Diperbaharui pada Kamis, 5 Januari 2023 | 18:10

18+ Game PS4 dengan Kualitas Grafis Terbaik di 2023

game ps4
Meski kini sudah muncul Sony Playstation 5 atau PS5, namun bagi sebagian gamer PlayStation 4 atau PS4 masih menjadi salah satu konsol favorit . Bukan tanpa sebab, karena game PS4 hadir ekslusif dan hanya tersedia untuk konsol ini.

Tidak hanya itu, game-game multiplatform pun sudah disediakan sehingga semakin menambah keasyikan bermain game dengan PS4. Nah, dari ratusan game PS4 yang dirilis, tentunya ada beberapa game yang benar-benar dianggap terbaik karena memiliki kualitas grafis yang mantap.

Lantas, game PS4 terbaik manakah yang paling populer dan paling banyak dimainkan? Berikut Pricebook hadirkan daftarnya.

1. Persona 5


Persona 5 merupakan seri keenam dalam seri Persona, yang merupakan bagian dari waralaba Megami Tensei yang lebih besar. Game yang berlokasi di Tokyo ini memiliki tokoh protagonis yang pindah ke Akademi Shujin fiktif.

Disana ia menjalani masa percobaan karena sebuah kerusuhan yang membuatnya dituduh menjadi pihak yang bersalah. Selama tahun ajaran sekolah, dia dan murid-murid lainnya membangkitkan kekuatan Persona mereka.

Kelompok bertopeng yang dijuluki "Phantom Thieves of Hearts" ini menjelajahi kawasan istana supranatural untuk mencuri keinginan jahat dari hati orang dewasa.

Kelompok ini bertarung dengan musuh supranatural dengan menggunakan manifestasi dari jiwa mereka yang disebut Persona. Persona menggabungkan elemen permainan peran dan eksplorasi ruang bawah tanah serta skenario simulasi sosial.

2. Hellblade : Senua’s Sacrifice


Game ini merupakan game petualangan-aksi yang dihiasi dengan hack dan slash serta teka-teki di dalamnya. Game besutan Ninja Theroy ini pernah meraih The Game Award untuk Best Performance.

Hellblade akan membawa pemain masuk ke dalam dunia seorang karakter wanita yang hidup di peradaban Nordic di masa lalu bernama Senua. Ia adalah seorang prajurit dengan kemampuan pedang luar biasa.

Kemudian memutuskan untuk mengambil kembali apa yang seharusnya menjadi haknya. Cerita game ini terinspirasi dari mitologi Nordlandia dan budaya Celtic.

Di mana Senua tengah berada dalam misi sucinya untuk menantang dan melawan takdir membawanya ke Helheim dengan mengalahkan entitas dunia lain dan menghadapi tantangan mereka, untuk menyelamatkan jiwa kekasihnya yang meninggal dari dewi Hela.

3. Resident Evil 7: Biohazard

Game horror paling populer ini akhirnya kembali lagi dengan jalan cerita yang benar-benar mengejutkan dan tentunya sangat seram. Jenis game zombie shooting ini mengajak pemain menjadi orang pertama yang membawanya langsung ke tengah permainan yang sepanjang jalan cerita penuh dengan zombie yang mengerikan.

Tokoh utama game ini adalah Ethan Winters yang harus bertahan hidup. Di game ini hanya terlihat dua pasang tangan yang bisa digunakan untuk menyerang musuh dengan tangan kosong, senjata melee atau senjata api.

Anda pun kadang terpaksa harus kabur berlari untuk menghindari serangan. Suasana mencekam saat Anda harus menyusuri lorong-lorong gelap dan sepi. Sepanjang permainan Anda juga diajak untuk memecahkan puzzle yang cukup membingungkan.

4. Wolfstein II : The New Colossus


Game PS4 tembak-menembak dari sudut pandang orang pertama besutan Bethesda Game Studios ini merupakan sekuel dari seri Wolfstein : The New Order. Dengan grafis dan gameplay yang sangat bagus dan mengesankan, game ini juga hadir dengan berbagai pilihan fitur terbaiknya.

Cerita disusun dalam chapter di mana pilihan Anda akan mengubah seluruh alur cerita. Game berlatar Perang Dunia ke-2 ini menawarkan berbagai macam senjata yang bisa digunakan.

Game ini akan menceritakan sejarah alternatif pada tahun 1961 di negara Amerika, di mana negara ini merupakan bagian dari pendudukan Nazi setelah mereka memenangkan Perang Dunia ke-2.

Ceritanya mengikuti aktor utama veteran perang William “B.J.” Blazkowicz dan upayanya untuk melawan rezim Nazi di Amerika Serikat.  Game ini menghadirkan sesuatu yang benar-benar mengesankan, brutal, penuh dengan kekerasan, cerita yang sangat kuat dan pastinya game play terbaik, khususnya dari aksi tembak-menembak.

5. Horizon Zero Dawn

Merupakan game ekslusif yang hanya bisa dimainkan di PS4. Tokoh game ini adalah Aloy, seorang perempuan yang memiliki keahlian berburu dan tinggal di masa 'pasca kiamat', yaitu 1.000 tahun di masa depan.

Di masa ini, robot-robot yang disebut Machines menguasai dunia dan manusia kembali hidup dalam sistem tradisional, dalam sistem suku dan berburu untuk terus hidup. Misi utama Aloy adalah mengungkap misteri penyebab kerusakan pada mesin-mesin dan menghentikannya.

Horizon Zero Dawn mengusung konsep third-person RPG sekaligus aksi dalam sistem open-world dengan peta yang luas dan grafis pemandangan yang indah. Aloy akan berlari, melompat, memindai lokasi dengan suatu teknologi.

Memanjat robot raksasa, dan meretas sistem dari robot tersebut untuk diambil alih kendalinya sehingga bisa dikendarai untuk melakukan perjalanan dengan lebih cepat.

6. Assassin’s Creed: Origins


Game petualangan-aksi besutan Ubisoft ini berkisah pada masa Mesir kuno di mana pemain diajak untuk mengetahui asal-usul kisah Assassins. Karakter utama pemain bernama Bayek akan menyusup masuk ke dalam bangunan tinggi untuk membunuh target dengan diam-diam.

Aksi pertarungan akrobatik masih menjadi suguhan utama dan pemain juga dapat memakai elang peliharan untuk mengontrol dan memata-matai wilayah sekitar. Game ini hadir dengan tampilan grafis yang lebih baik, dan juga menawarkan eksplorasi lebih luas dibanding seri sebelumnya.

7. Prey


Game survival horor besutan Arkane Studios ini berlatar masa depan di tahun 2035. Dalam permainan, tokoh protagonis Morgan Yu bekerja pada stasiun luar angkasa perusahaan Talos-1 di mana sebuah program pemerintah rahasia dilakukan guna mempelajari ras alien bernama Typhon.

Untuk bertahan hidup, Yu memanfaatkan kekuatan augmentations yang dinamakan neuromods. Kemampuan ini pada dasarnya bisa untuk upgrade kesehatan, efektivitas peralatan atau keahlian teknis seperti hacking.

Keseruan dapat pemain rasakan dengan memanfaatkan berbagai senjata canggih masa depan untuk bertahan, dan menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi saat melawan sekumpulan alien.

8. Destiny 2


Game ini menceritakan tentang kota terakhir dari manusia yang paling aman telah jatuh karena diinvasi oleh pasukan Red Legion yang dipimpin oleh Ghaul. Mereka melucuti semua Guardian yang menjaga kota, sehingga memaksa seluruh warga yang selamat untuk melarikan diri.

Seluruh manusia dan ras lain yang selamat akhirnya membentuk pasukan dan berusaha untuk menyerang balik pasukan Red Legion yang penuh dengan pasukan robot raksasa. Banyak hal baru yang dihadirkan di Destiny 2 ini, mulai dari senjata, armor, kendaraan dan berbagai kekuatan baru.

Sebagai game online yang menyediakan unsur RPG, game bergenre first-person shooter ini menghadirkan 3 pilihan kelas karakter yakni Hunter, Warlock, dan Titan. Ketiga kelas ini menggunakan senjata jarak jauh futuristik. Perbedaan ditonjolkan pada kemampuan khusus dan penggunaan jenis senjata yang lebih spesifik. 

9. World War Z


Diadaptasi dari film berjudul sama, game ini juga akan mengisahkan perjuangan seorang anggota FBI yang berusaha menghentikan wabah zombi yang menyerang dunia.

Game ini akan menjadi sebuah game four player co-op alias pemain harus bekerja sama dengan 3 orang lain dan akan fokus pada cerita survivor yang terletak di berbagai kota ternama seperti New York, Moscow dan juga Yerusalem.

Pemain bisa menggunakan perangkap hingga memanfaatkan lingkungan sekitar untuk melindungi diri dari serangan para zombi. Tingkah laku para zombi dibuat semirip mungkin dengan film adaptasinya, bahkan ada beberapa scene dalam game yang memang diambil dari scene film dan diadaptasi menjadi grafis game.

10. Monster Hunter : World


Salah satu game dari Capcom yang banyak ditunggu gamer di seluruh dunia. Game ini masih bercerita tentang perburuan monster. Game ini akan menghadirkan kualitas grafis yang memukau dan mendapat update drastis dari game sebelumnya.

Game Monster Hunter : World akan mengenalkan pengalaman gameplay yang mulus sehingga memungkinkan pemainnya untuk bergerak bebas melintas area peta yang terdiri dari ekosistem yang hidup dan sistem multiplayer drop-in online yang dirancang baru hingga tiga pemain di seluruh wilayah.

Monster akan memiliki kepribadian yang berbeda, dan bisa dimanfaatkan. AI-nya sudah ditingkatkan yang membuat mereka jadi lebih pintar dan monster kini terasa lebih “seperti makhluk hidup.”

11. Shadow of the Colossus


Game Shadow of Colossus merupakan salah satu game yang paling terkenal sejak dirilis untuk PS2 pada tahun 2002. Kemudian di tahun 2011 game ini kembali dirilis untuk PS3 dan kini versi remake untuk PS4 dijadwalkan akan bisa mulai dibeli pada 6 Februari 2018 untuk wilayah Asia Tenggara.

Untuk versi baru ini akan dihadirkan tekstur beresolusi tinggi dan efek grafis yang lebih baik meskipun dengan mekanisme gameplay dan konten masih sama seperti pendahulunya. Ada beberapa kontrol yang sedikit berbeda serta ada beberapa fitur modern yang diimplementasikan.

Dalam game ini pemain harus mengalahkan Colossus, yakni sosok monster raksasa yang bisa kalah jika diserang pada titik kelemahannya. Tantangan utama dari game ini adalah bagaimana cara menghadapi monster raksasa dan memanjat badannya untuk menemukan titik kelemahannya.

12. Ghost of Tsushima


Game besutan developer Sucker Punch ini khusus dibuat untuk PS4. Game open-world ini menceritakan seorang Samurai sebagai karakter utama. Pemain akan bertempur melawan Kekaisaran Mongolia di era tahun 1274 yang berhasil menginvasi pulau Tshushima.

Sebagai salah satu samurai terakhir, pemain harus berperang dan melawan balik. Tidak hanya bertarung secara terbuka, pemain juga didorong untuk bergerilya dengan menggunakan stealth. Dalam video trailer game ini menunjukkan tampilan grafis permainan yang mengesankan, sehingga objek 3D tampak serupa dengan dunia nyata.

Karakter jagoan tampak dipersenjatai dengan pedang, mampu melawan musuh berkuda dan terjun dari atas untuk menghabisi lawan.

13. Concrete Genie


Game besutan Pixelopus yakni tim developer yang merupakan bagian dari Sony ini memiliki gameplay yang unik dan spesial. Pemain akan menjadi seorang bocah bernama Ash yang tinggal di kota bernama Denska.

Ash merupakan anak yang sering dibully oleh teman-temannya. Karena hal itulah dia kemudian melampiaskannya dengan melukis berbagai objek di tembok-tembok di jalanan. Yang membuat kaget, ternyata lukisan yang dibuat tersebut bisa berubah menjadi nyata berkat kuas ajaib miliknya.

Ash kemudian berusaha untuk mengembalikan kotanya menjadi lebih hidup seperti dahulu dengan cara mewarnai tembok-tembok. Game ini semakin menarik karena tampilan grafisnya yang menawan dan sangat berwarna-warni. Nuansa kota juga dihiasi dengan warna-warna beraneka ragam yang membuatnya terlihat indah.

14. Beyond Good And Evil 2


Game buatan Ubisoft ini merupakan sekuel dari game sebelumnya yang pernah dirilis 17 tahun silam. Game ini merupakan aksi petualangan yang mengandung puzzle dan juga stealth dalam gameplay-nya.

Dalam video trailernya, game ini memperlihatkan proses pengembangan animasi yang terdiri dari kru kapal luar angkasa dan karakter yang akan bisa dimainkan di dalam game ini.

Untuk seri baru ini, pemain akan berperan sebagai seorang bajak laut luar angkasa dimana dalam game ini terdapat beragam karakter yang bisa dimainkan. Game ini akan dilengkapi berbagai jenis pesawat dengan model yang berbeda-beda.

15. The Last of Us II


Salah satu game ekslusif untuk PS4 yang banyak ditunggu para gamer ini akhirnya akan rilis tahun ini. Sekuel dari game pertama yang dirilis tahun 2013 ini masuk dalam kategori dewasa karena mengandung banyak kekerasan yang super brutal yang tentunya cukup mengganggu bagi sebagian orang.

The Last of Us II ini merupakan game aksi-petualangan dan survival horor dengan tipe single player. Dari trailer pertama yang diumumkan, game ini mengungkapkan kembalinya Ellie dan Joel, dimana pemain akan mengambil kendali dari Ellie.

Namun ada tiga karakter baru yang hadir di sini dimana ketiganya diklaim akan memiliki peran penting bahkan ada spekulasi yang menyebutkan sebagai flashback aksi ibu Ellie di masa lalu.

16. The Inpatient


Game PS4 horor dengan balutan psikologis buatan Supermasive Games ini menggunakan latar belakang rumah sakit Blackwood dan mengambil setting waktu 60 tahun sebelum game Until Dawn dimulai.

Game ini mengajak pemain untuk berperan sebagai seorang pasien yang mengalami amnesia dan kemudian mengungkap berbagai misteri rumah sakit Blackwood serta menjelaskan berbagai halusinasi yang datang.

Di game ini pemain diajak untuk merasakan horor yang sebenarnya dengan berperan langsung sebagai pelaku utama melalui teknologi virtual reality. Game ini juga akan memiliki beberapa jalur ending dimana pemain diminta untuk membuat keputusan yang akan berpengaruh langsung pada alur cerita game.

17. God of War


Kratos kembali hadir di game God of War terbaru yang akan rilis di Q1 2018 ini yang juga disebut sebagai God of War 4. Kali ini petualangan Kratos tidak sendiri dan akan ditemani anaknya, Atreus. Ayah dan anak tersebut akan beraksi dan saling bahu membahu dalam menghabisi musuh.

Di sini Kratos akan beraksi dengan menggunakan kapak, sementara Atreus menggunakan panah kecil. Oleh Kratos kapak tersebut disulap dengan sesuatu seperti sihir, sehingga mampu menebas musuh dengan sekali hempas.

Game God of War ini juga akan menjadi ajang pertempuran Kratos yang paling brutal dalam menghabisi dewa-dewa Yunani yang akan diruntuhkannya karena telah merusak hidupnya.

Di sini Kratos akan melawan dewa seperti Poseidon, Hades, bahkan Zeus. Di sepanjang perjalanannya itulah Kratos akan membantai musuh-musuhnya dengan sadis.

18. Kingdom of Hearts III


Game yang juga menjadi bagian terakhir dan seri Dark Seeker Saga ini masih menceritakan petualangan Sora dan teman-teman Disneynya dan masih mengusung genre action-RPG. Di game terbaru ini Sora, Donald dan Goofy terbangun di kamar Andy.

Tak lama kemudian mereka harus menghadapi beberapa musuh utusan Heartless. Setelah itu Sora dan Goofy berdiskusi mengenai teman-teman Woody yang hilang setelah kepergian Andy yang ternyata diculik oleh Organization XIII.

Mereka kemudian bersatu untuk menyelamatkan teman-teman Woody. Di game Kingdom Hearts III ini tampilan tiap karakter makin dipertajam detailnya dan juga jalan cerita yang baru serta tentunya Keyblades terbaru.

Game PS4 Lainnya

Judul Game Genre
Metal Gear Survive Action
Owlboy Platformer
System Shock Remastered Action role playing
Vampyr RPG
Far Cry 5 Shooter
Code Vain Action role playing
Ni No Kuni 2: Revenant Kingdom RPG
Yakuza 6: The Song Of Life Action
Persona 3: Dancing Moon Night Rythim
Ace Combat 7: Skies Unknown Combat Flight Simulator
Indivisible Action role playing
Dissidia: Final Fantasy NT Action role playing
Days Gone Action-adventure, survival horror
Shenmue 3 Action-adventure, role-playing, life simulation
Detroit: Become Human Action-adventure
Anthem Action role-playing, shooter
Darksiders Action-adventure
Jurassic World Evolution Business Simulation
The Crew 2 Racing
Red Dead Redemption 2 Action-adventure
Dragon Quest XI: Echoes Of An Elusive Age Role Playing
A Way Out Action-adventure
Spider-Man Action-adventure
Dynasty Warriors 9 Hack and Slash
Skull & Bones Action
Metro Exodus First Person Shooter
Bloodstained: Ritual Of The Night Action-adventure
Left Alive Shooter
Death Stranding Action

 Manakah game PS4 favorit kamu?

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2423 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.