Lagi Viral, Apa Itu Aplikasi Sarahah?

Oleh Ardiansyah Hana updated Jumat, 25 Agu 2017 | 10:26

Aplikasi social media terus berevolusi. Selain menggemari Instagram dan Snapchat, kini masyarakat Indonesia, terlebih kalangan muda sedang menggandrungi aplikasi Sarahah.

Banyaknya pengguna, akhirnya aplikasi Sarahah kerap kali dibagikan penggunannya di Instagram Stories maupun Twitter. Lantas, apa itu aplikasi Sarahah? Berikut ulasannya!

Aplikasi Sarahah

Aplikasi Sarahah dikembangkan oleh developer asal Timur Tengah bernama Saudi Zain al-Abidin Tawfiq. Aplikasi ini tergolong baru karena meluncur pertama kali pada bulan Februari 2017, namun saat ini sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali di App Store dan Google Play Store.

Dalam bahasa Arab, Sarahah memiliki arti kejujuran. Sementara menurut situs resminya, aplikasi Sarahah sendiri dikhusukan untuk kalangan pekerja ataupun seseorang yang ingin mengirimkan pesan anonim sehingga menjadi sarana evaluasi.

Kepopuleran aplikasi Sarahan saat ini sering disandingkan dengan aplikasi Ask.fm. Lantas, apa yang menjadi perbedaan dari kedua aplikasi tersebut?

Perbedaan Aplikasi Sarahah dengan Ask.fm

Image via YouTube

Aplikasi Sarahah dan Ask.fm sama-sama memiliki sifat anonimitas. Meskipun aplikasi Ask.fm memungkinkan pengguna bisa memunculkan identitas, namun kedua layanan tersebut menjadikan pesan sebagai fitur utamanya.

Meskipun fitur yang disajikan aplikasi Sarahan dan Ask.fm cukup mirip, namun mekanisme yang diberikan keduanya berbeda. Aplikasi Sarahah memiliki tujuan untuk melakukan mediasi pada orang-oran terdekat, bertukar saran, kritik, opini bahkan pujuan yang bersifat jujur.

Anonimitas dari penggunaan aplikasi Sarahah juga memungkinkan untuk seseorang untuk berkata jujur tanpa harus takut penerima pesan merasa tersinggung. Dengan demikian, teman yang mendapatkan kritik, opini, saran maupun pujuan bisa mengetahui kekuatan dan potensi yang dimiliki dirinya.

Sementara itu, aplikasi Ask.fm menghadirkan fitur utama berupa pertanyaan. Pada Ask.fm, pengguna bisa melempar pertanyaan pada pengguna lain mengenai berbagai topik, bukan untuk saling bertukar saran, kritik, pujian ataupun opini untuk memperbaiki kekurangan seseorang.

Layanan Ask.fm sendiri banyak digunakan oleh kelangan remaja. Umumnya, para remaja menggunakan layanan tersebut untuk menanyakan masalah pendidikan, percintaan, gaya hidup maupun hobi. Meskipun demikian, banyak pula pengguna dengan anonimitas dan melakukan bullying pada seseorang.

Selain berbeda tujuan, aplikasi Sarahah dan Ask.fm memiliki mekanisme berbeda. Pada aplikasi Sarahah, pengguna tidak bisa memberikan respon mengenai saran, kritik, pujian ataupun opini yang diberikan seseorang. Hasilnya hanya bisa dijadikan sebagai bahan intropeksi diri.

Sementara itu, Ask.fm memungkinkan pengguna bisa menjawab pertanyaan yang muncul. Aplikasi ini pun kerap melahirkan fenomena influencer yang memiliki banyak followers dan mengumpulkan banyak pertanyaan dari pengguna lain.

Download Aplikasi Sarahah

Setelah mengetahui penjelasan mengenai mekanisme dan tujuan dari aplikasi Sarahah, apakah Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini? Saat ini, aplikasi Sarahah bisa Anda download secara gratis melalui App Store untuk pengguna iOS dan Google Play Store jika Anda menggunakan Android. Selain itu, layanan ini juga bisa Anda akses melalui desktop.

Baca juga artikel:

Aplikasi YouTube Go dan Google Assistant Resmi Masuk Indonesia

Awas, Daftar Aplikasi Ini Bikin Baterai Ponsel Makin Boros!

5 Alternatif Pengganti Aplikasi Telegram

Artikel Lainnya

Komentar