Facebook dan Messenger Butuh RAM 2GB Dalam Smartphone Windows 10 Mobile

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 18 Okt 2016 | 13:27

Setelah mendapat berbagai kritikan dan komplain dari pengguna Windows 10 Mobile, kini Facebook menghadirkan update. Dalam update terbaru, Facebook dan Messenger sudah bisa digunakan dengan lancar dan optimal untuk perangkat Windows 10 Mobile. Sayangnya, dengan lebih optimalnya aplikasi membuat pengembang harus meningkatkan spesifikasi minimum agar aplikasi media sosial ini nyaman digunakan.

Dalam update terbaru, kedua aplikasi Facebook dan Messenger untuk Windows 10 Mobile sekarang membutuhkan RAM minimal 2GB. RAM ini membuat aplikasi bisa berjalan lancar dan halus di perangkat Windows. Perubahan ini bahkan sudah tercantum pada halaman aplikasi Facebook dan Messenger di Windows Store. Menariknya, pihak pengembang Facebook belum mengumumkan hal apa pun terkait spesifikasi minimum RAM 2GB pada Windows 10 Mobile.

Dengan update ini, smartphone Windows premium seperti Lumia 950 tidak akan terganggu mengenai spesifikasi minimum untuk menjalankan aplikasi Facebook dan Messenger. Sayangnya, akan banyak smartphone Windows kelas menengah ke bawah dengan RAM dibawah 2GB akan terkena dampak update terbaru ini. Memang kedua aplikasi tersebut masih bisa digunakan pada perangkat dengan RAM dibawah 2GB. Namun, tentu performa aplikasi tersebut akan sangat berat.

Seperti yang diketahui, Facebook dan Messenger merupakan aplikasi yang cukup populer. Kedua aplikasi ini awalnya hadir untuk semua perangkat bahkan smartphone Windows 10 Mobile dengan RAM dibawah 2GB. Namun, seiring perkembangannya, aplikasi ini terasa lambat dan tidak responsive. Hal ini tentu sangat menggangu pengguna media sosial untuk terus berinteraksi. Sepertinya hal inilah yang membuat pengembang terpaksa mengeluarkan spesifikasi minimum RAM 2GB.

Sebetulnya masalah utama dari lambatnya aplikasi media sosial ini ialah coding pada aplikasi yang ternyata membutuhkan banyal RAM dibanding aplikasi Windows Phone lainnya. Padahal aplikasi Windows Phone lainnya juga berjalan normal meski diinstal pada smartphone RAM kecil. Semoga saja, kedepannya pengembang Facebook juga memperhatikan aplikasi media sosial untuk ponsel kelas menengah maupun smartphone entry level.

Baca juga artikel:
Facebook Messenger Kini Dilengkapi Fitur Percakapan Rahasia
Update Facebook Messenger Hadirkan Fitur Instant Articles
Update Facebook Terbaru Akan Hadirkan Fitur Posting 2 Bahasa

Artikel Lainnya

Komentar