Diperbaharui pada Jumat, 7 April 2017 | 12:33

Tweeple, Aplikasi Ini Cocok Buat Twitteran di Lokasi Minim Sinyal dan Kuota

Kini Twitteran lebih hemat dengan hadirnya Twitter Lite. Aplikasi yang baru saja diluncurkan ini berguna bagi tweeple (sebutan pengguna Twitter) yang lokasinya minim sinyal dan juga minim kuota.

Twitter Lite diklaim lebih cepat 30 persen dan lebih hemat data hingga 70%. Hal ini berkat adanya fitur data saver baru buatan Twitter. Ini membuat pengguna yang tinggal di wilayah dengan koneksi tidak stabil masih bisa Twitteran dengan lancar. Tidak hanya itu, pengguna yang minim data pun juga masih bisa membuka timeline Twitter melalui browser tanpa takut kehabisan kuota.

Hal menarik yang dihadirkan Twitter Lite ialah hadirnya kemampuan baru untuk mengirim push notifications ke pengguna yang menggunakan web browser desktop. Pengguna bisa melihat notifikasi lebih cepat, meski sedang mengerjakan tugas lain di komputer.

Twitter Lite merupakan buah kerjasama dengan Google yang membenamkan tipe terbaru dari Progressive Web App. Hanya saja kehadiran Twitter Lite terbilang terlambat jika dibandingkan dengan media sosial lainnya.

Sebelumnya, Twitter telah mengubah batasan 140 karakter agar pengguna bisa mengetik tweet lebih panjang. Kini pengguna bisa menghadirkan foto, GIF, video, jajak pendapat atau pengutipan tweet, tidak akan lagi termasuk dalam 140 karakter. Tidak hanya itu, dalam update Twitter terbaru juga hadir fitur uji coba terhadapt otonomi tweet. Nama akun pun tidak akan lagi dihitung dalam 140 karakter.

Dengan hadirnya ubahan batasan 140 karakter ini, percakapan di Twitter menjadi lebih mudah. Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi menyingkat kata untuk memastikan sebuah tweet.

Twitter Lite memang bukan fitur maupun aplikasi baru. Faktanya, ini hanyalah versi ulang dari versi mobile website. Bedanya, Twitter menghadirkan kemampuan baru yang membuatnya mirip dengan aplikasi. Tidak heran, aplikasi ini hanya bisa diakses menggunakan browser.

Baca juga artikel:
Wow, Ada 11,2 Juta Tweet Seputar Pilkada Serentak 2017 di Twitter
Update Twitter Terbaru Ubah Batasan 140 Karakter Tweet
Pengguna Twitter Umum Sudah Bisa Buat Verified Account
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts