Diperbaharui pada Sabtu, 27 Januari 2018 | 11:55

Game Sepak Bola Terbaik 2018, Sangat Ampuh untuk Usir Bosan

Sepakbola merupakan olahraga dengan jumlah penggemar paling banyak di dunia. Baik orang tua atau masih muda, pria atau wanita, semuanya menggandrungi olahraga ini. Selain hanya menonton pertandingannya, para penggemar juga sangat hobi memainkan game sepakbola.

Salah satu platform tempat orang-orang memainkan game sepakbola adalah perangkat Android dan iOS. Di kedua jenis perangkat mobile ini, game-game sepakbola sangat banyak didownload. Ada banyak game sepakbola yang tersedia di sana, tapi ada beberapa yang sangat layak dipilih.

Alasannya karena gameplay dan grafis yang ditawarkan sangat memuaskan kamu pecinta sepakbola.

Game Sepakbola Terbaik 2018

Nah, bagi kamu yang ingin tahu game-game sepakbola terbaik tahun 2018 ini. Berikut ini adalah rekomendasi kami.

1. FIFA Soccer

fifa soccer
via ytimg.com

Salah satu game sepakbola paling legendaris. Game dari EA Sports (Electronics Arts) ini sudah dirilis sejak tahun 1993 dan dimainkan di banyak platform. Platform Android dan iOS pun menambah jumlah penggemar dari game ini. Di Google Play saja, game ini sudah diinstal di kisaran 100 juta hingga 500 juta kali. 

Pemasangan paling mutakhir dari permainan franschise sepakbola paling populer dan sukses ini sudah memasuki FIFA 18 dengan lebih banyak piranti Android yang bisa dimainkan. Di seri terakhir ini cover pemain yang dihadirkan adalah CR7 atau Cristiano Ronaldo.  

Di sini Anda bisa menikmati permainan sebelas lawan sebelas dengan tim favorit Anda dan menggunakan sebuah sistem kontrol yang telah diadaptasikan secara sempurna dengan layar sentuh. Anda bisa mengoper bola, menembak, mencegat atau juga mendribell bola dengan cara intuitif.

Seperti game lain, di sini Anda juga bisa membangun tim pada Ultimate Team. Dengan sistem chart FIFA yang terkenal, Anda bisa mengelola tim impian Anda dengan mengubah, menjual dan membeli pemain. Anda juga bisa memilih gaya permainan, membangun semangat tim, mendesain program pelatihan, bahkan mengganti detail seperti peralatan dan badge. 

Di FIFA 18 ini Anda bisa membuat tim dari 11 pemain dari lebih 550 tim nyata yang disediakan termasuk bintang-bintang dari masa lalu dan masa sekarang, serta kemudian melatih mereka dengan lebih dari 100 OVR.


2. Dream Leauge Soccer 2018

dream league soccer 2018
via muthead.com

Game sepakbola gratis terbaik pertama yang banyak dimainkan pengguna piranti mobile, baik di Android maupun iOS. Di Google Play, game ini sudah diunduh lebih dari 100 juta kali dan mendapat banyak review positif. Tampilan grafis game ini cukup bagus serta banyak tim dan pemain populer yang dihadirkan.

Game besutan First Touch Games yang dirilis tahun 2016 ini sebelumnya populer dengan nama Dream League Soccer 2017. Namun di akhir tahun 2017 game ini mendapat update dengan nama baru Dream League Soccer 2018.

Game ini sendiri mengharuskan pemain untuk membawa timnya menuju kemenangan, dimulai dari  posisi bawah pada liga fiktif yang mengumpulkan tim-tim dari seluruh Eropa. Di game offline ini awalnya pemain harus menentukan nama tim, merancang peralatan dan memilih kapten.

Barulah kemudian pemain bisa mulai bermain di liga melawan berbagai tim dengan kemampuan biasa-biasa saja. Tentu saja misinya, kamu dan tim harus memenangkan pertandingan untuk menjadi jawara. 

Di game ini Anda bisa mengelola berbagai aspek, seperti memperbaiki stadion, mencoba strategi baru, mengontrak pemain hingga meninjau statistik jajaran pemain yang nantinya bisa memengaruhi jalannya pertandingan.


3. Score! Hero

score! hero
via gamescatalyst.com

Menyusul Dream League Soccer 2018, Score! Hero juga dinobatkan sebagai game sepakbola offline terbaik berikutnya. Game ini dikembangkan developer yang sama, yakni First Touch Games yang juga dihadirkan untuk platform Android dan iOS.  

Berbeda dengan Dream Leauge Soccer, di Score! Hero kamu hanya harus mengendalikan satu pemain saja dan bukan satu tim. Dan kamu juga tidak perlu memainkan keseluruhan pertandingan namun hanya perlu berpartisipasi dalam sejumlah permainan kunci atau momen-momen penting di setiap laga baik dengan mencetak gol maupun membantunya saja.

Game ini lebih banyak memberi hiburan bagi kamu dan tidak terlalu membuat tegang. Saat ini game ini sudah mencapai 560 level dan masih akan terus ditambah. Yang membuat game ini menarik, selain grafis 3D yang bagus juga karena game diatur dalam rangkaian level yang nanti terpecah menjadi beberapa musim.

Di setiap level kamu bisa memperoleh 1 – 3 bintang dan dalam beberapa level kamu harus mencetak gol di sudut gawang untuk mendapat 3 bintang. Sementara di level lain, kamu mungkin harus mencetak gol dari jarak 20 meter.

Di sini kamu bisa memenangkan penghargaan, memenangkan trofi, mencetak gol, mengganti klub, dan mewakili negara untuk meraih kemenangan.   


4. Flick Shoot 2

flick shoot 2
via apptoko.com

Game soccer ini memang menarik apalagi bagi kamu yang suka dengan pertandingan dengan adu penalti. Menjadi sekuel dari game Flickr Shoot (Soccer Football), game yang dikembangkan oleh MobileCraft ini menghadirkan gameplay yang menarik dan santai serta tampilan grafis 3D yang keren.

Game yang cukup adiktif ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali. Di sini kamu diajak untuk menguji ketepatan tendangan, mengarahkan bola ke gawang untuk mencetak angka. Cara bermainnya juga sangat mudah, cukup melakukan swipe layar ke arah gawang dan secara otomatis bola akan bergerak ke arah yang dituju.

Ada berbagai teknik menendang yang bisa dipelajari di menu tutorial termasuk teknik mengubah arah bola untuk mengecoh keeper. Game ini menyediakan mode single player dan multi player di mana untuk single player dapat dimainkan secara offline dan multi player secara online.

Ada juga mode 6 single player yang meliputi challenge, arcade, not miss, dribbling dan practice. Anda bisa mengustomisasi pemain, mulai dari wajah, jersey, bola dan sepatu dimana masing-masing item memiliki statistik yang berbeda misal dari kekuatan, ketepatan hingga kecepatan laju bola.


5. Head Soccer

head soccer
via app4smart.com

Head Soccer merupakan salah satu game soccer paling populer di Android. Game besutan D & D Dream ini sudah diunduh di kisaran 10 juta – 50 juta kali. Sesuai namanya, Head Soccer merupakan permainan bola di mana kamu akan bermain sebagai salah satu pemain bola yang harus beradu dengan lawan.

Di mana kedua kepala harus bekerja keras untuk mencetak lebih banyak gol dibanding musuhnya. Ada 7 jenis mode yang bisa dimainkan di sini yakni arkade, turnamen, survival, liga, piala head, death mode, dan fight mode.

Ada 3 tombol untuk pemain di sini, yakni satu melompat, meloncat dan menyundul, satu lagi untuk tembakan di mana untuk menendang bola kamu bisa melakukannya dengan menendang lawan, serta tombol terakhir untuk menghasilkan tendangan super.

Ada berbagai tendangan istimewa yang disediakan, seperti tendangan elang, tendangan hantu, tendangan peluru, dan sebagainya. Selain bisa bermain bersih, di Head Soccer ada juga permainan kotor atau curang yang bisa dilakukan agar bisa memenangkan permainan.

Kamu bisa memukul, menendang juga menyundul bokong lawan sebanyak yang kamu suka. Tak hanya membuat gol dengan menyundul bola, kamu juga bisa menendang kepala lawan jika memang dibutuhkan.


6. Real Football

real football 2018
via playstore

Dibesut oleh developer ternama, Gameloft, Real Football menjanjikan permainan simulasi yang menarik dan adiktif. Game yang sudah hadir sejak tahun 2004 ini merupakan game multiplatform yang bisa dimainkan di mobile, iOS, MacOS, Nintendo DS, JavaME, dan Android.

Permainan ini sangat menghibur dan menjanjikan permainan layaknya nyata karena kamu bisa bersenang-senang bermain di lapangan. Permainan game ini sangat realistis dan menantang di mana dengan ukuran hanya 20 MB, walau sangat ringan namun dengan tampilan grafis yang ciamik.

Di sini kamu bisa menyesuaikan kekuatan operan dan tembakan bola, lari, dan operan dalam, juga bisa mengganti pemain secara manual kapan saja. Kamu bisa membuat tim impian dan membawanya menjadi juara dunia.

Dimungkinkan juga untuk mengembangkan fasilitas tim, merekrut pemain bintang melalui lotre, meningkatkan kemampuan mereka, melatih tim dan menantang diri sendiri di PvP dunia. Disediakan berbagai pandangan kamera saat cut scene dan pengambilan bola mati untuk sajian yang lebih kaya dan sensasi sudut pandang orang pertama.


7. Soccer Stars

soccer stars

Permainan game sepakbola unik karena menjadi versi baru dari permainan game sepakbola tutup botol klasik. Di sini kamu akan melawan pemain lain dari seluruh dunia dalam sebuah permainan dua gol. Game ini sendiri hadir di Android dan iOS.

Cara main game besutan Miniclip ini juga sangat sederhana, mirip dengan game tutup botol yang sudah lama dikenal. Misi utama tentu saja untuk mencetak gol. Kamu memerlukan waktu 30 detik untuk melakukan gerakan dan hanya bisa menggerakkan salah satu tutup botol ketika tiba giliran bermain.

Sekali kamu melakukan gerakan, maka itulah waktu bagi lawan untuk bergerak. Kamu bisa melakukan sinkronisasi game dengan akun Google Plus atau Facebook, atau kamy  bisa memilih untuk bermain sebagai tamu.

Setelah login kamu bisa bermain bersama teman-teman secara online. Jika pun tidak memiliki teman maka game ini akan memberikan lawan secara acak. Meskipun simpel, namun game ini sangat adiktif dan grafisnya juga bagus sehingga kamu dijamin betah memainkan game ini lama-lama.


8. Soccer Star 2018 Top Leagues

soccer star 2018 top league

Memasuki tahun 2018, game ini mendapat update dan berganti nama menjadi Soccer Star 2018 Top Leagues. Game populer yang sangat sempurna bagi kamu para penggemar sepak bola. Di Google Play sendiri game ini sudah diinstal di kisaran 5 hingga 10 juta kali.

Dengan tampilan grafis yang sangat bagus, game yang dikembangkan oleh Genera Games ini memang sangat menghibur karena di sini banyak dihadirkan liga, tim, dan pemain yang nyata. Di sini kamu harus mencapai tujuan untuk memenangkan piala dunia dan menjadi pahlawan skor untuk klub dan tentunya menjadi legenda sepak bola di musim ini.

Di sini kamu bisa memulai karir sepak bola dari bawah, masuk dengan klub divisi dua dan mulai perjalanan menuju kemenangan. Kemudian kamu bisa bersaing dengan tim sepakbola terbaik dan melawan pemain sepakbola terkenal seperti Ronaldo dan Messi.

Tentunya kamu bisa berlatih untuk memperbaiki teknik, tembakan, dan ketepatan dalam menembak bola. Ada banyak liga terkenal dihadirkan di sini dan kamu bisa mengubah klub setiap musim untuk bisa merasakan emosi bermain di liga lainnya.

Misalnya bermain keras di Liga Primer Inggris, bersenang-senang dengan teknik La Liga Spanyol atau merasakan strategi Seri A Italia. Kamu juga bisa menegosiasikan kontrak dengan klub untuk mendapatkan kesepakatan terbaik untuk mencapai kontrak galaksi dan mendapatkan banyak uang.  


9. Ultimate Soccer

ultimate soccer
via mobpark.com

Game sepakbola yang cukup menghibur karena menampilkan pengalaman yang realistis, imersif, dan adiktif. Seperti game sepakbola pada umumnya, di game besutan Mouse Games ini kamubisa membangun tim terbaik di seluruh planet dan membawanya untuk memenangkan Liga Champions atau Piala Dunia dari FIFA.

Dengan kontrol yang sederhana, animasi yang halus dan aksi-aksi fantastis, kamu bisa bermain dengan puas di sini. Kamu bisa mengontrol setiap aspek dari tim melalui sistem manajemen, seperti melakukan pertukaran pemain di pasar transfer, mengajari pemain untuk meningkatkan kemampuan dan membawanya ke kemenangan. 

Game ini menghadirkan fitur lebih dari 1000 pemain, grafis 3D dan sound effect berkualitas tinggi, mode Karir, Piala Dunia dan Persahabatan. Di sini pemain juga akan diberikan petunjuk untuk setiap menu yang dibuka untuk pertama kalinya. Kamu akan dipandu bagaimana mengatur tim, formasi dan sebagainya pada mode Karir.


10. New Star Soccer

new star soccer
via newstargame.com

Game sepakbola yang juga cukup populer dimainkan pengguna piranti mobile di seluruh dunia. Dikembangkan oleh New Star Games, di game ini kamu akan menjadi salah satu pemain yang harus meniti karir sebagai pemain sepakbola terkenal dimulai dari liga terendah.

Kamu harus bertarung dan bertanding, menunjukkan kemampuan untuk meraih kemenangan-kemenangan dan mengantarkan diri ke puncak tertinggi. Sepanjang pertandingan, akan muncul teks yang memungkinkan kamu untuk mengetahui apa yang akan terjadi dan kamu harus memutuskan apa yang harus dilakukan si pemain, apakah harus menangkap bola, menendang atau juga mencuri bola dari lawan.

Kamu harus memilih dengan tepat karena ini akan meningkatkan hubungan dengan penggemar, rekan satu tim dan uga pelatih, dan juga tentunya akan menentukan kemenangan tim. Jika sedang tidak bermain kamu bisa melakukan beberapa hal lain seperti bernegosiasi dengan sponsor sehingga bisa mendapat bayaran yang lebih banyak untuk tiap pertandingan, membeli bermacam-macam barang untuk mendukung gaya hidup atau juga bermain di kasino dengan harapan bisa lebih cepat mendapat uang dan menjadi cepat kaya.

Ayo Mainkan Gamenya!

Sebenarnya, masih ada beberapa game sepak bola lainnya di Google Android dan iOS. Sayangnya game yang ditawarkan tampak kurang berkualitas dan kurang seru untuk dimainkan dengan teman-temanmu. Untuk itu, kami pilihkan yang sekiranya menarik dan seru bahkan bisa dimainkan secara multiplayer. Jadi, ayo mainkan gamenya!

Baca juga artikel:

12 Game Barbie Terbaik 2017 dan 2018 yang Bisa Kamu Mainkan

Kumpulan Game Offline Terbaik 2017 dan 2018

10 Game Petualangan Terbaik untuk Android di Tahun 2018

Like us!
Rira

Contributor

11 Posts