16 Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk Android dan iOS 2018

Oleh Nur Abdillah updated Selasa, 10 Apr 2018 | 11:14

aplikasi edit foto terbaik
Ingin edit foto lebih menarik dan membagikannya dengan teman atau kerabat melalui media sosial? Caranya tidak susah, kamu tinggal download aplikasi edit foto banyak tersedia di toko aplikasi seperti PlayStore untuk hp Android atau AppStore untuk hp berbasis iOS. Serunya aplikasi edit foto ini bisa kamu gunakan tanpa harus berbayar alias gratis.

Meski demikian, ada juga beberapa aplikasi edit foto berbayar. Biasanya aplikasi edit foto ini merupakan versi pro dengan fitur lengkap. Tapi tidak perlu khawatir, kamu masih bisa menggunakan yang versi free tapi dengan keterbatasan pada fitur tertentu. 

Bahkan ada pula pengembang yang menawarkan edit foto online yang bisa dilakukan dimana saja. Selain itu, kamu juga bisa menemukan aplikasi edit foto yang lagi tren sekarang ini yang menawarkan fitur yang beragam.

Cara mengedit foto melalui aplikasi juga tidak terlalu susah. Cukup download aplikasi edit foto yang disukai dan pilih menu yang ada didalamnya.  

Namun pada intinya semua aplikasi edit foto akan membuat foto kamu terlihat lebih menarik dan berbeda dari aslinya. Kamu bisa membuat foto lebih berbeda dengan menambahkan berbagai macam filter atau menambahkan beragam stiker yang kekinian.

Pilihan Aplikasi Edit Foto Terbaik

Berikut ini adalah beberapa aplikasi edit foto terbaik untuk hp yang menawarkan banyak fitur untuk membuat edit foto menjadi lebih menarik :

1. Adobe Photo Editor

adobe
Aplikasi edit foto terbaik milik Adobe sudah dikenal oleh para editor foto. Jika sebelumnya hanya untuk desktop dan laptop, kini Adobe telah merilis aplikasi photo editor untuk mobile. Bahkan ada beberapa aplikasi photo editor yang tersedia di Play Store. Aplikasi tersebut mencakup Adobe Photoshop Express, Adobe Photoshop Mix, dan Adobe Lightroom.

Masing-masing aplikasi memiliki fitur menarik yang bisa membantu kamu bereksplorasi saat ini mengedit foto terbaru. Sebut saja seperti menghapus red eye, mengedit file RAW dan lainnya. Hanya saja, untuk beberapa aplikasi edit foto Adobe kamu harus berlangganan Adobe Creative Cloud untuk menggunakan semua fitur.

2. Aviary

Aviary
Aviary sudah sejak lama menjadi salah satu photo editor yang cukup populer. Dengan serangkaian fitur yang sangat berguna dan mudah dilakukan. Bagi kamu yang malas mengotak atik foto, disediakan fitur satu sentuhan.

Tetapi bagi yang ingin lebih bereksplorasi bisa menggunakan fitur manual untuk menyesuaikan warna, kecerahan, suhu, kontras, saturasi, dan lainnya. Termasuk keberadaan stiker, filter, dan tools kecantikan untuk membuat foto makin terlihat menarik.

3. AirBrush

AirBrush
AirBrush bisa menjadi andalan untuk edit foto selfie kamu. Aplikasi foto ini cukup cepat untuk melakukan perubahan image, seperti wajah dan kulit, pemutihan gigi, hingga membuat mata kamu terlihat lebih cerah. Disediakan pula filter untuk menambah daya tarik foto.

Menggunakan aplikasi ini cukup mudah hanya dengan satu kali klik. Disediakan pula AirBrush versi pro yang memiliki fitur lengkap tapi berbayar.

4. Bonfire Photo Editor

Bonfire Photo Editor
Bonfire Photo Editor juga terbilang bagus untuk edit foto terbaru kamu. Dibekali juga dengan filter menarik serta tool dasar saat melakukan pengeditan. Kamu bisa mengubah foto menjadi hitam dan putih, HDR lengkap bersama Fancy serta  filter yang mengubah foto menjadi cat air.

Untuk tool dasar editi foto disediakan untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan noda yang tidak diinginkan.

5. Cupslice

Cupslice
Beragam filter menjadi juga menjadi andalah aplikasi Cupslice. Termasuk pembekalan stiker lucu yang didasarkan pada perkembangan tren saat ini. Menariknya, pihak pengembang akan terus memperbaharui stiker agar tetap update dengan kondisi terkini.

Untuk tool mengedit foto dasar, kamu bisa menggunakan crop, frame, hue dan pengaturan saturasi hingga pengaturan kecerahan dan kontras.

6. Fotor Photo Editor

Fotor Photo Editor
Fotor Photo Editor memiliki lebih banyak tool pengeditan yang akan menyempurnakan edit foto dengan mudah. Kamu bisa melakukan crop, resize, rotate, mengatur tingkat kecerahan, kontras, saturasi, pencahayaan, dan lainnya. Yang menarik aplikasi photo editor ini menyediakan lebih dari 100 filter yang bisa kamu pilih.

7. LightX Photo Editor

7. Editor Foto LightX
LightX Photo Editor merupakan aplikasi edit foto terbaik untuk hp berbasis iOS. Aplikasi ini memiliki tool perubah latar belakang, efek color splash, dan berbagai tool slider seperti color balance, level, dan kurva. Fitur lainnya adalah kamu bisa menggabungkan beberapa foto bersama. Termasuk didalamnya adalah fitur blur, kolase foto, dan tidak ketinggalan stiker.

8. PhotoDirector

PhotoDirector

PhotoDirector terbilang baru sebagai aplikasi photo editor untuk Android. Aplikasi edit foto ini lebih menonjolkan pada pengeditan manual daripada filter. Meski demikian kamu juga bisa menggunakan tool edit foto seperto warna RGB, white balance, dan lainnya.

Atau kamu bisa memanfaatkan fitur editor dasar untuk mengubah tone, kecerahan, pencahayaan, dan kontras.

9. PhotoWonder

PhotoWonder
Menjadi salah satu aplikasi edit foto yang akan disukai kaum wanita. Karena aplikasi akan membuat foto kamu menjadi lebih menarik dan wajah terlihat lebih cantik. Kamu bisa edit foto dengan memperhalus kulit wajah, menambahkan aksesoris seperti bulu mata dan bisa langsung di share ke sosial media. Kamu juga bisa membuat foto kolase yang terdiri dari puluhan template.

10. Snow

 SNOW - Selfie, Motion sticker

Jika kamu ingin mengubah foto menjadi lucu bisa mencoba aplikasi edit foto Snow ini. Karena didalamnya kamu bisa memilih beragam filter lucu dan unik untuk seru-seruan bersama teman. Tidak hanya filter, ada juga stiker yang bisa bergerak yang bisa mengundang  tawa.

11. GoArt

GoArt
Aplikasi edit foto ini mungkin lebih mengedit foto kamu layaknya lukisan yang penuh dengan seni. Foto kamu akan terlihat lebih artistik dan berbeda dari yang lainnya. Cara menggunakannya juga cukup mudah dengan pengaturan yang beragam. Kamu juga bisa mengedit foto dalam resolusi besar.

12. Alter

Alter
Aplikasi edit foto Alter hadir dengan teknologi yang mirip dengan Prisma. Aplikasi edit foto terbaik ini bahkan sama-sama menggunakan kecerdasan buatan. Bedanya, selain memungkinkan pengguna mengunggah foto dari galeri, Alter juga memberikan opsi tambahan berupa pembuatan filter baru yang juga diambil dari memori lokal perangkat.

13. Retrica

Retrica
Retrica menjadi aplikasi edit foto terbaik untuk yang menawarkan fitur vintage. Aplikasi berunsur retro ini bahkan menghadirkan 55 – 125 buah filter dengan konsep tampilan yang jadul. Menariknya, kamu bisa melihat semua tampilan filter ini diterapkan secara real time bahkan sebelum foto diambil menggunakan aplikasi kamera dari Retrica.

Kamu juga bisa menghasilkan video singkat atau video gif dengan mudah, cukup sekali sentuh. Aplikasi ini juga menghadirkan quick gesture sehingga memudahkan pengguna dalam mengakses kamera saat berselfie.

14. Camera 360 Ultimate

Camera 360 Ultimate
Bila kamu sudah lama menggunakan smartphone Android, tentu kamu mengenal aplikasi Camera 360. Aplikasi edit foto Android gratis ini kini hadir dengan aplikasi pembaharuan yakni Camera 360 Ultimate. Dalam aplikasi ini hadir fitur yang kian beragam. Setidaknya terdapat tiga fitur utama yang bisa kamu gunakan yakni Camera Effect, Beauty Selfie dan Cloud service.

Kamu bahkan bisa mengunduh beragam efek baru untuk diterapkan dalam sebuah foto. Aplikasi ini juga sudah menghadirkan pilihan filter hingga 200 buah. Bila kamu merasa memori ponsel kamu kurang luas untuk menyimpan hasil editan, kamu bisa menggunakan layanan penyimpanan awan.

15. VSCO Cam

VSCO Cam
Aplikasi edit foto ini memang sudah tidak terlalu populer dibanding aplikasi foto Android lainnya. Walaupun demikian, aplikasi ini masih digunakan cukup banyak pengguna smartphone kamera. Pasalnya, aplikasi gratis ini menawarkan kemampuan mengedit foto layaknya mengedit professional. Kamu bisa mengedit foto kian cerah atau mengedit foto agar lebih berwarna.

Aplikasi ini juga menghadirkan fitur kamera khusus yang dilengkapi kemampuan layaknya memotret dengan kamera DSLR. Pengguna juga bisa menikmati fitur journal untuk melihat berbagai foto yang diambil oleh pengguna VSCO Cam lainnya. Tentu hal ini membuat pengguna bisa mencari inspirasi baru dalam mengedit foto yang lebih menarik. Aplikasi ini hadir dalam versi Androi dan iOS.

16. Prisma

Prisma
Aplikasi edit foto yang memungkinkan kamu mengedit foto menjadi layaknya sebuah karya seni. Aplikasi ini bahkan sudah menghadirkan 36 filter bertema karya seni yang cukup menarik. Dengan teknologi neural network dan artificial intelligence membuat foto menjadi lebih berseni.

Nantinya foto yang hendak kamu edit akan dimasukkan ke penyimpanan khusus Prisma dan dioleh dengan teknologi yang ada. Setelah itu, kamu bisa menambahkan berbagai hal termasuk menambahkan kecerahan hingga menambahkan bingkai. Tak heran, aplikasi gratis ini membutuhkan koneksi internet yang mumpuni. Aplikasi edit foto Prisma hadir untuk hp Android dan iOS.

Edit Foto Lebih Mudah

Dengan menggunakan salah satu aplikasi edit foto terbaik di atas, kamu tidak harus menggunakan kamera dari hp Android atau hp iOS yang berharga mahal. Caranya juga cuup mudah, cukup foto melalui hp yang kamu punya saat ini, lalu edit foto sesuai keinginan. Kamu juga bisa mengeksplorasi fitur-fitur menarik yang ditawarkan masing-masing aplikasi. 

Artikel Lainnya

Komentar