C                                           Sony Xperia C3

Kedua produk ini mengklaim diri mereka yang paling handal untuk foto selfie. Persaingan pun makin ketat ketika kedua smartphone ini menggunakan nama belakang yang hampir mirip. Honor menggunakan 3C untuk kata belakangnya sedangkan Xperia malah sebaliknya, C3. Resolusi 5 MP pada kamera depan menjadi salah satu senjata utama untuk memikat pelanggan.

Keduanya memang belum secara resmi masuk ke Indonesia. Namun sepertinya Huawei akan lebih dulu membawa produknya ke pasar Tanah Air. Lazada sudah menggumumkan pre order dengan potongan harga Rp 100.000 untuk 250 pemesan pertama. Sementara Sony baru merilis ponsel tersebut di luar Indonesia, menurut rencana Agustus ini akan tiba di Cina.

Berikut perbandingan spesifikasi keduanya.

Desain

Sony Xperia C3 tampak lebih besar dan juga lebih tipis. Namun memiliki berat lebih dibandingkan Honer 3C. Anda yang suka gonta-ganti kartu sudah difasilitasi dengan hadirnya dua slot SIM Card dengan ukuran Micro. Kami belum mengetahui pasti apakah salah satu slotnya berukuran Mini.

layar

Jika diperhatikan pada bagian ini yang menarik tentu saja kerapatan pixel yang dimiliki oleh Huawei Honor 3C. Dalam teorinya, semakin besar layar semakin tinggi pula kerapatannya. Ini justru terbalik, layar lebih kecil tetapi nilai kerapatannya makin tinggi. Tentu saja akan berpengaruh pada tingkat kematangan dan kejernihan gambar. Dengan Teknologi layar Triluminos, Sony menantang Huawei untuk kedua hal itu.

OS dan Hardware

Sama-sama menggunakan 4 inti prosesor, tetapi beda chipset. Di atas kertas Sony Xperia C3 tampak lebih gagah karena menggunakan perangkat keras milik Qualcomm dan prosesor grafik Adreno 305.

Multimedia

Kelengkapan kamera depan Xperia C3 lebih komplit berkat dukungan LED flash. Semoga saja flash-nya memberikan pancaran cahaya yang menyebar karena kalau hanya pada satu titik tentu akan membuat belang pada wajah. Kadang selfie lebih baik tanpa flash. Format file yang dapat diputar pada pemutar video dan audio milik Xperia C3 juga lebih bervariasi bila dibandingkan rivalnya.

Konektivitas

Sony pun menjanjikan bahwa smartphone ini akan masuk dalam jajaran ponsel yang menggunakan jaringan 4G atau LTE. Di Indonesia sendiri operator komunikasi sudah mulai melakukan berbagai trial jaringan 4G diberbagai wilayah untuk nantinya bisa berkembang dan digunakan masyarakat luas. Xperia C3 memiliki koneksi NFC yang tidak dimiliki oleh Huawei Honor 3C.

Memori

Huawei Honor 3C menang telak di sini. RAM yang sudah 2 GB menjadi nilai lebih yang dapat mematahkan lawannya. Multitasting tentunya akan menjadi lebih mudah dan sangat menunjang kebutuhan aktivitas penggunannya dalam berbagai hal.

Sementara mengenai kekuatan baterai, Xperia C3 memiliki kapasitas 2500 mAh sedangkan Huawei Honor 3C lebih rendah yakni 2300 mAh. Kedua ponsel ini dilengkapi dengan Radio FM, GPS dan Java.  

Harga

Banderol Sony Xperia C3 Kami perkirakan akan lebih tinggi dari Huawei 3C. Rumor yang beredar akan mencapai kisaran Rp 3jutaan.

Kesimpulan

Perbedaan harga yang jauh nantinya akan menjadi nilai lebih Huawei untuk mengalahkan Sony dalam pertarungan di pasar. Jika Anda suka layar besar dan memiliki uang lebih tentunya Sony lebih layak dengan jeroan yang dimiliki tetapi harus puas dengan RAM yang lebih rendah.

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

  

Artikel Lainnya

Komentar