Diperbaharui pada Kamis, 15 Desember 2016 | 09:20

Ganti Nama Jadi Gboard, Versi Terbaru Google Keyboard Kini Tersedia untuk Android

Pengguna perangkat berbasis iOS mungkin sudah familiar dengan aplikasi Google bernama Gboard. Bagaimana dengan pengguna Android?

Mungkin aplikasi Google yang satu ini belum banyak dikenal pengguna Android. Pasalnya, Google sendiri merilis aplikasi ini pertama kali untuk platform iOS, bukan untuk perangkat Android yang notabene merupakan salah satu produknya.

Sebagai informasi, Gboard merupakan nama pengganti dari aplikasi Google Keyboard yang sebelumnya sudah eksis. Hadir dengan sejumlah peningkatan fitur, Gboard dinilai lebih lengkap dan mampu memberikan kenyamanan lebih pada pengguna saat mengetik.

Diklaim memiliki cara kerja yang lebih mudah, akhirnya aplikasi yang kehadirannya sempat dikeluhkan oleh pengguna Android soal ketersediaannya kini sudah resmi dirilis. Ya, Google Keyboard versi 6.0 untuk Android namanya kini resmi berubah menjadi Gboard

Saat ini, pembaharuan untuk mengganti aplikasi Google Keyboard menjadi Gboard bisa ditemukan di layanan Google Play Store. Akan tetapi, ketersediaannya masih belum merata, terlebih pengguna Android di Indonesia yang masih belum bisa menemukan update Google Keyboard ke versi 6.0.

Sebagai informasi, aplikasi Gboard untuk Android ini hadir dengan sejumlah kemampuan canggih. Pertama, pengguna bisa mengetik dalam tiga bahasa sekaligus, mirip seperti fitur yang juga digunakan oleh aplikasi keyboard Swiftkey lebih dulu.

Selain itu, fitur lain yang dapat ditemukan pada aplikasi ini adalah Glade yang merupakan perubahan dari fitur Gesture Typing. Tak lupa, perubahan pun terjadi para panel emoji yang kini lebih mudah diakses, kemunculan tombol GIF dan tombol G pada keyboard yang memungkinkan pengguna bisa mencari semua hal dari Google langsung melalui keyboard. Terkait penggunaan tombol GIF, jika fitur ini mati atau tidak bisa ditemukan maka artinya aplikasi yang sedang Anda gunakan tidak mendukung GIF.

Sejauh ini, pengguna Android di Indonesia masih harus bersabar untuk mendapatkan pembaharuan aplikasi Gboard melalui Google Play Store. Namun jika Anda penasaran, Anda bisa download aplikasi tersebut melalui link tautan ini dan memasangnya ke dalam smartphone Android yang digunakan. Selamat mencoba!

Baca juga artikel:
Swiftmoji, Aplikasi Keyboard Swiftkey dengan Fitur Prediksi Emoji
10 Aplikasi Asisten Pribadi Terbaik untuk Android
Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Berbagai Perangkat

 

Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts