Diperbaharui pada Selasa, 25 Juli 2017 | 09:31

5 Alternatif Pengganti Aplikasi Telegram

Image via Samsung

Saat ini, aplikasi Telegram telah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Pemblokiran ini disebabkan oleh adanya penyebaran konten bermuatan radikalisme dan terorisme.

Tentunya, kebijakan ini membuat banyak pengguna kecewa. Pasalnya, aplikasi Telegram memiliki banyak kelebihan, dinilai sebagai salah satu aplikasi yang aman, cepat, ringan dan bisa dipakai untuk mengirim file berbagai format berukuran besar.

Meskipun aplikasi Telegram belum bisa Anda gunakan kembali, namun terdapat sejumlah layanan yang memiliki fitur dan kemampuan seperti aplikasi Telegram. Nah, ini dia daftar layanan yang punya kinerja mirip aplikasi Telegram. Yuk, lihat!

1. Signal Private Messenger

Alternatif aplikasi Telegram pertama adalah Signal. Aplikasi messenger ini memiliki kemampuan enkripsi pada segala data yang dikirimkan dan diterima karena dirancang khusus untuk menjamin komunikasi dilakukan secara aman.

Selain dipakai chatting, aplikasi Signal juga bisa Anda pakai untuk melakukan panggilan, mengirimkan gambar dan video beresolusi tinggi, dengan privasi yang terjaga karena tidak ada yang dapat membaca pesan selain pengirim dan penerima, namun memiliki kemudahan untuk melacak chat yang dianggap penting oleh Anda.

2. CoverMe Private Texting Messenger

Alternatif aplikasi Telegram selanjutnya adalah CoverMe Private Texting Messenger. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk menghapus pesan di hape penerima, serta mempunyai keamanan yang prima karena pengguna harus memasukkan PIN terlebih dahulu saat mengaksesnya.

Tidak hanya memiliki fitur keamanan yang baik, CoverMe Private Texting Messenger juga bisa dipakai untuk melakukan panggilan telepon dengan kualitas yang baik, sementara pada fitur pengiriman pesan terdapat empat tingkat keamanan yang bisa Anda pilih; Normal, Protected, Delete Later, dan Delete On Read.

Untuk level keamanan Normal, pesan yang diterima tidak akan terhapus otomatis, dapat di-forward, copy maupun disimpan. Untuk level keamanan Protected, pesan tidak akan terhapus otomatis, namun tidak dapat disalin ataupun forward. Sementara itu, level keamanan Delete Later dan Delete On Read bisa menghapus pesan secara otomatis.

3. WeChat 

Terdapat juga WeChat , aplikasi messenger yang dikembangkan oleh developer Tencent asal Tiongkok, bisa menjadi alternatif aplikasi Telegram karena memiliki fitur keamanan yang tangguh pada pesan maupun file yang dikirimkan.

Aplikasi WeChat diklaim mampu menjaga keamanan dan privasi Anda sebagai pengguna melalui adanya sertifikat eTrust yang sudah diperolehnya karena sudah terbukti aman dari segi infrastruktur, database dan privasi pengguna. Selain itu, terdapat pula fitur Recall yang memungkinkan Anda menghapus pesan yang sudah terkirim dalam beberapa detik.

4. Sicher

Alternatif keempat pengganti aplikasi Telegram adalah Sicher. Aplikasi ini memiliki level keamanan yang baik melalui pesan yang melalui proses enkripsi sebelum dikirimkan sehingga sulit disadap saat proses pengiriman pesan.

Memiliki fitur yang cukup komplit seperti pengiriman pesan berupa teks, audio, foto, dan file-file office, alternatif aplikasi telegram ini pun memiliki kemampuan untuk menghapus pesan secara otomatis setelah dikirimkan dengan mengaturnya terlebih dulu, penggunaan password sewaktu diakses, serta mampu mengenali kontak yang disimpan di buku telepon hape Anda.

5. Wickr

Alternatif terakhir pengganti aplikasi Telegram adalah Wickr. Aplikasi ini memiliki tingkat keamanan yang baik karena pesan yang dikirimkan akan dienkripsi lebih dulu, serta otomatis terhapus dari pengirim dan penerima berdasarkan waktu yang Anda tentukan, baik berupa chat, foto maupun video.

Yang menarik, Anda juga bisa mengajak beberapa orang sekaligus untuk melakukan percakapan rahasia, namun tidak menyimpan catatan, geotag dan tidak mengidentifikasi informasi dari pesan dan media Anda sehingga sulit dilacak. Tidak hanya tersedia untuk pengguna Android, Wickr juga bisa dipakai oleh Anda yang menggunakan platform dan perangkat berbasis iOS, Windows dan Linux.

Baca juga artikel:
Google Allo Aplikasi Chatting Berbasis Nomor Telepon Seperti Whatsapp
Update WhatsApp Hadirkan Mode Malam Pada Kamera
Update WhatsApp iOS Hadirkan Photo Filters, Albums dan Reply Shortcut
Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts