Diperbaharui pada Kamis, 27 April 2017 | 09:32

Update Aplikasi Google Maps Mudahkan Mencari Tempat Parkir Kendaraan


Aplikasi Google Maps memudahkan pengguna OS Android maupun iOS mengingat letak parkir kendaraan mereka.

Google terus berupaya untuk mengembangkan berbagai aplikasi miliknya agar kian berguna dalam kehidupan sehari – hari. Kali ini, Google dikabarkan menghadirkan update aplikasi Google Maps terbaru yang kian memudahkan pengguna untuk mengingat dimana letak kendaraan terparkir. Fitur terbaru ini bahkan sudah bisa dirasakan oleh pengguna OS Android maupun iOS.

Nantinya, saat menggunakan aplikasi Google Maps, pengguna OS Android yang telah memarkirkan kendaraannya bisa men-tap bagian titik biru dan tap “Save your Parking”. Lalu aplikasi ini akan menambahkan lokasi parkir kendaraan ke dalam peta. Bila penyimpanan lokasi parkir kendaraan berhasil, akan muncul tanda pada peta yang mengindikasikan kendaraan terparkir di lokasi tersebut.

Tidak hanya itu, pengguna aplikasi Google Maps juga bisa menambahkan banyak detail pada label atau tanda tempat mobil terparkir. Pengguna bisa menambahkan informasi lain yang lebih detail hingga menambahkan pengingat atau gambar agar pengguna bisa mudah menemukan titik parkir kendaraan.

Untuk pengguna aplikasi Google Maps versi iOS, juga harus men-tap titik biru dan memilih bagian “Set as parking location”. Label atau tanda kendaraan terparkir akan muncul dalam peta dan bisa dibagikan ke berbagai teman. Menariknya, untuk versi iOS dalam label akan langsung terpampang gambar dari area parkir yang dimaksud.


Bila kendaraan hilang dan terhubung via USB audio atau Bluetooth dengan perangkat iOS, maka titik parkir kendaraan akan secara otomatis tertambahkan dalam peta ketika pengguna keluar dari kendaraan atau koneksi dengan kendaraan terputus.

Awal 2017 lalu, Google juga sudah menghadirkan update aplikasi Google Maps yang menghadirkan informasi parkir. Dalam update sebelumnya beberapa peta sebuah wilayah mulai menampilkan petunjuk dan saran tempat parkir kendaraan terdekat.

Nantinya dalam peta online yang pengguna lihat, akan muncul ikon P disekitar lokasi tujuan yang hendak didatangi. Untuk mempermudah pengguna, Google bahkan memberikan tanda khusus pada ikon P ini. Misalnya bila ikon P berwarna merah itu mengindikasikan bahwa tempat parkir sudah penuh atau terbatas. Bila ikon P berwarna biru, itu menggambarkan tempat parkir dalam kondisi sedang atau sepi.

Sayangnya, Google belum menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna diarahkan ke tempat parkir yang dimaksud. Alhasil, pengguna tetap harus mencari jalan menuju tempat parkir yang disarankan aplikasi Google Maps. Walaupun demikian, update aplikasi google maps ini sudah cukup membantu dan memberikan gambaran dalam mencari tempat parkir di sekitar area tujuan. Alhasil, pengguna bisa merubah pikiran untuk mengganti tujuan atau memilih parkir kendaraan agak jauh lalu berjalan kaki.

Baca juga artikel :
Update Google Maps Hadirkan Informasi Transportasi Kian Lengkap
Update Google Maps Akan Hadirkan Info Tempat Parkir
Update Google Maps Hadirkan Fitur Suara Hingga Pencarian Pokemon
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts