Aplikasi Al-Quran Terbaik Buat Android di Ramadhan 2018

Oleh Ardiansyah Hana updated Selasa, 15 Mei 2018 | 10:26

Meningkatkan ibadah saat Ramadhan membuat pahala yang kamu dapatkan berlipat ganda. Tak hanya saat di rumah, kamu bisa ibadah kapan pun dan dimana pun. Salah satu ibadah yang bisa kamu lakukan adalah membaca Al-Quran saat menjalankan aktivitas lainnya seperti saat di perjalanan atau saat istirahat bekerja.

Untuk mengurangi beban bawaan, kamu tak perlu membawa Al-Quran fisik. Saat ini, ada banyak aplikasi Al-Quran di hp yang bisa kamu akses kapan saja tanpa terbatas tempat. Nah, apa saja aplikasi Al-Quran di hp dan tablet yang bisa kamu gunakan? Berikut daftarnya!

1. alQuran

Aplikasi yang satu ini memuat fitur yang lengkap seperti 30 juz Al-Quran yang terintegrasi dengan fitur Google Translate sehingga memudahkan kamu untuk memaknai sebuah ayat lebih dalam. Tak hanya itu, aplikasi alQuran juga memungkinkan kamu untuk kostumisasi tampilan misalnya mengatur jenis dan ukuran huruf sesuai keinginan kamu.

2. Quranesia

Aplikasi Al-Quran di hp lainnya adalah Quranesia. Secara khusus, aplikasi ini dirancang untuk pengguna di Indonesia berkat adanya dukungan terjemahan bahasa Indonesia di setiap ayat dan surat. Memiliki tampilan yang sangat sederhana, kamu juga bisa menggunakan fitur hafalan Quran untuk belajar ayat tertentu, pencarian kata dan dan mendengarkan alunan bacaan Al-Quran untuk mempelajari qari.

3. Al Quran Indonesia

Untuk pengguna Android, kamu bisa  menggunakan aplikasi Al-Quran di hp yang satu ini. Memiliki fitur yang lengkap, aplikasi bertajuk Al-Quran Indonesia ini memuat 114 surat dari 30 juz Al-Quran beserta terjemahan, fitur pencarian surat secara spesifik, kalender hijriah, arah kiblat dan audio mp3 murottal 30 Juz Al-Quran.

4. Belajar Al-Quran

Berbeda dengan aplikasi Al-Quran di hp lainnya, aplikasi bertajuk Belajar Al-Quran ini sangat ramah untuk anak. Memiliki tampilan colorfull, anak tak hanya belajar membaca Al-Quran di hp melalui aplikasi ini, namun belajar menulis Al-Quran berikut tajwid dan harokat. Tersedia secara gratis di Google Play Store, Belajar Al-Quran bisa kamu unduh pada hp Android 2.3 keatas dengan ukuran 21 MB.

5. Salaam

Dikembangkan oleh Samsung Indonesia, aplikasi Al-Quran di hp bernama Salaam ini juga cocok untuk kamu gunakan. Menariknya, aplikasi ini memegang Sertifikat Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an dari Kementerian Agama Republik Indonesia sehingga isi kontennya berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan. Tak hanya Al-Qur’an digital, ada banyak fitur pendukung dari aplikasi Salaam seperti jadwal waktu solat, penunjuk arah kiblat, hadist, doa harian hingga panduan haji dan umrah.

Melalui aplikasi diatas, kamu bisa belajar dan membaca Al-Quran di hp tanpa terbatas tempat. Selamat menjalankan puasa! 

Artikel Lainnya

Komentar