Mengenal 7 Fitur Baru Aplikasi Google Gboard Yang Canggih

Oleh Aris Wibowo updated Kamis, 12 Jan 2017 | 14:52

Google baru-baru ini memperbaharui aplikasi keyboard dengan nama Google GBoard. Aplikasi ini hadir dengan sejumlah peningkatan fitur dibanding aplikasi Google Keyboard sebelumnya sudah eksis. Aplikasi ini bahkan dinilai lebih lengkap dan mampu memberikan kenyamanan pada pengguna saat mengetik di perangkat layar sentuh.

Aplikasi ini sudah bisa diunduh pada Google Play Store dan iTunes.

Lalu, apa saja fitur baru nan canggih pada aplikasi Gboard?

Terdapat Mesin Pencari Google

Perbedaan utama aplikasi Gboard ini dengan aplikasi sebelumnya ialah hadirnya shortcut ke kolom pencarian Google melalui tombol baru G. kamu bisa melakukan pencarian singkat saat asyik chatting dengan teman, mengirim email atau menulis catatan penting tanpa harus keluar aplikasi dan masuk ke browser. Hal ini tentu akan mempermudah pengoperasian smartphone secara cepat.

Spasi sebagai trackpad

Terkadang kamu salah mengetik dan sulit untuk menempatkan kursor kecil di tempat yang tepat. Hal ini tentu mengganggu dan memperlambat pengguna mengetik. Google menyadari hal tersebut dengan menghadirkan fitur baru pada aplikasi Gboard. Fitur baru tersebut ialah kemampuan mengontrol kursor menggunakan tombol spasi. Kamu cukup geser jari kamu ke kiri atau ke kanan di tombol spasi untuk memindahkan kursor.

Pencarian emoji dan GIF mudah

Emoji menjadi salah satu tanda yang sering digunakan pengguna untuk berekspresi dalam mengetik. Dalam fitur Google Gboard, pengguna tidak perlu sibuk mencari emoji. Pasalnya, Google menyediakan sistem pencarian Emohi dan GIF begitu mudah.

Misalnya, kamu bisa mengetik senang untuk melihat emoji untuk mengekspresikan kebahagian. Atau kamu bisa mengetik sedih untuk melihat emoji kesedihan. Hal yang sama, bisa kamu lakukan kala mencari GIF. Sayangnya, fitur GIF ini hanya bisa bekerja di beberapa aplikasi yang mendukung GIF.

Fitur multi Bahasa

Selain fitur baru nan canggih aplikasi Google Gboard di atas, Google juga menghadirkan fitur multi bahasa untuk preferensi kata. Di aplikasi Google Keyboard sebelumnya, pengguna cuma bisa memilih satu bahasa saja.

Dengan melakukan pengaturan terlebih dahulu, kamu bisa mengetik dalam beberapa bahasa tanpa perlu beralih di antara mereka. Pasalnya, aplikasi Google Gboard akan mendeteksi semua bahasa tersebut secara otomatis dan menawarkan prediksi sesuai bahasa yang ditentukan.

Jadi bila kamu mengetik dalam bahasa Indonesia dan Inggris secara bersamaan, maka setiap kali ada kata Bahasa Inggis saat mengetik Bahasa Indonesia, aplikasi Google Gboard akan memprediksi kata-kata Bahasa Inggris.

Huruf kapital yang mudah digunakan

Fitur baru Google Gboard ini terbilang penting untuk pengguna yang gemar mengetik cepat. Dalam aplikasi Google Gboard, pengguna bisa menggunakan huruf capital atau huruf besar lebih mudah. Cukup gesek tombol shift ke huruf yang ingin dibesarkan sebagai huruf capital.

Tidak hanya itu, aplikasi Google Gboard bisa menempatkan tombol-tombol angka secara permanen di atas keyboard, alhasil mengetik angka pun bisa lebih cepat.

Fitur Glide Typing Cepat

Ini memang bukanlah fitur yang sangat baru dalam aplikasi keyboard. Fitur glide typing cepat pada aplikasi Google Gboard memungkinkan penguna untuk mengetik cepat dengan menggesekkan jari dari satu huruf ke huruf yang lain dengan lebih cepat. Animasi pun lebih halus dan lebih akurat.

One Hand Mode

Untuk kamu pengguna smartphone layar lebar, aplikasi Google Gboard menghadirkan fitur One Hand Mode. Fitur ini memungkikan pengguna mengetik dengan nyaman meski dalam satu tangan.

Baca juga artikel
Ganti Nama Jadi Gboard, Versi Terbaru Google Keyboard Kini Tersedia untuk Android
Swiftmoji, Aplikasi Keyboard Swiftkey dengan Fitur Prediksi Emoji
Apple Smart Keyboard Ubah iPad Pro Jadi Microsoft Surface

Artikel Lainnya

Komentar