Diperbaharui pada Rabu, 15 Maret 2017 | 17:10

Update BBM Kini Lebih Segar dan Kaya Fitur

Aplikasi perpesanan instant masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna perangkat mobile. Tidak heran, banyak pengembang terus melakukan update agar aplikasinya diminati banyak pengguna. Salah satu aplikasi perpesanan yang masih memiliki banyak pengguna ialah aplikasi BlackBerry Messenger (BBM).

Meski BlackBerry sudah tidak lagi populer, ternyata aplikasi BBM masih banyak digunakan. Bahkan pengembang terus menghadirkan update BBM agar aplikasi ini kian nyaman digunakan.

Dalam update BBM terbaru, perubahan akan terasa pada pengguna BBM untuk versi iOS. Dalam update ini, terdapat chatbot API baru, analitik untuk partner, pelaporan spam hingga fitur baru lainnya. Lalu apa saja yang dihadirkan dalam update terbaru BBM kali ini? Berikut ulasannya.

Tampilan yang lebih segar

Update BBM terbaru membawa perubahan tampilan yang lebih baru dan lebih segar. Untuk versi iOS misalnya, pengembang mengubah ikon chatting, kontak, feed dan menu navigasi. Selanjutnya, BBM Channel dipindahkan dari menu navigasi utama ke BBM discover. Tidak hanya itu, pengaturan PIN, Profile dan Informasi lain dipindahkan ke menu baru ‘Me’. Pengguna juga bisa melakukan mute conversation dengan menggeser layar ke kiri pada daftar chat pengguna. Sedangkan permintaan teman akan muncul pada tab kontak.

Pembaharuan tampilan BBM juga akan hadir pada bagian notifikasi obrolan grup yang kini menunjukan nama grup dan nama anggota grup yang mengirim pesan. Pengguna BBM iOS maupun Android juga bisa melihat tampilan baru dalam format daftar bukan lagi grid.

Untuk update BBM terbaru di Android, pengguna bisa mengganti foto profil dengan mudah. Menariknya, pengguna lainnya bisa melihat gambar profile dengan lebih utuh melalui feed.

Chatbot API

“Kami senang dapat mengatakan bahwa versi ini memasukkan chatbot application programming interface (API) yang sangat dinanti-nantikan. Kami akan memberikan pemilik BBM channel kesempatan untuk membawa interactive software chatbot mereka sendiri ke dalam BBM agar dapat bercakap-cakap dengan pelanggan,” ujar Matthew.

Kemampuan baru ini dibangun pada fitur channel chat. Sebelumnya, pengguna dapat mengobrol dengan pemilik tapi hanya melalui telepon. Sekarang, program pengganti manusia atau chatbot menjawab pertanyaan dalam chat. Ini merupakan inisiatif pertama dari serangkaian inisiatif API yang direncanakan untuk ditambahkan lebih lanjut segera.

“Kami yakin bahwa chatbot akan menjadi cerita besar pada 2017. Jika Anda merupakan salah satu pemilik channel, sekarang waktunya untuk mengikuti tren teknologi menyenangkan ini,” ujar Matthew.

Analitik untuk Para Mitra

BBM mengintegrasi metode pengukuran (metriks) yang telah ditingkatkan melalui Google Analytics. Hal ini memungkinkan para pengguna dan mitra BBM dapat memperluas pengukuran engagement. Para mitra dapat dengan mudah melacak dan melihat traffic mereka, termasuk jumlah unique users, returning users, berapa lama orang menggunakan aplikasi mereka, dan lain sebagainya.

Pelaporan Spam

Sekarang pengguna bisa melaporkan permintaan pertemanan yang tidak diinginkan sebagai “spam” di BBM. “Kami menerima laporan dari beberapa pengguna bahwa mereka mendapatkan permintaan pertemanan yang tidak diinginkan di aplikasi BBM mereka. Sekarang ada cara mudah untuk melaporkan hal tersebut,” ungkap Mathew.

Menambahkan Nomor Telepon

Pada Juli lalu, BBM menambahkan fitur registrasi nomor telepon yang memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan akun BBM baru hanya dengan menggunakan nomor telepon sebagai ganti alamat e-mail sebagai kontak utamanya. Sekarang BBM sudah mengembangkan hal itu sehingga pengguna yang sudah memiliki aplikasi BBM yang awalnya mengatur akun BBM nya dengan alamat e-mail, sekarang dapat menambahkan nomor telepon ke profil mereka.

Menambahkan nomor telepon berarti meningkatkan keamanan dan mempercepat proses untuk membuat ulang password yang dilupakan. Hal ini juga membuat pengguna lebih mudah untuk mencari teman. Jika pengguna menambahkan nomor telepon ke profil, mereka akan tetap bisa masuk menggunakan e-mail atau nomor telepon sendiri.

“Semua fitur baru ini melengkapi banyak fitur lain yang sudah kami luncurkan dalam beberapa tahun belakangan ini dalam upaya kami untuk membuat BBM menjadi pusat kehidupan digital pengguna. Dan kami punya lebih banyak lagi yang masih dalam proses pengerjaan,” tutup Matthew.

Baca juga artikel:
Tips BBM Android Biar Chatting Kian Seru
Fitur Video Call BBM Sudah Bisa Digunakan di Indonesia
Sejarah dan Kumpulan Tips dari A-Z Gunakan BlackBerry Messenger (BBM)
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2423 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.