Awas, Daftar Aplikasi Ini Bikin Baterai Ponsel Makin Boros!

Oleh Ardiansyah Hana updated Senin, 14 Agu 2017 | 16:25

Image via Bravo TV

Smartphone memang bikin kencanduan. Selain memudahkan Anda mencari informasi berkat adanya internet, kemudahan smartphone untuk menjalankan aplikasi membuatnya makin digilai banyak penggemar.

Namun, Anda jangan asal menggunakan aplikasi. Saat ini, terdapat sejumlah aplikasi Android yang memakan banyak daya baterai untuk pengoperasiannya. Nah, aplikasi Android apa saja yang bikin baterai jadi boros? Ini dia daftarnya!

1. Facebook

Aplikasi Android pertama yang bikin baterai hp boros adalah Facebook. Layanan sosial media yang sudah eksis sejak tahun 2004 ini memakan baterai yang besar serta membuat Anda lebih boros kuota karena melakukan banyak proses untuk pengoperasiannya. Solusinya, Anda bisa menggunakan aplikasi alternatif Facebook lain seperti Metal for Facebook atau Phoenix, atau mematikan fitur notifikasi supaya baterai lebih awet.

2. Google Maps

Image via Pinterest

Aplikasi Android yang bisa memandu Anda saat berkendara ini juga terkenal boros baterai. Alasannya, Google Maps mengaktifkan fitur GPS yang menyedot banyak sumber daya saat tracking dan membuat hape terus melakukan download di setiap peta yang ingin dilihat. Selain itu, aplikasi maping lainnya seperti Waze juga akan menguras baterai hp Anda.

3. Musical.ly

Image via garyvaynerchuk.com

Banyak yang berpendapat bahwa aplikasi Musical.ly merupakan perpaduan dari Snapchat, Dubsmash dan Vine. Namun, aplikasi yang bisa Anda pakai untuk merekam video dengan durasi 15 detik ini akan membuat hape Anda boros baterai.

4. Instagram

Image via WERSM

Instagram menawarkan fitur-fitur inovatif, termasuk yang terbaru yakni Instagram Stories. Namun, aplikasi media sosial untuk berbagi konten foto ini sangat boros baterai dalam pengoperasiannya. Selain itu, aplikasi Instagram juga bisa menghabiskan kuota internet dan memakan banyak RAM.

5. WhatsCall

Hadir dengan fitur yang memungkinkan Anda melakukan panggilan secara gratis ke nomor telepon ataupun sesama penggunanya, ternyata WhatsCall menjadi salah satu aplikasi Android yang boros baterai. Untuk Anda yang biasa menggunakan WhatsCall untuk teleponan, Anda bisa menggantinya dengan aplikasi sejenis lain seperti LINE atau Skype agar baterai lebih awet.

6. BBM

Image via Engadget

BBM menjadi salah satu aplikasi chatting yang masih banyak dipakai oleh pengguna hape pintar di Indonesia. Namun, aplikasi buatan BlackBerry ini memiliki banyak fitur sehingga membuat baterai cepat habis. Selain itu, aplikasi BBM juga terkenal boros memori sehingga kurang ideal untuk dipakai pada hape dengan RAM kecil.

7. Path

Aplikasi Android lain yang terkenal boros baterai adalah Path. Alasannya, aplikasi sosial media ini memiliki banyak fitur seperti berbagi foto, video, lokasi bahkan Coverstory

seperti Instagram Stories sehingga membuat baterai di hp Anda cepat habis.

8. Email Client

Image via AndroidBeat

Email client seperti Yahoo Mail dan Gmail juga masuk ke dalam daftar aplikasi Android paling boros baterai. Aplikasi tersebut akan bekerja ekstra untuk mengecek setiap email yang masuk sehingga memakan banyak sumber daya. Solusinya, Anda bisa mematikan fitur sinkronisasi dan mengecek email secara manual untuk menghemat baterai.

9. Daily Mail

Meskipun bukan aplikasi Android populer di Indonesia, mungkin salah satu dari Anda menginstallnya ke dalam hape. Nyatanya, aplikasi news satu ini berpotensi membuat baterai hape Anda boros karena update berita realtime yang dilakukannya secara otomatis.

10. Bloatware di Samsung

Buat Anda pengguna hp Samsung, Anda pun akan dibikin jengkel karena aplikasi bawaan seperti ChatOn dan AllShareCast bisa menghabiskan banyak daya baterai Anda karena berjalan di backgroud secara otomatis. Untungnya, Anda yang sudah melakukan rooting pada smartphone Samsung bisa menghapus kedua aplikasi tersebut.

Baca juga artikel:

9 Aplikasi Bikin Boros Kuota yang Tidak Kamu Sadari

Baterai Android Boros? Coba 5 Smartphone ini!

Miliki Asisten Keuangan Pribadi di Ponsel Buat Hidup Lebih Hemat

Artikel Lainnya

Komentar