15 Game Online 2018, Terbaik dan Terbaru untuk PC dan Android

Oleh Rizki Abadi updated Rabu, 7 Mar 2018 | 02:23

Bermain game di smartphone memang mengasyikkan. Selain bisa dimainkan kapan saja dan dimana saja, bermain game online memberikan sensasi dan pengalaman menarik karena kita akan bertemu dengan lawan yang entah siapa dan berada dimana hingga berkawan dan bekerja sama membangun strategi untuk memenangkan game tersebut.

Kepopuleran game online membuat developer pun kian meningkatkan performa game, baik dari tampilan grafis hingga gameplaynya. Dan di tahun 2017 ini, game-game online kian populer karena dihadirkan dalam bentuk kompetisi masal dengan hadiah-hadiah yang sangat menggiurkan.

Apa itu Game Online?

Sesuai namanya, game online merupakan sebuah video game yang harus dimainkan menggunakan jaringan internet. Game online kini makin digemari, karena tidak hanya tersedia untuk konsol dan PC saja,  game online mobile juga makin diminati. Apalagi dengan koneksi yang terhubung di smartphone memudahkan kamu memainkannya kapanpun dan dimanapun.

Menariknya, semakin banyak pengembang yang menghadirkan game online terbaru dengan keunggulan masing-masing. Bahkan sebagian besar game terbaru membutuhkan jaringan internet untuk bisa dimainkan. Hanya saja, untuk memainkannya dibutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Karena akan mempengaruhi keseruan saat bermain.

Saat ini, game online umumnya masih didominasi kaum pria. Dimana dalam statistik terbaru menyebutkan jika jumlah gamer online pria masih mendominasi dengan prosentase sebesar 52 persen dibanding wanita dengan pangsa 48 persen.

Tidak hanya itu, pasar game online ternyata juga cukup menggiurkan. Dalam laporan Online Game Market Forecasts, pendapatan dunia dari game online mencapai US$35 miliar pada 2017 atau naik dari US$19 miliar di tahun 2011. 

Sejarah Game Online

Perkembangan game online sebenarnya telah dimulai sejak tahun 1970an. Game online pertama adalah Multi-User Dungeon (MUD) yang diciptakan pada tahun 1978. MUD sendiri merupakan game multiplayer real-time virtual world yang masih berbasis teks. MUD mengobinasikan elemen game role-playing, player vs player dan online chat. Dimana pemain dapat membaca dan melihat deskripsi dari objek, pemain lain dan bisa beraksi di dunia virtual. Pemain biasanya berinteraksi satu sama lain dengan mengetikkan perintah.

Setelah itu mulai bermunculan game online seperti Islands of Kesmai (game role-playing online komersial pertama yang memulai debutnya pada tahun 1984). Kemudian hadir game action MSX LINKS (tahun 1986), Air Warrior (game simulator penerbangan yang dirilis tahun 1987) dan Famicom Modem (1987).

Seiring meningkatnya ketersediaan internet yang lebih cepat pada tahun 1990an membuat penyebaran game online semakin meluas. Hingga sekarang perkembangan yang lebih baru mencakup pada banyaknya genre baru, seperti permainan sosial, dan platform baru, seperti game mobile.

Jenis-jenis Game Online

Terdapat beberapa jenis game online yang sudah tersedia, mulai dari game sederhana berbasis teks sampai yang menggunakan grafis tinggi. Serunya, game online ini sudah ada di semua platform game modern, termasuk PC, konsol dan smartphone. Termasuk mencakup banyak genre, seperti first-person shooters, strategy games dan massively multiplayer online role-playing games (MMORPG).

  • First-person shooter (FPS) : game online FPS yang populer Counter-Strike, Halo, Call of Duty: Advanced Warfare, Quake Live dan Unreal Tournament.
  • Real-time strategy (RTS) : game online RTS yang populer Age of Empires, Sins of a Solar Empire, StarCraft dan Warhammer 40,000: Dawn of War.
  • Multiplayer online battle arena (MOBA) : game online MOBA yang populer Defense of the Ancients, Warcraft III, Dota 2, League of Legends, Heroes of the Storm, dan Smite.
  • Massively multiplayer online (MMO) : terbagi menjadi beberapa sum genre seperti MMORPG (Massively multiplayer online role-playing game), MMORTS (Massively multiplayer online real-time strategy), MMOFPS (Massively multiplayer online first-person shooter) dan MMOSG (Massively multiplayer online social game)
  • Browser games : game online yang dimainkan melalui browser atau lebih dikenal sebagai flash game.

Game-game baru yang siap menggebrak di tahun 2018 pun sudah mulai dirilis. Apa saja game-game online terbaik dan terpopuler tahun 2018?

Game Online PC Terbaik 2018

1. DOTA 2

Dota 2 merupakan salah satu game paling populer dan terlaris di dunia dan Indonesia saat ini. Hal ini tidak aneh mengingat Dota 2 punya rating pengguna yang sangat baik. Beberapa pemain mungkin masih membandingkan game ini dengan game lain dengan genre sejenis.

Tapi tetap saja DOTA 2 lebih unggul kamera dimainkan lebih dari 8 juta pemain. DOTA 2 menawarkan beberapa fitur yang menarik seperti permainan yang menantang dan intens, hadiah, dan banyak lagi melalui berbagai kompetisi.

2. Tera Rising

Tera Rising merupakan sebuah game genre MMORGP besutan pengembang game dari Korea Selatan. Namun tidak seperti game-game bergenre sejenis dari negeri ginseng, Tera Rising menawarkan permainan yang unik.

Yaitu lewat fitur non targeting combat, global politic system, dan skill-chaining. Walau banyak yang mengangap Tera Rising adalah game yang cukup standard untuk genre MMO, namun yang membuatnya menarik adalah game ini hadir secara gratis.

3. ArcheAge

Game yang satu ini dapat dijadikan pertimbangan. Walau sudah dirilis pada tahun 2013, tapi game ini ini masih sangat banyak dimainkan sampai sekarang. Game ini juga memiliki banyak fitur bagus seperti Battle Pets. Di mana kalian dapat memiliki hewan peliharaan dan melatih mereka untuk nantinya bertarung bersama kalian

Ada juga fitur Pirate yang membuat kalian dapat menjadi seorang Bajak Laut. Sebenarnya masih banyak fitur lainnya, namun tidak bisa kami sebutkan satu persatu di sini, karena itu game ini sangat layak dimainkan di tahun 2018 ini.

4. Neverwinter

Bagi kalian yang hobi memainkan game PC online, pasti kalian cukup familiar dengan game Neverwinter. Game yang sudah dirilis sejak tahun 2013 ini sangat menarik dimainkan karena punya keunggulan dari sisi gameplay.

Game ini berlatar belakang di dunia fantasi yang telah hancur akibat kekuatan misterius. Neverwinter adalah satu satunya kota yang tersisa dan diperintah oleh seorang Raja yang meminta bantuan dari para pahlawan untuk membangun kembali kota Neverwinter. Tertarik untuk memainkannya?

5. Blade and Soul

Blade and Soul merupakan game online PC terpopuler MMORPG bergenre petualangan dengan unsur seni bela diri ala Asia yang kental. Game yang dikembangkan oleh NCsoft, Team Bloodlust ini dirilis pada tahun 2012 lalu.

Blade and Soul juga telah diadaptasi menjadi anime. Game ini bersetting di dunia mitos dan legenda, di mana pemain akan memulai sebuah perjalanan epik untuk menemukan jati diri, pelatihan yang intensif, dan melakukan balas dendam!

Ada banyak konflik abtara si baik versus jahat di game ini, ada juga peperangan antara faksi dan dewa-dewa, dan perjalanan mendapatkan kehormatan klan.

6. DC Universe Online

Game online 2018 ini bersetting di dunia DC Comics, di mana para pemain akan bangkit sebagai superhero atau penjahat super. Di game ini pemain bisa memilih mau berada di pihak dan dunia mana mereka akan bermain.

Dengan karakter yang sepenuhnya dapat disesuaikan, pemain dapat membuat kekuatan baru yang aneh dan kuat saat mereka mempersiapkan diri untuk menghadapi perang pamungkas melawan para tokoh terkenal DC Comics seperti Superman, Batman, Joker, ataupun Lex Luther.

7. Marvel Heroes

Marvel Heroes merupakan game online PC terbaru dan terbaik free-to-play action MMO. Dengan menggunakan set di Marvel Universe, permainan yang diusung game ini menggabungkan gaya gameplay action RPG dan MMOs dengan rooster yang dapat dikembangan.

Pemain dapat mengumpulkan dan bermain sebagai superhero favorit Marvel mereka dan bekerjasama dengan teman-teman untuk menghentikan Dokter Doom untuk menghancurkan dunia lewat kekuatan Cosmic Cube miliknya.

Game Online Android Terbaik 2018

8. Arena of Valor (AoV)


Game paling heboh tahun ini karena kompetisi 7 Milyar yang diadakan. Game MOBA ini memang pantas dinobatkan Google Play Store Indonesia sebagai game paling populer 2017 karena memang sangat seru dan menantang. 

Grafis HD dan animasinya keren, dan game ini menjadi sangat adiktif untuk dimainkan. AoV sendiri diakui sebagai game yang fair dan balance dimana kemenangan hanya dapat diraih dengan skill. Sudah diunduh lebih dari 1 juta kali dan dimainkan oleh lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia, pemain ditantang untuk bertarung dan menjadi pemenang di Arena Antaris.


9. Mobile Legends


Game ini sangat populer dan digemari para pengguna piranti mobile, baik  yang dijalankan dengan Android maupun iOS. Game yang sudah diunduh lebih dari 50 juta kali ini adalah salah satu game MOBA Android yang menyediakan puluhan hero yang bisa dimainkan secara gratis. 

Selain karena tampilannya yang menarik, game ini menjadi sangat populer karena mudah dimainkan, bahkan oleh pemain awam sekalipun. Kontrol game pun terbilang mudah karena sudah dilengkapi dengan virtual pad. Selain itu, dengan ukuran yang relatif kecil dibanding dengan game MOBA lainnya, pengguna pun tak akan ragu untuk mendownload dan menginstal game ini.


10. Cats : Crash Arena Turbo Stars


Game ini dinobatkan sebagai game terbaik 2017 versi Google Play Store Indonesia. Selain karena asik untuk dimainkan, game ini juga diakui memiliki grafis yang menawan dan tampilan yang mengesankan. Dikembangkan oleh ZeptoLab, pemain dituntut untuk menciptakan mobil robot penghancur yang bisa diadu dengan 55 juta pemain lain dari seluruh dunia. 

Pemain juga bisa bertarung bersama-sama dengan sistem kerjasama bersama pemain-pemain lain untuk memenangkan kejuaraan dunia. Pemain juga bisa membangun robotnya sendiri hingga benar-benar perkasa dan paling kuat agar bisa mendominasi Ultimate League. 


11. Power Rangers : Legacy Wars


Game ini dinobatkan sebagai game paling kompetitif 2017 dimana kepopulerannya memang didongkrak dengan film Power Rangers yang ditayangkan di awal tahun 2017. Diunduh lebih dari 10 juta kali, game besutan Way Inc. ini bergenre real-time multiplayer dimana pemain harus melawan musuh abadi Power Rangers, Rita Sepulsa. 

Gameplay di Power Rangers : Legacy Wars ini terbilang cukup sederhana, yakni hanya swipe dan tap di layar. Di sini pemain bisa melakukan serangan dengan waktu yang tepat dan juga harus mempelajari gerakan lawan.


12. Pokemon Go


Game paling heboh sejak diluncurkan pertengahan tahun 2016 lalu. Hingga kini game virtual reality ini masih banyak dimainkan oleh para pengguna piranti mobile di seluruh dunia. Dengan rekor unduh lebih dari 750 juta kali, game ini memang unik dan menarik, membuat pemainnya berlomba-lomba berburu makhluk unik yang bisa muncul dimana saja dan kapan saja. 

Setelah menangkap, Trainer bertugas untuk melatih Pokemon yang telah ditangkap dan dilatih agar bisa semakin kuat. Setelah itu Pokemon bisa ditukar atau juga pemain bisa berkompetisi mengadu Pokemon miliknya.


13. Clash of Clans


Game online Android ini terbilang game paling populer sepanjang 5 tahun terakhir ini. Game strategi ini merupakan game yang mengajak pemainnya untuk berfikir dan berstrategi untuk menyerang desa lawan atau melindungi desa dari serangan musuh. 

Selain mengatur strategi menyerang, pemain juga harus membangun pertahanan yang kuat agar musuh tidak bisa menyerang dan menghancurkan desa miliknya. Tujuan utamanya sendiri tetap harus mengalahkan lawan, yakni Raja Goblin. Untuk mengalahkannya, pemain harus membangun desa yang makmur, pasukan yang kuat dan tentunya menyusun strategi penyerangan.


14. Rules of Survival

Rules of Survival bisa dibilang merupakan game bergenre survival atau bertahan hidup yang sangat menarik. Di game online android terbaik 2018 ini kamu dihadapkan dengan banyak pemain dengan 120 survivor yang harus kamu habisi dalam sebuah game.

Menariknya, game yang dikembangkan NetEase Games ini juga tersedia versi PC sehingga bisa kamu mainkan secara gratis layaknya bermain PUBG lho. Soal serunya game ini, tidak perlu diragukan lagi pokoknya!


15. Heroes Evolved

Sebenarnya game ini cukup mirip dengan Arena of Valor dan Mobile Legends. Walaupun begitu, Heroes Evolved tetaplah salah satu game online terbaik di Android tahun 2018 ini. Dengan gameplay 5 vs 5, kamu bisa memainkan game ini bersama teman-teman untuk melawan musuh.

Hero yang ditawarkan di Heroes Evolved juga cukup mirip dengan Arena of Valor dan Mobile Legends. Yaitu kamu bisa memilih hero berkarakter tank, marksman, mage, dan fighter. Yang membedakannya adalah nama dan bentuk heronya saja.

Jangan Sampai Lupa Waktu

Semua game ini menawarkan keseruan dan kenikmatan yang kita cari ketika bermain game. Namun satu hal yang pasti, jangan sampai lupa waktu ketika memainkan game ini. Mainkan game ini di waktu senggang kamu agar tidak mengganggu pekerjaan sehari-hari.

Artikel Lainnya

Komentar