Diperbaharui pada Selasa, 28 Februari 2023 | 16:20

Scan Foto dari Hp Lebih Mudah dengan 4 Aplikasi Ini Lho!

aplikasi scanner androidFoto: iStock

Memindai atau scan dokumen seperti foto, KTP, KK, atau lainnya kini tidak harus pergi ke konter fotokopi. Karena ada cara scan foto yang jauh lebih mudah dan sederhana, yaitu menggunakan aplikasi untuk hp.

Kehadiran aplikasi ini bisa Anda manfaatkan untuk scan foto atau dokumen tanpa harus memiliki perangkat scanner. Menariknya, kemampuan aplikasi untuk scan foto ini sudah hampir menyaingi alat scanner sungguhan karena kemampuannya yang canggih.

Misalnya, kita bisa mengubah gambar menjadi teks atau sebaliknya, membuat adjustment otomatis, serta beberapa pekerjaan scanner lainnya.

Pilihan aplikasi scan foto ini cukup banyak bertebaran di Play Store. Nah, untuk memudahkan Pricebook telah memilih empat aplikasi scanner terbaik, berdasarkan jumlah download, rating, ukuran aplikasi, serta kelengkapan fitur. 

Aplikasi Scan Foto dari Hp

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar aplikasi scan foto dan dokumen yang sangat berguna di bawah ini.

1. CamScanner – Phone PDF Creator


CamScanner menempati urutan pertama dari daftar aplikasi scan foto gratis terbaik di Android. Jumlah pengunduhnya sudah mencapai lebih dari 100 juta kali di seluruh dunia.

Tak ayal aplikasi ini didaulat sebagai aplikasi scanner nomor satu di Play Store. Aplikasi buatan INTSIG Information Co., Ltd ini dapat melakukan cropping otomatis saat Anda memfoto dokumen yang ingin di-scan.

CamScanner juga mampu melakukan perbaikan otomatis dalam hal kecerahan dan kontras agar teks dan gambar yang ada menjadi lebih jelas dan mudah terlihat.

Penambahan anotasi (catatan tambahan) dan watermark pada dokumen yang baru saja di-scan juga dapat Anda lakukan dengan sangat mudah langsung di aplikasi ini. Tak hanya itu, file yang Anda olah bisa disimpan dalam format JPEG juga selain format utama PDF.

CamScanner juga mampu terkoneksi dengan printer dan layanan fax ke lebih dari 30 negara. Versi berbayar dari aplikasi ini bahkan menawarkan fasilitas OCR (Optical Character Recognition).

Dimana teks yang Anda foto dapat dikenali sebagai teks juga dan bukan gambar. Seakan-akan Anda akan langsung mendapatkan softfile asli dari dokumen yang Anda scan.

2. Tiny Scanner – PDF Scanner App


Sesuai namanya, scan foto di aplikasi ini menawarkan kemudahan. Kemampuan scanning setara dengan alat scanner sungguhan yang berukuran kecil (tiny). Sama seperti CamScanner, aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk memindai berbagai macam dokumen.

Tiny Scanner juga dapat digunakan secara optimal baik di smartphone maupun di tablet. Kelebihan dari aplikasi scanner yang satu ini ialah telah teroptimasikan sedemikian rupa agar dapat berjalan dengan sangat cepat.

Tiny Scanner juga dapat melakukan scan terhadap dokumen secara baik dengan hasil scan berwarna, abu-abu saja (grayscale), ataupun hitam putih (black & white).

PDF yang Anda hasilkan dari Tiny Scanner juga bisa langsung dibagikan melalui email, dropbox, evernote, google drive, dan bahkan juga onedrive dan box!

Aplikasi yang dikembangkan oleh developer terkemuka, Appxy, ini juga dapat menghasilkan PDF yang ukurannya bisa Anda sesuaikan. Anda bisa memilih ukuran kertas A4, letter, ataupun legal sebelum menyimpan hasil scan Anda.

Anda juga tidak perlu khawatir aplikasi ini tidak kompatibel dengan smartphone Anda sebab Tiny Scanner mampu berjalan dengan baik mulai Android versi 3.0 keatas. Saat ini sudah diinstal lebih dari 10 juta kali.

3. Fast Scanner: Free PDF Scan


CoolMobileSolution tidak mau kalah dengan developer aplikasi lain dengan meluncurkan aplikasi scan foto bernama Fast Scanner. Sesuai namanya, aplikasi ini dapat memindai dokumen Anda dengan benar-benar cepat.

Pasalnya Fast Scanner hanya memakan ruang sebesar 8.40 MB. Jauh lebih kecil daripada aplikasi scanner kebanyakan yang membutuhkan ruang sebesar 30 MB.

Dengan ukurannya yang sangat kecil, kemampuan Fast Scanner memang sempat diragukan. Tapi nyatanya CoolMobileSolution berhasil mematahkan anggapan tersebut.

Kemampuan Fast Scanner sudah dapat menyaingi aplikasi scanner papan atas setidaknya untuk fitur-fitur essensial bagi aplikasi scanner seperti scan multiple type of documents, export to PDF file, dan email scanned documents.

Fast Scanner juga dilengkapi dengan fitur editor gambar yang cukup lengkap. Aplikasi ini jgua tidak menerapkan batasan jumlah scan yang diperbolehkan. Selama memory smartphone atau tablet masih tersedia, Anda tentu dapat melakukan scan berulang kali.

Setidaknya untuk menghasilkan scan dokumen berkualitas baik dalam waktu cepat bisa dikatakan kalau aplikasi ini merupakan salah satu juaranya. Aplikasi ini sudah terinstal lebih dari 10 juta kali.

4. Simple Scan – PDF Scanner App


Aplikasi scanner terakhir yang menjadi pilihan Pricebook adalah Simple Scan. Aplikasi ini termasuk aplikasi scanner yang mendapatkan rating rata-rata tertinggi dari para penggunanya di Google Play Store yakni mencapai 4,7.

Kemampuannya pun tak perlu diragukan. Sebagai perbandingan jika CamScanner menambahkan fitur OCR bagi pengguna yang telah membayar, Simple Scan mampu menghadirkan fitur serupa pada versinya yang bisa didapatkan secara cuma-cuma.

Keunggulan lain dari Simple Scan ialah kemampuannya menyortir dokumen yang pernahh Anda scan berdasar judul atau tanggal pengambilan dokumen tersebut. Fitur ini walaupun terlihat sederhana tapi nyatanya akan sangat membantu terutama bagi Anda yang butuh melakukan scan dalam jumlah banyak.

Fitur pemrosesan gambarnya pun terbilang paling komplit sebab Anda dapat memilih beragam parameter editing otomatis layaknya alat scanner sungguhan.

Satu-satunya kelemahan dari aplikasi ini hanyalah ukuran aplikasinya yang besar. Simple Scan tercatat sebagai aplikasi scanner yang membutuhkan ruang penyimpanan paling besar hingga mencapai 58 MB.

Akan tetapi besarnya kapasitas yang dibutuhkan ini tentu sangat seIbanding dengan fiturnya yang lengkap dan canggih bukan? Aplikasi scanner gratis ini sudah terinstal lebih dari 10 juta kali.

Itulah beberapa aplikasi scan foto dan dokumen rekomendasi Pricebook. Jadi, bila Anda membutuhkan scan dalam waktu cepat untuk dokumen yang tidak terlalu banyak, maka langsung saja unduh salah satu aplikasi untuk scan foto dan dokumen di atas.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.