5 Game Asah Otak yang Bisa Bikin Anda Pintar

Oleh Yudhi Tri Perwira updated Selasa, 23 Mei 2017 | 12:18

Image via APK-Cloud

Di tengah-tengah kesibukan pekerjaan dan rentetan deadline yang harus dipenuhi tentuya akan sangat menyita perhatian kita. Bersantai di waktu jeda membuat sudah menjadi kemewahan ditengah kesibukan yang bertumpuk-tumpuk.

Duduk santai bersandar di meja kerja sambil bermain game di smartphone nampaknya adalah pilihan yang tepat. Namun alih-alih bermain game yang menghabiskan waktu banyak dan membuat anda lupa waktu seperti Mobile Legend atau Vainglory, tak ada salahnya jika anda bermain game ketangkasan yang membuat anda mengasah otak serta membuat anda terstimulasi dalam memecahkan masalah di kantor atau bahkan di rumah. Berikut kami akan memberikan rekomendasi game asah otak yang dapat dimainkan di smartphone anda.

1. 2048

Merupakan game asah otak yang cukup populer di jamannya. Pada tampilan awalnya anda akan dibuat bingung karena hanya berisi kotak-kotak angka. Cara bermain game ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu menggeser angka-angka dalam kotak yang jika dikalikan akan berjumlah 2048. Jika telah berjumlah sesuai angka tersebut anda akan memenangi permainan dan mencatatkan rekor catatan waktu. Selain itu anda juga bisa bermain online dan bertanding bersama teman anda dan membuktikan siapa yang lebih pintar. Serta membuat anda lebih aktif di kehidupan sehari-hari.

2. Tebak Gambar

Game yang cukup menarik karena cara bermain yang cukup menyenangkan. Kita hanya perlu menembak beberapa gambar yang ditampilkan menjadi sebuah kata atau kalimat. Pada level yang tinggi tingkat kesulitannya akan semakin sulit pula. Anda tak jarang menemui gambar yang sama sekali tak terpikirkan oleh logikan dan terkesan dipaksakan, namun disitulah letak keseruan dari game ini. Di game ini anda dapat bermain online dengan teman dalam beradu kreatifitas dan melatih logika berpikir.

3. Cut the Rope

Sesuai dengan namanya, di game Cut the Rope, anda harus memotong tali pada permen, sehingga permennya bisa dimakan oleh katak yang bernama Om Nom. Tapi ini nggak semudah yang anda bayangkan. Permen yang diikat dengan tali itu diletakkan pada posisi yang sulit, seperti menggantung di atas, sementara Om Nom menunggu di bawah dengan kelaparan. Anda harus menemukan momen serta posisi yang pas untuk memotong tali sehingga permen itu bisa terlempar tepat ke mulut Om Nom. Semakin meningkat levelnya, semakin sulit teka-teki permen yang harus anda pecahkan. Setidaknya di dalam game ini kita dituntut untuk cermat serta memiliki logika yang bagus, untuk menentukan tali yang mana dulu yang harus dipotong agar permen tidak semakin menjauh dari jangkauan Om Nom. Game ini sangat menyenangkan untuk dimainkan serta melatih kesabaran serta logika kita.

4. Brain It On

Awalnya pasti sangat mudah tetapi dengan level yang meningkat, permainan ini menjadi lebih sulit dan membutuhkan kerja otak kita untuk menyelesaikannya. Dalam permainan ini kita hanya perlu menggambar sesuatu sampai misi dalam game tersebut dapat terselesaikan. Dibutuhkan imajinasi serta pemecahan masalah yang sederhana namun efektif didalam permainan ini. Tingkatan yang ada di dalam game ini terdapat 20 level yang harus anda tempuh. Serta catatan waktu yang dibutuhkan di dalam suatu challenge juga mempengaruhi penilaian yang akan diberikan. Tentu game ini melatih anda dalam menyelesaikan masalah yang anda hadapi sehari-hari.

5. Eidetic

Eidetic menawarkan fitur dan tampilan yang lebih sederhana sehingga dapat dengan mudah digunakan untuk melatih kemampuan otak. Sejenis tes dalam psikotest yang akan menguji fungsi otak anda. Aplikasi ini sendiri menawarkan jenis latihan berupa permainan yang dapat membantumu mengasah daya ingat sambil berlatih mengambil keputusan dengan cepat karena permainan ini memiliki batas waktu yang sedikit. Pada saat pertama kali membuka aplikasi ini, anda akan melihat tiga pilihan yaitu Memory Challenge, Follow Me Challenge, dan Picture Challenge.

Di Memory challenge anda akan mendapati bahwa anda harus mengingat lokasi berwarna biru yang muncul didalam layar serta anda harus melawan batas waktu yang disediakan. Sedangkan Follow Me Challenge anda harus mengingat urutan kotak biru yang muncul secara berurutan. Selanjutnya adalah Picture Challenge dimana anda akan diberikan gambar yang bermacam-macam serta anda disuruh untuk mencocokan gambar tersebut dan hanya disediakan waktu 60 detik. Walaupun terkesan cukup sulit, namun game ini membuat rasa penasaran kita untuk dapat menuntaskannya. Waktu yang tersedia menjadi tantangan tersendiri dalam menyelesaikan challenge yang disediakan.

Setelah melihat ulasan game asah otak diatas, mungkin salah satu game tersebut bisa dijadikan alat mengisi waktu kosong ditengah kesibukan kerja serta tuntutan deadline yang tak bisa diajak kompromi. Selain menyenangkan, game asah otak juga dapat membuat kita menjadi lebih responsif serta solutif dalam menghadapi setiap persoalan yang menghampiri. Jadi, semoga bermanfaat!

Baca juga artikel:
Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Main Game Mobile Legend di Smartphone Kamu
3 Game Simulator Ini Asyik Dimainkan Saat Puasa, Seru dan Pasti Nagih!
9 Game PS4 Ini Bakal Bikin Kamu Betah di Rumah

Artikel Lainnya

Komentar