11 Game Anak-anak Terbaik 2018 dengan Permainan yang Mendidik

Oleh Ardiansyah Hana updated Minggu, 4 Feb 2018 | 10:23

Tak seperti generasi anak-anak tahun 80 an, kids zaman now sekarang lebih banyak menghabiskan waktu bermainnya dengan hp dibandingkan bermain di luar bersama teman sebayanya.

Balita pun demikian, mereka akrab dengan gadget sebagai teman kesehariannya. Bahkan dari mereka sudah ada yang mengenal huruf dan berhitung saking seringnya main game membaca dan berhitung di hp.

Dengan panduan dan batasan, anak-anak akan terhindar dari game-game berbahaya seperti dilansir oleh Kemendikbud. Game gratis untuk anak di hp Android bisa menjadi sarana berlajar mereka.

Orang tua bisa mendownload game edukasi anak, atau game hobi seperti game memasak, game barbie, game salon, yang menjadi permainan perempuan. Game laki-laki pun tak ketinggalan, misalnya game lego, game pesawat tempur dan profesi seperti menjadi pemadam kebakaran.

Bagi Anda yang bingung untuk memberikan game terbaik buat si buah hati, berikut kami sudah pilihkan beberapa daftar game anak-anak terbaik di 2018, baik itu game edukasi maupun permainan yang cocok di usianya dan bisa dimainkan secara aman lewat smartphone atau tablet. Apa saja daftarnya?

1. Anak Cerdas

game anak cerdas

Sesuai namanya, game satu ini bisa meningkatkan kecerdasan anak. Dibuat oleh PT Acer Indonesia dan tersedia secara gratis di Google Play Store, game ini siap mengajak anak untuk latihan di rumah menghafal soal yang disesuaikan menurut materi sekolah nasional.

Cocok diakses oleh anak berusia 6 sampai 12 tahun, anak bisa mempelajari materi soal dari pelajaran matematika, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, bahkan sains. Tak hanya itu, ada pula fitur latihan yang bisa diakses oleh anak dan dimonitor oleh anak sebagai evaluasi dalam proses pembelajaran.


2. Belajar Berhitung

belajar berhitung

Sesuai judulnya, game anak ini siap mengajarkan anak untuk berhitung secara mudah. Cocok untuk dimainkan anak berusia 2 sampai 8 tahun, game ini dilengkapi dengan objek gambar berupa animasi sehingga menarik untuk dimainkan oleh anak.

Di dalam game Belajar Berhitung, terdapat banyak fitur bermanfaat yang bisa dimainkan, seperti pengenalan angka, penjumlahan, pengurangan dan berhitung. Tak lupa, anak pun bisa mengikuti quiz dan puzzle.


3. Belajar Hijaiyah

belajar huruf hijaiyah

Game anak-anak terbaik 2018 selanjutnya adalah Belajar Hijaiyah. Dikembangkan oleh Solite Kids dan tersedia gratis di Google Play Store, game satu ini diciptakan khusus untuk mengedukasi anak-anak mempelajari huruf Hijaiyah.

Lewat game ini, anak bisa mengenal huruf hijaiyah secara lengkap melalui konsep pembelajaran interaktif dan disertai permainan menarik sehingga anak tidak bosan. Diharapkan, anak bisa menhafal dan menulis huruf Hijaiyah hanya dengan memainkan game anak-anak terbaik 2018 ini.


4. Fun With Animal Matching

Edukasi mengenai hewan memang wajib diajarkan pada anak sejak dini. Untungnya, terdapat game edukatif yang bisa membantu mengajarkan hewan pada anak bernama Fun With Animal Matching yang juga tersedia secara gratis di Google Play Store.

Lewat game ini, anak akan lebih mudah dalam menghafal dan mengetahui nama-nama hewan berdasarkan suara dan gambar yang ditampilkan di layar. Selain itu, game ini pun memiliki tampilan dan gameplay menarik salah satunya adalah tampilan gambar binatang acak yang sekaligus membantu anak untuk menghafal.


5. Cake Maker

cake maker

Selain membuat masakan, terdapat pula game yang bisa mengajarkan anak membuat berbagai macam olahan dan bentuk kue. Lewat game satu ini, anak bisa mempelajari step membuat sebuah kue secara berurutan, termasuk mempersiapkan bahan untuk membuat kue dan cara menghias kue.

Bertajuk Cake Maker, game besutan developer bernama Crazy Cats ini bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store.


6. Numbers & Addition! Math

numbers and addition! Math

Game anak-anak terbaik 2018 lain yang bisa digunakan anak untuk belajar menghitung adalah Numbers & Addition! Math. Lewat game yang satu ini, anak bisa mengasah kemampuan menghitung angka melalui aneka karakter hewan yang menggemaskan.

Ditampilkan melalui gameplay seru yang pastinya mudah dimainkan, game Numbers & Addition! Math yang dibuat oleh developer iLearn ini cocok untuk dimainkan anak berusia 3 hingga 6 tahun sebagai persiapan untuk memasuki Sekolah Dasar.


7. Strawberry Shortcake Hair

strawberry shortcake hair

Banyak anak gemar meniru orang tua dalam menata rambut. Untuk melatih imajinasi dan kreativitasnya, tidak ada salahnya kamu  mengajak anak untuk bermain game berjudul Strawberry Shortcake Hair besutan Budge Studios.

Game satu ini hadir dalam berbagai seri dan bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Lewat game ini, anak bisa berimajinasi untuk memotong dan menata rambut, sekaligus menggunakan aneka aksesoris dan hiasan rambut. Selain itu, anak pun bisa belajar mewarnai, mencuci bahkan menciptakan tren gaya rambut terbaru.


8. Little Fire Station

little fire station

Game anak-anak terbaik 2018 selanjutnya bertajuk Little Fire Station. Dibuat oleh Fox & Sheep, game anak ini  menjadi sarana edukasi untuk  mengajarkan anak sebagai ahli pemadam kebakaran.

Saat memainkan game ini, anak harus melakukan aksi petualangan untuk memadamkan api, mengendarai mobil pemadam, dan menyelamatkan kucing yang tersesat. Tak hanya itu, Little Fire Station juga memiliki game play seru karena mengajak anak untuk menjelajahi stasiun pemadam kebakaran, berinteraksi dengan berbagai objek dan sesama petugas pemadam kebakaran yang ada di ruangan.

Untuk menikmati game ini, kamu hanya perlu mengunduhnya secara gratis melalui Play Store.


9. Little Panda Restaurant

little panda restaurant

Game anak-anak terbaik selanjutnya sangat pas dimainkan oleh anak yang tertarik dengan permainan masak-memasak. Bertajuk Little Panda Restaurant, permainan anak-anak ini akan mengajarkan memasak mulai, dari persiapan seperti memotong sayuran, mengiris daging dan mencampur adonan secara virtual, lalu masak di sebuah restoran rumah pohon yang rumit.

Tersedia secara gratis di Google Play Store, game anak-anak terbaik 2018 ini juga memungkinkan anak-anak memilih aneka jenis makanan, bahan makanan dan peralatan untuk memasak. Kemudian, anak pun diharuskan menyiapkan hidangan menarik sehingga menghasilkan uang untuk dipakai membuat lebih banyak hidangan lagi.


10. Moana Island Life

Anak Anda menyukai karakter Disney, Moana? Sekarang, game dengan karakter tersebut sudah tersedia di Google Play Store. Memiliki gameplay seru yang tentunya ramah dimainkan anak, nantinya anak bisa berpetualang di sebuah pulau tropis indah untuk mendirikan bangunan, membuat kerajinan bahkan mengoleksi hewan di alam.

Tak hanya Moana, game ini juga memiliki karakter menarik lain bernama Maui. Di sini, pemain akan menemukan pulau-pulau lain yang berada di Oceania, kemudian berpetualang di sana. Paling menarik, game ini juga bisa diakses secara gratis, lho!


11. My Boo – Your Virtual Pet Game

Terakhir adalah My Boo – Your Virtual Pet Game. Lewat game ini, anak akan diajarkan untuk memelihara binatang sejak dini, bertujuan untuk memupuk rasa tanggung jawab sekaligus sayang terhadap binatang.

Di sini, anak akan dituntut untuk memberi makan dan merawat binatang secara virtual melalui gameplay seru yang sangat colorful.


Ayo Berikan Anak Game yang Bermanfaat!

Ada berbagai macam game yang tersedia di Playstore ataupun App Store. Namun, tidak semuanya cocok dimainkan untuk anak Anda, karena setiap game pasti punya sasaran usia pengguna masing-masing. Jadi, ayo mainkan game yang berguna untuk anak Anda yuk!

Baca juga artikel

Game GTA 6, Jadwal Rilis dan Perubahan yang Diharapkan

10 Game Petualangan Terbaik untuk Android di Tahun 2018

Kumpulan Game Perang Paling Populer di 2017 dan 2018

Artikel Lainnya

Komentar

Ibnu Batutah Zarizal Minggu, 4 Feb 2018 | 23:48
Nice post "><svg/[removed]>