27 Aplikasi Edit Video Android Terbaik Selain Viva Video

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 13 Apr 2018 | 01:33

Aplikasi edit video untuk hp Android memang ada berbagai macam seiring meningkatkan aplikasi live streaming dan semakin baiknya kamera merekam video. Beberapa aplikasi video bisa menyatukan beberapa video menjadi satu. Lalu aplikasi video editor lainnya memiliki kontrol yang mudah dan bisa menambahkan musik background agar video kian menarik.

Bila kamu ingin mengubah smartphone atau tablet menjadi sebuah studio film mini, kamu bisa menemukan berbagai aplikasi edit video dengan fitur yang cukup lengkap. Beberapa aplikasi bahkan mengusung fitur untuk menambah emoji dan pengaturan lainnya.

Rekomendasi aplikasi edit video untuk Android di bawah ini bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Dalam artian kebutuhan video apa yang akan di edit dan digunakan untuk apa. Jika hanya untuk sekedar berbagi di media sosial mungkin bisa memilih video editor berukuran ringan.

Namun jika kamu ingin lebih mengeksplorasi hasil edit video dengan beragam variasi bisa memilih aplikasi yang menawarkan banyak fitur.

Pilihan Aplikasi Edit Video Terbaik

Berikut ini kami rekomendasikan 27 aplikasi edit video terbaik untuk Android.

1. WeVideo Video Editor


Aplikasi edit video untuk Android ini hadir dengan fitur yang cukup powerfull dan meudah digunakan. Aplikasi pengedit video ini juga memudahkan kamu untuk membagikan hasilnya ke Youtube, Facebook hingga Instagram.

Termasuk memungkinkan kamu menambahkan tema, filter, efek, transisi, emoji hingga merubah narasi suara, Kamu akan bisa menggunakan lebih dari 30 tema video yang unik. Aplikasi ini juga sudah bisa digunakan untuk mengedit video HD dengan mudah.

2. Quik Video Editor


Aplikasi yang bagus buat edit video ini hadir dengan konsep edit video yang mudah, cukup tap – tap saja. Kamu bisa memilih video atau gambar dari Galeri, Album, Facebook hingga kamera Go Pro kemudian mengeditnya menjadi sebuah video yang menakjubkan. Kamu juga bisa mengedit alur cerita dengan menambah teks hingga filter yang menarik.

Kamu bisa mengkombinasi video dan foto dengan mudah. Bahkan kamu bisa memasukkan 75 foto dalam sebuah video. Tersedia 25 tema yang membuat edit video kian seru. Terdapat juga 80 musik soundtrack yang bisa digunakan secara gratis agar video kian tampil menarik.

3. Magisto Video Editor and Maker


Aplikasi pengedit video gratis ini akan memungkinkan kamu untuk mengekspresikan diri dalam membuat film sendiri. Kamu tidak perlu belajar menjadi video editor terlebih dahulu, karena aplikasi edit video Android ini cukup mudah digunakan. Aplikasi ini juga menghadirkan teknologi AI yang menganalisis dan menggabungkan bagian terbaik dari video menjadi video yang sempurna.

Aplikasi video ini juga memiliki fitur stabilisasi video otomatis yang membuat video kian jelas. Aplikasi video editor Android terbaik ini juga memiliki teknologi pengenal wajah yang akan mendeteksi orang-orang penting dalam video. Kamu juga akan menemukan berbagai tema seperti tahun baru, ulang tahun, kelahiran bayi hingga pernikahan.

4. KineMaster Pro Video Editor


Kalau kamu mencari aplikasi edit video yang paling bagus untuk Android dengan fitur professional, maka aplikasi Android ini layak kamu install di smartphone maupun tablet. Aplikasi ini support multiple layers video, gambar dan text. Sayangnya fitur video layer ini baru bisa bekerja maksimal dengan smartphone bermesin qualcomm. Dalam aplikasi pengedit video ini kamu juga bisa melakukan proses cutting dan trimming. Menambahkan multitrack audio dan LUT Filter. Menariknya, aplikasi ini menghadirkan efek transisi 3D sehingga video kian professional.

Aplikasi video sudah support format seperti MP4, MOV, 3GP. Aplikasi yang bagus untuk edit video ini bisa kamu gunakan pada perangkat Android Jely Bean 4.1.2. Perangkat ini akan maksimal digunakan pada smartphone Qualcomm Snapdragon 800 ke atas.

5. PowerDirector Video Editor


Menjadi salah satu aplikasi terbaik untuk kamu yang ingin belajar edit video secara profesional. Aplikasi ini menghadirkan cukup banyak efek gratis. Kamu bisa membuat efek layaknya film bioskop dengan mudah. Pengguna juga bisa menambahkan timeline, musik background dan hal lainnya. Kamu bisa mengedit kecerahan video, memotong video hingga menggabungkan video dengan beberapa tap di layar smartphone saja.

Aplikasi pengedit video ini sudah bisa digunakan pada sistem Android 4.3 Jelly Bean. Aplikasi ini akan bekerja maksimal pada chipset Qualcomm Snapdragon 800, Samsung Exynos 7420 dan Mediatek P10.

6. VideoShow


Aplikasi gratis ini menjadi pilihan yang pas untuk belajar edit video. Aplikasi edit video ini mengusung konsep all in one sehingga memudahkan kamu dalam mengedit video. Aplikasi ini memiliki fitur trimmer dan cutting yang cukup baik. Aplikasi video editor ini hadir dengan 50 tema seru untuk mengedit video. Terdapat juga ratusan musik seru yang background video. Kamu juga bisa menambahkan text dengan huruf yang beraneka ragam. Terdapat juga berbagai filter dan stiker seru untuk mempercantik video.

7. Artisto


Untuk menggunakan aplikasi Artisto ini, kamu cukup merekam video secara langsung dari aplikasi atau memilih salah satu video dari galeri. Kamu bisa memilih bagian video berdurasi 10 detik yang ingin digunakan atau ingin diedit. Kemudian, kamu tinggal menunggu aplikasi mengubah video biasa jadi versi yang diinginkan. Kamu bisa mengubah video dengan berbagai gaya filter dari seniman populer seperti Vincent Van Gogh dan Pablo Picasso.

8. Adobe Premiere Clip


Adobe Premiere Clip menjadi salah satu nama besar di aplikasi video editor. Dilengkapi banyak fitur, termasuk kemampuan untuk membuat video secara otomatis menggunakan gambar dan video. Sangat berguna ketika kamu tidak ingin melakukannya sendiri. Atau jika ingin lebih mengasah kemampuan edit video, kamu bisa melakukannya secara manual menggunakan berbagai tool, efek, dan musik.

9. FilmoraGo


FilmoraGo juga merupakan salah satu aplikasi video editor terbaik. Kamu dapat melakukan hal-hal dasar seperti crop dan cut atau membuat video dengan mudah. Di aplikasi edit video ini kamu bisa bereksperimen dengan mengubah video yang diputar secara terbalik. Menariknya, tersedia juga opsi edit video untuk di upload ke akun media sosial, seperti format video 1: 1 untuk Instagram dan format video 16: 9 untuk YouTube. Termasuk dukungan pada fitur dlow motion, transisi, musik, overlay, dan lainnya.

10. Funimate


Funimate memungkinkan kamu membuat video musik atau video sederhana dari momen pribadi yang ada pada perangkat. Disini kamu bisa melakukan edit video dengan pilihan 15 filter video tanpa kesulitan berarti. Tersedia beragam efek agar video yang kamu buat menjadi lebih menarik dan terlihat berbeda.

11. Movie Maker Filmmaker


Movie Maker Filmmaker seperti aplikasi edit video lainnya, disini kamu akan mendapatkan fitur dasar seperti crop, cut, dan mengatur ulang konten video serta menetapkan titik fokus. Aplikasi ini juga menawarkan berbagai efek video dan kamu dapat mendesain filter khusus. Termasuk diantaranya memungkinkan kamu menambahkan musik ke dalam video.

12. Reverse Movie FX


Keunggulan dari aplikasi edit video terbaik Reverse Movie FX adalah memungkinkan kamu membuat video terbalik dari aslinya atau mundur. Disini kamu bisa bereksperimen untuk memberikan beberapa trik yang membuat video makin menarik. Atau bisa juga digunakan untuk membuat video sulap yang bisa kamu tunjukkan ke teman atau kerabat.

13. YouCut - Video Editor & Video Maker


YouCut memiliki fitur yang bisa mereduksi ukuran file video namun tetap dalam kualitas yang tinggi. Keuntungannya tidak membebani kapasitas memori hp karena hasil editing videonya berukuran kecil. Format video yang dihasilkan bisa kamu pilih sesuai keinginan.

14. AndroVid


AndroVid menjadi aplikasi video editor termudah untuk melakukan crop, cut, mengedit, dan menambahkan musik ke video. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menambahkan teks, bingkai, dan efek agar lebih menarik. Aplikasi pengedit video ini memiliki beberapa efek transisi yang berguna seperti fade in dan out, swapping dan slow atau fast dari klip video. Juga memiliki fitur untuk mengkonversi video ke dalam mp3.

15. Total Video Editor

Total Video Editor juga termasuk aplikasi edit video yang cukup ringan. Sehingga kamu bisa lebih menghemat memori dan juga tidak memberatkan kinerja hp. Salah satu fitur unggulan yang bisa kamu manfaatkan dari aplikasi pengedit foto ini adalah penambahan logo dan watermark. Termasuk menghapus suara yang tidak diinginkan.

16. Flipagram


Sesuai namanya, aplikasi ini lebih banyak digunakan untuk kamu yang gemar berbagi video di media sosial. Prosesnya juga sangat mudah, kamu tingal pilih, buat, dan share. Kamu dapat dengan mudah membuat, mengedit dan berbagi video musik yang menarik, dirangkai ke dalam slide dan cerita dengan foto dan video. Hasilnya  bisa kamu bagikan di komunitas Flipagram dan menjadi viral dalam waktu singkat.

17. VidTrim Pro


VidTrim Pro hadir dengan membawa beberapa fitur seperti trimming, merging, pengambilan frame, efek video, mengekstrak audio dan transcoding. Kamu juga dapat membagikan video Anda di media sosial langsung dari aplikasi.

18. Clesh Video Editor


Clesh Video Editor merupakah salah satu aplikasi video editor yang cukup canggih dengan membawa banyak fitur. Termasuk melakukan proses edit video menggunakan layanan berbasis cloud. Jadi, kamu bisa editing video darimana dan kapan saja. Untuk fitur unggulannya mencakup filter, transisi, panning dan zoom serta masih banyak lainnya.

19. CuteCut Video Editor


Penggunaan yang mudah dari aplikasi CuteCut sangat cocok untuk kamu yang baru mencoba melakukan editing video melalui hp. Tidak ada hal ribet yang ditemui, karena proses edit video bisa dilakukan dengan singkat. Cukup dengan melakukan beberapa sentuhan lalu tambahkan music agar lebih menarik.

20. Glitch Video Editor


Aplikasi video editor yang memungkinkan kamu menambahkan beberapa efek menarik yang bisa membuat berbeda. Sesuai namnya, salah satu fitur yang diunggulkan dari aplikasi ini adalah ketersediaan efek giltch di background.

21. Triller


Triller lebih menonjol sebagai aplikasi pembuatan video musik. Dengan aplikasi ini kamu mudah membuat video musik dengan memilih lagu dan mengambil beberapa gambar. Dengan ketukan tombol, Triller mengeditnya bersama-sama untuk membuat video musik berkualitas. Hasil edit videonya bisa kamu kirimkan di Triller Famous.

22. Video Editor


Video editor merupakan salah satu aplikasi edit video yang sangat sederhana, baik dari penggunaan maupun tampilannya. Begitu pula fitur yang ditawarkan seperti trimming hingga menambahkan musik, teks, emoji, dan efek. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk edit video yang akan dibagikan ke Instagram atau medis sosial lainnya.

23. Videoshop


Keunggulan dari aplikasi Videoshop adalah penggunaannya yang mudah dan berukuran ringan. Sehingga tidak akan membebani kinerja perangkat secara keseluruhan. Meski demikian, sang developer tetap memasukkan fitur yang beragam dan umum terdapat pada video editor lainnya. Fitur tersebut mencakup animasi, slow motion, efek suara, dan lainnya.

24. VQuick


Cuma menambahkan huruf ‘V’ di depan agar terlihat berbeda dengan aplikasi Quik. Meski demikian, kemampuannya dalam mengedit video tidak bisa diremehkan. Apalagi aplikasi video editor ini memungkinkan kamu membagikan hasilnya di media sosia. Jika kamu adalah seorang vlogger, tidak ada salahnya menggunakan aplikasi ini.

25. ActionDirector Video Editor


Aplikasi yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur standar seperti penambahan musik, melakukan pemotongan video dan membuat video slow-motion. Fitur yang paling menonjol dari aplikasi video editor ini adalah sudah mendukung format video 4K.

26. Free Video Editor


Cocok untuk penggunaan edit video ringan dengan user interface yang sederhana. Aplikasi ini sangat cocok untuk edit video yang dibagikan ke media sosial seperti Facebook, Instagram dan lainnya. Meski demikian, kamu akan mendapatkan variasi fitur menarik.

27. Like


Menjadi salah satu aplikasi edit video yang cukup banyak digunakan. Karena aplikasi ini sangat simpel dengan penggunaan yang mudah. Kamu bisa menambahkan beragam efek menarik, variasi stiker unik dan memungkinkan kamu lipsync lagu.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Pilihan aplikasi edit video di atas merupakan yang terbaik dari sekian banyak yang ada di Play Store. Namun jangan lupa, perhatikan kapasitas memori yang dimiliki hp kamu agar aplikasi berjalan dengan sempurna. Karena ada beberapa aplikasi edit video yang membutuhkan ruang besar di dalam perangkat, baik memori RAM maupun ruang penyimpanan internal.

Artikel Lainnya

Komentar