Launcher Terbaik Android November 2016

Oleh Aris Wibowo updated Selasa, 08 Nov 2016 | 11:06

Sistem operasi Android memang menjadi salah satu sistem operasi tercantik. Pasalnya, sistem ini cukup memiliki banyak aplikasi dan games, sistem ini juga mudah dikustomisasi sesuai keinginan penggunanya. Inilah yang menjadikan Android memiliki banyak pengguna dibanding iOS maupun Windows phone.

Dengan kemudahan kustomisasi inilah, banyak produsen smartphone yang membuat user interface sendiri. Dengan user interface yang berbeda membuat smartphone Android kian unik dan beragam.

HTC sense dan Samsung Touchwiz sendiri menjadi salah satu User interface yang paling diminati banyak pengguna. Untungnya, untuk kamu yang memilki smartphone Android selain HTC maupun Samsung bisa mengubah interface perangkat dengan mudah. Cara yang paling umum dilakukan ialah menggunakan launcher. Tidak hanya mengubah tampilan, penggunaan launcher juga membawa fitur baru yang mungkin tidak ditemukan dalam user interface bawaan Google.

Jika kamu bingung mencari launcher yang tepat untuk smartphone kamu, Pricebook sajikan beberapa launcher Android terbaik diantara ratusan launcher di Google Play. Berikut rekomendasinya.

1. Nova Launcher

Aplikasi ini menjadi salah satu launcher terbaik di Google Play. Aplikasi ini menawarkan pengaturan yang cukup lengkap. Satu hal yang menjadi keunggulan launcher ini ialah kustomisasi yang simple sehingga memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi pengguna. Secara default, aplikasi ini mengusung tampilan dasar yang mirip tampilan stock dari google. Bedanya, Nova memiliki berbagai tema yang membuat tampilan menu kian cantik dan beragam. Kamu bisa mengganti ikon, layouts hingga animasi sehingga tidak akan membosankan.

Selain itu, launcher ini juga tidak memakan RAM cukup banyak sehingga cocok untuk dipasang di smartphone Android lama. Tidak hanya itu, launcher ini juga bisa dibuka dengan cepat dan halus. Aplikasi Nova Launcher bisa kamu unduh secara gratis di Play store.Terdapat juga versi berbayar Nova Prime Launcher yang memiliki fitur lebih lengkap.

 

2. Apex Launcher

Jika Nova Launcher menghadirkan alternative untuk berbagai launcher Android bawaan Google, maka Apex Launcher bisa menjadi pilihan alternative untuk Nova. Hal ini terbilang wajar mengingat kedua aplikasi ini memiliki spesifikasi yang mirip. Apex hadir sebagai launcher yang mudah dikustomisasi dan kaya fitur. Sayangnya, aplikasi ini butuh setting yang tepat agar launcher bisa maksimal digunakan. Memang ini sedikit merepotkan, namun kalau kamu menemukan setting yang pas, launcher ini akan sangat maksimal.

Dalam aplikasi ini kamu bisa mengubah homescreen, mengganti icon, menghadirkan transisi yang lebih halus hingga mengunci aplikasi tertentu. Aplikasi ini juga menghadirkan advanced theme engine sehingga pengguna bisa mengganti tema launcher dengan mudah. Sayangnya, aplikasi ini sering menerima update sehingga bisa menghabiskan kuota kamu.

3. Google Now Launcher

Kalau kamu malas melakukan kustomisasi atau mengubah berbagai hal, namun tetap ingin mengubah tampilan interface smartphone, kamu bisa mencoba menggunakan Google Now Launcher. Aplikasi ini menjadi launcher yang cukup simpel. Aplikasi ini bahkan tidak datang dengan banyak pilihan dan fitur.

Launcher Android terbaik ini juga mampu memberikan pengalaman seru bagi pengguna yang mencari launcher yang bersih dan minimalis. Aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini juga sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi google lainnya. Aplikasi ini juga memiliki akses cepat untuk berbagai hal. Launcher ini sudah bisa kamu unduh secara gratis untuk perangkat Android 4.1 ke atas.

4. Zen UI Launcher

Kalau kamu penggemar Asus dan ingin merasakan user interface khas Asus, kamu bisa mengunduh launcher Xen UI. Aplikasi ini menawarkan berbagai layout, paket ikon yang beragam hingga tema yang menarik. Selain itu, kamu bisa mengganti wallpaper dan animasi sehingga launcher tidak membosankan. Kamu juga bisa menggunakan jenis font dan ukuran font yang cocok dengan perangkat smartphone kamu. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan fitur quick find untuk menemukan segala sesuatu di smartphone kamu dengan mudah. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk perangkat Android 4.3 ke atas.

5. Arrow Launcher

Microsoft juga memiliki launcher Android terbaik. Launcher ini hadir dengan fitur yang impresif untuk mengoptimalkan perangkat Android. Launcher ini dikemas dengan teknologi penghemat baterai dan memori yang ringan. Aplikasi ini mampu terintegrasi dengan wallpaper bing hingga Microsoft office. Aplikasi ini juga hadir dengan sistem pengingat yang terintegrasi dengan PC dan Web.

Aplikasi ini juga kompatibel dengan semua widget. Aplikasi ini juga bisa menggunakan paket ikon dari pihak ketiga. Kamu bisa mengubah wallpaper dan font sama seperti launcher lainnya. Launcher ini juga memudahkan pengguna pasalnya semua aplikasi akan disusun otomatis berdasarkan kebiasan pengguna. Aplikasi ini bisa digunakan untuk perangkat Android 4.3 ke atas. Dengan fitur hemat daya, tentu launcher ini sangat tepat digunakan di smartphone Android berspesifikasi rendah maupun tinggi.

Baca juga artikel:
15 Game Android Terbaik yang Bisa Dimainkan dengan Gamepad
6 Aplikasi Edit Video Terbaik Android November
5 Game Basketball Terbaik untuk iOS dan Android

Artikel Lainnya

Komentar