Facebook Rilis Fitur Reactions dan Mentions di Facebook Messenger

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 24 Mar 2017 | 11:01

Facebook dilaporkan mulai menghadirkan sejumlah perubahan untuk aplikasi Facebook Messenger di bulan ini. Langkah ini dilakukan Facebook untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dan lebih seru dalam berkirim pesan.

Sebelumnya, Facebook telah melakukan uji coba fitur baru pada beberapa grup Facebook terpilih di Vietnam. Dan kini, Facebook akhirnya resmi merilis fitur baru tersebut yakni fitur Reactions dan Mentions. Fitur baru Facebook Messenger ini diharapkan bisa dinikmati jutaan pengguna Facebook.

Seperti yang diketahui, Fitur Messenger terbaru, Reactions dan Mentions merupakan fitur dengan cara kerja dan fungsi yang berbeda. Kedua fitur ini dihadirkan ditengah semakin banyaknya aplikasi perpesanan baru yang mengusung fitur dan inovasi yang kian beragam. Fitur ini sekaligus mengingatkan pengguna akan tombol reaksi yang dihadirkan Facebook untuk memberikan reaksi atas sebuah postingan.

Lalu bagaimana cara menggunakan kedua fitur Facebook Messenger baru ini?

Fitur Reactions

Seperti yang diungkapkan diatas, fitur Reactions pada Facebook Messenger merupakan hasil pengembangan dari fitur Reactions di layanan Facebook. Tidak heran, kedua fitur ini memiliki fungsi yang sama yakni memungkinkan pengguna aplikasi Facebook Messenger untuk berekspresi menggunakan beberapa pilihan emoji khusus. Namun, perbedaan akan didapati setelah melihat beberapa tampilan emoji reaksi di Facebook Messenger yang berbeda dengan emoji pada Facebook. Salah satu emoji yang berbeda ialah emoji bergambar jempol kebawah dan emoji love yang kini tidak diwakili dengan gambar hati.

Cara menggunakan fitur Reactions dalam Facebook Messenger memang mudah. Untuk bisa memunculkan emoji reaksi, pengguna cukup menekan dan menahan sedikit lama pada salah satu pesan masuk yang ingin kamu tanggapi. Nantinya, akan muncul pilihan beberapa emoji yakni emoji love, smile, wow, sad, angry, yes dan no. Menariknya, pengguna Facebook Messenger tidak hanya bisa memberikan reaksi pada pesan masuk berupa teks saja, tetapi pada pesan gambar, pesan stiker hingga pesan berupa video.

Fitur Mentions

Terkadang dalam obrolan grup, akan sangat sulit untuk mengobrol pada seseorang. Menyadari hal tersebut, Facebook merilis fitur Mentions dalam Facebook Messenger. Fitur ini juga tidak berbeda jauh dengan fungsi Mentions di Facebook. Fitur ini memiliki fungsi untuk menyebut pengguna lain dalam sebuah perbincangan. Dengan fitur ini, pengguna akan lebih mudah untuk mengajak pengguna lainnya yang di mention untuk saling berbalas pesan atau bergabung dalam sebuah grup percakapan.

Nantinya, pengguna yang di mention akan mendapat pemberitahuan khusus. Bila dirasa mengganggu, notifikasi ini pun bisa dinonaktifkan kapan saja. Untuk bisa menggunakan fitur terbaru Facebook Messenger ini, pengguna Facebook Messenger hanya perlu menambahkan simbol “@” di depan nama teman atau pengguna lain yang hendak disebut.

Fitur Reactions dan Mentions pada Facebook Meseenger akan segera dirilis secara global dalam waktu beberapa hari kedepan. Sebelumnya, dalam update Facebook Messenger terdapat fitur video chat baru. Fitur baru ini membuat pengguna kian mudah untuk berkomunikasi. Diharapkan dengan hadirnya fitur baru ini, membuat Facebook Messenger menjadi aplikasi yang kian lengkap.

Satu hal yang menjadi unggulan dalam fitur video chat grup ini ialah aplikasi memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video grup hingga 50 orang. Nantinya untuk 6 orang pertama, Facebook Messenger akan menampilkan video dari 6 orang tersebut secara berdampingan. Namun, setelah peserta lebih dari 6 orang. Messenger hanya akan menampilkan video dari orang yang sedang berbicara.

Untuk menggunakan aplikasi ini sendiri cukup mudah. Kamu cukup membuat grup yang sudah ada atau membuat grup baru. Nantinya kamu akan menemukan icon video pada bagian atas pojok kanan. Tekan icon tersebut untuk memulai video chat. Nantinya setiap orang yang tergabung dalam grup akan mendapat notifikasi bahwa sesi video chat telah dimulai sehingga pengguna lain bisa ikut berpartisipasi.

Baca juga artikel:
Video Facebook Makin Keren Usai Update Facebook Terbaru
Facebook Stories Dirilis, Lagi-Lagi Mirip Fitur Snapchat
Update Facebook Messenger Akan Hadirkan Fitur Video Chat Grup

Artikel Lainnya

Komentar