Daftar Game MOBA Terbaik untuk iOS dan Android

Oleh Ardiansyah Hana updated Rabu, 6 Jun 2018 | 09:09

Game dengan genre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) terus digandrungi. Pasalnya, game yang dulu hanya bisa dimainkan melalui PC high-end kini bisa kamu nikmati secara nyaman melalui perangkat smartphone berbasis iOS dan Android.

Tentunya, popularitas game MOBA semakin tinggi karena kompleksitas gameplay, grafis keren dan bisa dimainkan dengan banyak orang. Sementara itu, visinya sendiri mengharuskan kamu menjadi bagian anggota tim untuk bekerjasama menghancurkan tower lawan melalui hero dengan skill berbeda-beda.

Sejauh ini, game MOBA untuk smartphone memang belum banyak tersedia. Namun, Pricebook akan merangkum 7 game MOBA terbaik yang bisa kamu mainkan melalui smartphone berbasis Android dan iOS.

1. Arena of Valor (AOV)

Game MOBA Android dan iOS terbaik pertama berjudul Arena of Valor (AOV). Berbeda dengan game MOBA lainnya, AOV begitu menarik karena menggunakan karakter superhero dari DC Comics seperti Batman, Jiker, Superman, Wonder Woman bahkan Flash.

Dirilis oleh Tencent dari Tiongkok, Arena of Valor (AOV) menawarkan gameplay yang sederhana sehingga mudah dimainkan oleh pemula. Selain itu, game ini pun memiliki server yang tergolong stabil sehingga nyaman untuk dimainkan.

Untuk pengguna Android, Arena of Valor (AOV) bisa dijalankan pada OS 4.0.3 keatas dengan ukuran 99MB. Sementara itu, kamu pengguna iPhone, iPad dan iPod Touch setidaknya harus melakukan update ke iOS 8.0 untuk bisa menikmati game MOBA terbaik ini.

Download Arena of Valor Android | Download Arena of Valor iOS

2. Mobile Legends: Bang Bang

Siapa tak kenal game MOBA yang satu ini? Sepertinya, hampir semua orang tengah kecanduan memainkan Mobile Legends: Bang Bang. Game MOBA Android dan iOS ini begitu populer di Indonesia karena hadir lebih dulu dan memiliki ukuran yang lebih ringan ketimbang Arena of Valor (AOV) sehingga cocok dimainkan pada smartphone dengan spesifikasi menengah.

Digarap oleh Moonton, Mobile Legends: Bang Bang bisa dimainkan pada iOS 7.0 keatas dan Android 4.0.3 keatas. Namun cukup disayangkan, salah satu kelemahan dari game MOBA ini adalah server yang lemah sehingga seringkali membuat permainan menjadi lag.

Download Mobile Legends Android | Download Mobile Legends iOS

3. Vainglory

Selanjutnya adalah Vainglory. Game MOBA terbaik untuk Android dan iOS ini memiliki tampilan berbeda dengan Mobile Legends dan AOV karena dioperasikan secara penuh melalui touchscreen, bukan analog.

Memiliki kualitas grafis terbaik, tampilan yang disuguhkan Vainglory seringkali disamakan dengan game MOBA konsol atau PC. Kendati demikian, game ini cukup sulit untuk dimainkan pemula karena tidak dilengkapi D-Pad virtual.

Dibandingkan dengan AOV dan Mobile Legends, Vainglory memiliki ukuran yang jauh lebih tinggi. Sementara itu, permainannya bisa dinikmati secara lancar melalui OS Android 4.1 keatas dan iOS 7.0 keatas.

Download Vainglory Android | Download Vainglory iOS

4. Heroes Arena

Alternatif game MOBA Android dan iOS lainnya adalah Heroes Arena. Memiliki gameplay yang mirip dengan AOV dan Mobile Legends, Heroes Arena hadir dengan berbagai mode seperti standar, fast game, co-op vs AI, hingga battle royale. Dikembangkan oleh developer bernama uCool, Heroes Arena bisa dijalankan pada smartphone Android yang berjalan pada OS 4.0.3 keatas dan perangkat yang berjalan pada iOS 6.0 keatas.

Download Heroes Arena Android | Download Heroes Arena iOS

5. Heroes Evolved

Selanjutnya terdapat Heroes Evolved. Game MOBA Android dan iOS terbaik ini serupa dengan game MOBA lainnya namun memiliki perbedaan pada fitur map yang bisa diubah menjadi gelap dan kemampuan recall yang tidak hanya dipakai untuk kembali ke markas melainkan melakukan teleportasi ke tower. Sementara itu, untuk minimum perangkat yang bisa menjalankan game ini adalah Android 3.0 dan iOS 9.0.

Download Heroes Evolved Android | Download Heroes Evolved iOS

Nah, kelima game MOBA terbaik diatas bisa kamu mainkan melalui perangkat iOS dan Android dengan minimum spesifikasi perangkat tertentu. Dari kelimanya, manakah game MOBA yang menjadi favoritmu?

Artikel Lainnya

Komentar

Ervan setiawan Minggu, 17 Jun 2018 | 06:38
sayangnya Aku pake Hp Sony W8 yg Os android gingerbread, jdi ga bisa nyobain . soalnya Aku udah downgrade dari hp yang Sony xperia m2 aqua ke Sony w8. jauh bnget . klo bisa di bilang pke hp jadul :D