Begini Cara Memainkan Game Super Mario Run yang Akan Rilis Maret 2017

Oleh Nur Abdillah updated Rabu, 25 Jan 2017 | 10:00

Super Mario Run merupakan sebuah game yang dikembangkan oleh Nintendo untuk perangkat iOS dan Android. Pertama kali dirilis untuk perangkat berbasis iOS pada bulan Desember 2016 dan telah diunduh lebih dari 50 juta kali pada minggu pertama rilis. 

Sayangnya pengguna perangkat berbasis OS Android harus menunggu lebih lama, setidaknya hingga bulan Maret 2017 mendatang. Hal ini berdasar pada ciutan Nintendo di media sosial Twitter yang mengatakan akan merilis game Super Mario Run untuk Android di bulan Maret.

Game ini menjadi salah satu game pertama Nintendo yang dikembangkan untuk perangkat di luar produk Nintendo. Super Mario Run merupakan game dengan platform side-scrolling, auto-runner selama permainan. Dimana pemain harus mengontrol karakter Mario berlari dari kiri atau ke kanan serta melompat untuk menghindari hambatan.

Ketika berhadapan dengan hambatan yang lebih besar, pemain harus mengetuk layar sentuh perangkat agar Mario dapat melompat lebih tinggi. Secara teknis, semakin lama pemain menyentuh layar maka akan semakin tinggi lompatan Mario.

Tidak berbeda dengan game side-scrolling Super Mario lainnya, pemain harus melakukan gerakan diantara hambatan, melawan musuh, dan mengumpukan koin. Untuk menyelesaikan permainan Super Mario Run, pemain harus mampu melewati segala macam hambatan dan membawa Mario selamat sampai akhir level dengan menghitung waktu secepat mungkin.

Selama permainan, pemain harus memulai dengan mengumpulkan semua koin biasa dan menemukan koin khusus di setiap levelnya. Yang pertama adalah pemain harus menemukan lima koin merah muda, mengumpulkannya untuk membuka kunci lima koin ungu. Lalu pemain kembali harus mendapatkan dan mengumpulkan koin ungu untuk membuka kunci lima koin hitam. Dan setiap tantangan akan selalu ada di setiap level.

Tidak hanya itu saja, Nintendo juga menyiapkan beberapa mode permainan lain. Ada mode permainan "Toad Rally" di mana pemain dapat menantang versi "hantu" pemain lain untuk melewati level. Hanya saja, untuk dapat memainkan mode Toad Rally, pemain harus memiliki sebuah akses bernama Rally Ticket. Untuk mendapatkan Rally Ticket ini pemain harus bisa menyelesaikan level-level di mode permainan utama atau melalui beberapa tantangan dalam permainan. Bagi yang tidak ingin repot bisa membeli koin My Nintendo.

Jika permainan berjalan lancar, pemain akan mendapatkan koin khusus. Dimana koin ini dapat digunakan membeli beberapa item untuk membuat serta mengkustom “Mushroom Kingdom” milik pemain, hampir serupa dengan game Farmville. Untuk menjaga kerjaan jamur miliki sendiri juga cukup rumit. Karena pemain bisa memperoleh atau kehilangan Toad yang mengisi kerajaan jamur.

Sementara itu, dalam mode permainan ini telah disediakan pula beberapa karakter lain yang dapat dimainkan selain Mario. Karakter-karakter tersebut mencakup Luigi, Princess Peach, Toad, Toadette dan Yoshi. Masing-masing karakter ini memiliki atribut gameplay yang sedikit berbeda. Untuk menggunakan karakter lain tersebut, pemain tidak harus menyelesaikan setiap level permainan, namun memberikan alat untuk menyelesaikan level dengan pendekatan yang berbeda.

Baca juga artikel:
4 Game Mobile Mirip Counter Strike Untuk iOS dan Android
Konsol Game Super Retro Boy Dirilis untuk Pecinta Game Boy Era Modern
Game Angry Birds Blast! Resmi Dirilis di App Store dan Play Store

Artikel Lainnya

Komentar