Handphone Gaming Jadul dari Masa ke Masa

Oleh Yudhi Tri Perwira updated Rabu, 24 Mei 2017 | 11:16

Image via GameCrate

Handphone pada awalnya diciptakan sebagai salah satu alat untuk berkomunikasi. Disebut telepon genggam karena handphone umumnya memiliki perbedaan dengan yang cukup mencolok dengan pesawat telepon.

Perbedaannya utamanya adalah bahwa telepon genggam tidak membutuhkan kabel untuk dapat digunakan serta busa dibawa kemana-mana. Seiring berkembangnya teknologi fungsi telepon semakin melebar ke berbagai area. Mulai dari menyusun catatan, menyetel alarm untuk bangun pagi, multimedia (menyetel musik dan video) serta bermain game. Untuk fungsi yang terakhir perlu diberi garis bawah, bahkan ada beberap type handphone khusus yang lebih mengedapankan fungsi gaming nya sebagai “jualan” utama. Untuk itu kami akan mengulas beberapa type handphone di masa lalu yang mengedepankan fungsi bermain game menjadi andalan mereka, berikut ulasannya

1. Nokia N Gage

Disebut-sebut sebagai Handphone game terbaik di  masanya. Dirilis pada tahun 2003, bersistem operasi symbian. Nokia N-Gage laku keras di pasaran dengan mengutamakan fitur gaming sebagai unggulannya. Bahkan Nokia membuat disk game khusus N-Gage yang dijual secara terpisah, membuat kesan bahwa Handphone keluaran Nokia yang satu ini memang dibuat untuk para gamer sejati.

Sedangkan game yang disajikan pun memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan game handphone lainnya. Game yang dapat dimainkan oleh N-Gage bisa dibilang premium dan selevel dengan game PS1. Namun terdapat beberapa kekurangan didalam N-Gage yaitu ketika menerima telepon dari perangkat lain maka anda harus memiringkan handphone, hal tersebut terasa cukup aneh dan membuat tidak nyaman. Namun terlepas dari hal itu, N-Gage merupakan primadona Nokia dan dianggap merupakan terobosan dalam handphone bergenre gaming.

2. Nokia N-Gage QD

Setelah Nokia N-Gage meledak di pasaran semakin membuat Nokia terobsesi melanjutkan kesuksesan serupa. Setahun setelahnya di rilis lah Nokia N-Gage QD yang merupakan seri lanjutan dari N-Gage. Masih memiliki fitur unggulan seperti seri N-Gage sebelumnya serta penambahan dari kualitas keypad yang diperbaiki.

Jika pada seri sebelumnya dianggap memiliki keypad yang ringkih dan mudah rusak dan cara melakukan panggilan yang terasa aneh juga tidak nyaman. Maka N-Gage QD memperbaiki kesalahan tersebut, selain itu ada juga fitur yang ditambahkan seperti N-Gage Arena yaitu fitur yang memungkinkan pengguna N-gage di manapun dapat terhubung dengan jaringan koneksi internet. Juga ditambah pilihan game yang makin beragam dari berbagai genre permainan seperti game strategi Pathway To Glory, berbagai seri game war action Tom Clancy’s hingga seri balapan yang cukup populer yaitu Colin McRae Rally.

3. Nokia N81

Dirilis pada tahun 2007 Nokia N81 sejatinya adalah salah satu produk seri N yang menjadi unggulan pabrikan asal finlandia ini. mengedepankan fitur multimedia sebagai unggulan, hal ini dapat terlihat dari bentuk keypad nya yang mirip pemutar musik serta memori internal yang cukup besar untuk ukuran handphone ber OS Symbian. Namun selain itu seakan ingin menghidupkan kembali euforia akan kesuksesan seri N-Gage. Nokia N81 memiliki akses terhadap game yang sejatinya diberikan untuk Nokia N-Gage. Bahkan jika anda menggunakannya secara horizontal maka akan muncul tombol tambahan di sebelah kiri yang membantu anda untuk dapat bermain game secara lebih nyaman.

Game bawaan yang disediakan adalah Space Impact, Asphalt 3 Street Rules, FIFA 07. Walaupun bukan sebagai handphone yang diperuntukan untuk gaming namun Nokia N81 tetap memberikan pengalaman gaming yang cukup menarik, dengan kualitas piksel layar yang lebih baik serta layar warna yang lebih jernih yaitu 16,7 juta warna semakin memberikan kenyamanan bermain game yang berkesan.

4. Sony Ericsson F305

Sony Ericsson mengeluarkan sebuah ponsel khusus untuk para gamer. Sony Ericsson F305, sebuah ponsel seri F yang mengutamakan unsur FUN dan motion sensor sebagai fitur utamanya. Setelah Sony Ericsson berhasil sukses dengan ponsel walkmannya maka F305 berusaha untuk mengembalikan unsur FUN tersebut kedalam ponsel terbarunya ini. Jika biasanya kamu main game ponsel tidak ada interaksi lebih selain memencet tombol sesuai dengan urutannya, maka dalam ponsel ini kamu akan ikut beraksi layaknya pemain dalam game. Contohnya jika kamu main game Black Bass Fishing maka kamu harus mengayunkan ponsel kamu layaknya seorang nelayan di atas perahunya. Sangat menarik

Ada tiga buah game yang dibenamkan di ponsel ini, yaitu Bowling, Jockey dan Black Bass FishingSelain itu, ponsel ini juga bisa digunakan untuk bermain game-game lain seperti Tropical Madness, The Sims 2, Racing Fever GT, Quadra Pop, Lumines Block Challenge, JC Does Texas, Jewel Quest 2, dan terakhir Asteroids. Game-game ini sudah pasti akan membuat kamu sibuk jika sedang bosan dalam perjalanan atau lama menunggu dalam sebuah antrian panjang,
Ponsel yang memiliki kedalaman 256 ribu warna pada layar berukuran 176 x 220 pixel ini mampu membuat setiap frame dalam gamenya lebih terlihat fresh. Jika kamu terbiasa memakai seri Walkman yang memiliki kelebihan pada kualitas suaranya, maka kamu jangan khawatir, sebab Sony Ericsson F305 ini juga memiliki kualitas suara yang tidak mengecewakan. Hal ini bisa dicapai karena adanya external speaker yang mendukung kualitas suara F305.

5. Sony Ericsson Xperia Play

Walaupun tidak bisa dibilang jadul-jadul amat, Ericsson Xperia Play merupakan keluaran paling mutakhir untuk handphone bergenre gaming. Dirilis pada tahun 2011 dan berbasis platform Android dengan Mengusung tagline ‘the smartphone with everything you need and one thing you want’ Sony Ericsson XPeria Play menjadi debut Sony Ericsson yang mampu menaikkan pamor kembali. Maklum, Sony Ericsson memang sudah cukup lama tidak mengeluarkan ponsel spektakuler setelah XPeria X1.

Berbekal sukses Sony Playstation, Sony Ericsson seakan ingin membawa serta keasyikkan bermain Playstation dalam sebuah ponsel. Hal ini dapat terlihat dari jenis keypad gaming yang mengusung icon segitiga, kotak, bulat dan ‘x’.

Pengalaman gaming juga tidak hanya dinikmati menggunakan keypad, karena disediakan juga beberapa game yang asyik jika dimainkan menggunakan layar sentuh. Berbekal layar 4,2 inchi, para gamer akan semakin dimanjakan dengan hadirnya fitur multimedia yang mantap termasuk kemampuan HD video record.

Baca juga artikel:
5 Game Asah Otak yang Bisa Bikin Anda Pintar
7 Game Horror Terbaik ini Dijamin Buat Kamu Gemeteran Asyik
Ini Dia Game yang Paling Ditunggu di Tahun 2017

Artikel Lainnya

Komentar