Hemat Kuota Data Menggunakan Aplikasi Google Datally

Oleh Ardiansyah Hana updated Senin, 4 Des 2017 | 02:25

Google Datally
Selain melepas aplikasi YouTube Go versi final, Google kembali mengeluarkan layanan terbarunya. Layanan tersebut memiliki fungsi untuk membantu pengguna Android menghemat konsumsi kuota data, sangat berguna untuk negara dengan koneksi internet terbatas dan mahal.

Aplikasi Google resmi terbaru ini bernama Datally. Datally merupakan layanan yang memungkinkan kamu menghemat kuota data internet, menjadi salah satu langkah Google dalam mewujudkan Next Billion Users.

Dalam pembuatan dan pengembangannya, Google melakukan riset dan menemukan bahwa pengguna hp seringkali merasa khawatir karena penggunaan kuota data internet yang cepat habis dan tidak mengetahui detail penggunaan kuota tersebut.

Tentunya, hasil riset tersebut dianggap sangat penting oleh Google dalam penerapan Next Billion Users, dimana aplikasi Google Datally secara khusus dirancang untuk membantu pengguna agar mengerti dan dapat mengontrol penggunaan kuota internet di hp Android mereka.

Aplikasi Google Datally dirancang berkat adanya inspirasi dari negara-negara berkembang, seperti Indonesia, India, Filipina dan Brazil. Google beranggapan bahwa negara berkembang memiliki pengguna hp dengan antusiasme tinggi dalam mencoba produk baru sehingga menjadi barometer sukses saat diluncurkan secara global.

Empat Fitur Utama Google Datally

1. Fitur penghemat kuota

Kamu bisa mengontrol penggunaan kuota setiap kali membuka sebuah aplikasi. Diklaim bisa menghemat kuota hingga 30% bergantung dari cara dan kebiasaan pengguna mengakses aplikasi Google Datally.

2. Fitur balon penghemat kuota

Memiliki bentuk menyerupai spedometer, pengguna bisa melihat penggunaan kuota secara real time setiap membuka aplikasi tertentu dan bisa memblokir penggunaan kuota jika menemukan sejumlah aplikasi yang dinilai terlalu berlebihan mengonsumsi kuota internet.

3. Fitur pengelolaan kuota data internet

Disini, kamu bisa memantau pemakaian kuota secara rutin, mulai dari harian, mingguan ataupun bulanan.

4. Fitur find Wi-Fi

Disini, kamu bisa menemukan jaringan Wi-Fi publik terdekat, dimana jika kamu berhasil terhubung ke jaringan Wi-Fi tersebut bisa memberikan rating sehingga berguna untuk pengguna aplikasi Google Datally lainnya.

Setelah sebelumnya tersedia dalam versi beta untuk pasar Filipina, kini aplikasi Google Datally bisa dinikmati oleh pengguna di Indonesia. Aplikasi Google Datally bisa diunduh oleh pengguna hp dengan OS Android 5.0 Lollipop keatas dan hanya memiliki kapasitas sebesar 6MB saja.


Baca juga artikel :

Fitur-Fitur Tersembunyi di Google Maps yang Sangat Berguna 

Dirombak Habis-habisan, Inilah Fitur Baru Dari Google Maps! 

5 Fitur Terbaru Google, Berbahasa Indonesia hingga Rute Ganjil Genap 

Artikel Lainnya

Komentar