10 Game Hape Jadul yang Bikin Kamu Nostalgia ke Masa Lalu

Oleh Yudhi Tri Perwira updated Rabu, 24 Mei 2017 | 12:37

Image via BoredMind

Di akhir 80-an atau awal 90-an, perkembangan game hape tidak sepesat sekarang yang hanya menampilkan konsep dan grafis sederhana.

Buat kamu yang lahir pada generasi akhir 80-an atau awal 90-an, pasti merasakan perkembangan telepon genggam yang saat itu masih berjenis monochrome. Di masa itu, Nokia adalah rajanya hape yang menguasai pasar dengan beragam varian produk. Fitur yang ditawarkan pun bisa dibilang sangat sederhana, termasuk untuk urusan game. Game yang ada di hape monochrome biasanya hanya bersifat 2 dimensi saja.

Untuk itu, kami akan mengajak bernostalgia mengenang berbagai game jadul yang kamu mainkan pada masa-masa awal memiliki hape pertama kalinya.

1. Bounce


Merupakan game yang sangat melegenda bagi para pengguna hape nokia. Tersedia di segala seri termasuk untuk tipe layar monochrome atau berwarna. Pada awal game kamu akan  bermain sebagai bola karet warna merah dan harus melewati rintangan yang menghadang. Di setiap level rintangan akan semakin sulit.

Dibutuhkan ketenangan dan kesabaran dalam memainkan game ini. Tampilan yang sederhana serta cara bermain yang mudah menjadikan game ini sangat disukai oleh para pengguna hape Nokia. Saat ini kamu masih bisa memainkannya, karena banyak tersedia game Bounce dengan sedikit modifikasi dari para developer.

2. Space Impact


Masih merupakan game bawaan dari vendor Nokia. Juga tersedia di segala seri monochrome ataupun layar berwarna. Cara bermain game ini cukup menyenangkan, kamu akan menjadi pesawat tempur yang bertugas memerangi para alien yang datang untuk menghancurkan bumi. Lawan yang dihadapi pun akan semakin sulit di tiap levelnya. Game ini bisa dibilang susah susah gampang. Namun disitulah letak kesenangannya, bahkan bagi beberapa orang membuat kecanduan. Game sejenis juga tersedia di Play Store dengan nama yang berbeda.

3. Snake

Game ini adalah game bawaan nokia lainnya yang juga cukup fenomenal di jamannya. Terdapat pula di segala tipe HP monochrome ataupun berlayar warna. Cara bermain game ini cukup mudah kamu hanya perlu memakan umpan yang disediakan di dalam game jika berhasil maka ular akan bertambah panjang. Di setiap levelnya kamu akan berpacu dengan waktu, jika berhasil maka akan naik ke level lebih tinggi.

Dibutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam bergerak, karena jika  ceroboh maka kamu akan berakhir menabrak ekor sendiri. Cukup penasaran dan agak sedikit keki  jika gagal menyelesaikan tantangan. Namun disitulah letak keseruannya. Untuk bernostalgia, kamu bisa mengunduhnya di Play Store dalam versi retro.

4. Pairs

Walaupun tak sepopuler 3 game Nokia diatas. Namun game yang satu ini cukup menyenangkan untuk dimainkan. Cara memainkannya kamu hanya perlu mencocokan gambar yang ada dibalik kartu yang disediakan. Permainan ini memiliki tingkatan level, dimana pada level awal kartu akan berjumlah sedikit dan sangat mudah, namun seiring semakin tinggi level maka kartu akan tampil semakin banyak pula waktu yang disediakan akan semakin sedikit.

5. Bantumi

Masih merupakan game bawaan dari Nokia, bantumi merupakan game yang cukup sederhana untuk dimainkan. Jika kamu sering bermain permainan tradisional seperti congklak maka akan semakin memudahkan kamu dalam memainkannya. Kamu akan berhadapan dengan komputer dan mengisi tiap-tiap kotak kosong dengan anak sampai akhirnya kotak lawan kosong maka ialah yang memenangi permainan. Dapat menstimulasi kita melakukan strategi bagaimana memenangi permainan dan cukup mengasyikan.

6. Snowball Fighter

Game bawaan Samsung yang satu ini memang muncul setelah era hape monochrome. Terdapat di hape Samsung e635. Snowball Fight adalah sejenis game “cat and dog” namun media yang digunakan adalah bola salju. Kamu harus mengalahkan musuh dengan cara melemparkan bola salju ke arah lawan.

7. Solitaire

Game yang cukup populer di PC ini juga hadir sebagai game bawaan untuk hape Sony Ericsson yang bertipe monochrome maupun layar berwarna. Cara memainkan game ini cukup mudah, sama seperti di PC, kamu hanya perlu untuk mengurutkan kartu yang disediakan sesuai dengan daun kartu tersebut. Sangat menyenangkan untuk sekedar mengisi waktu luang dan bernostalgia dengan permainan masa kecil bukan.

8. Bowling

Terdapat di hape Nokia berlayar warna. Merupakan game yang di buat oleh developer Java Games yang biasanya sudah menggunakan OS Symbian. Bermain game ini cukup mudah dan menyenangkan. Kamu bermain bowling melawan komputer dengan berbagai. Dibutuhkan ketepatan dalam timing pelemparan untuk mendapatkan strike. Mengikuti perkembangan teknologi hape, game ini sudah mendapat banyak perubahan dan memiliki banyak pilihan untuk di unduh.

9. Tetris

Merupakan game yang populer di gimbot adalah game bawaan dari pabrikan Sony Ericsson untuk serie K dan W yang sudah berlayar warna. Game ini memang terkesan cukup klasik, cara bermainnya pun tak berubah dari versi awal. Kamu diharuskan untuk menyusun berbagai jenis bata untuk dapat mengisi ruang jangan sampai ada yang terlewat. Kamu juga akan diberikan waktu untuk setiap levelnya.

10. Sudoku

Yang terakhir adalah sudoku. Game yang cukup populer di PC dan hampir dapat dimainkan di semua platform ber OS Symbian atau Java. Cara bermain game ini cukup unik, yaitu terdapat kotak masing-masing bagian memiliki kotak 9 gilirannya. Dalam setiap persegi Anda dapat memasukkan nomor dari 1 9 sehingga setiap garis horizontal atau vertikal dari seluruh tabel menjadi satu digit dari 1 9 tanpa ulangi, dan begitu juga setiap bagian mendering. Game ini cukup menguras konsentrasi karena kita harus mampu memecahkan teka-teki dan juga harus teliti memilih kotak yang disediakan.

Setelah membaca ulasan diatas semoga dapat mengobati kerinduan kamu terhadap game klasik yang populer di kjamannya. Bagi kamu yang ingin memainkan game tersebut di smartphone kamu dapat mengunduhnya melalui APK yang biasanya disediakan oleh developer game. Jadi, selamat bernostalgia!

Baca juga artikel :
5 Game Asah Otak yang Bisa Bikin Anda Pintar
7 Game Horror Terbaik ini Dijamin Buat Kamu Gemeteran Asyik
Ini Dia Game yang Paling Ditunggu di Tahun 2017

Artikel Lainnya

Komentar