Sambut Idul Adha, Kementerian Agama Rilis Aplikasi Android Al Quran Digital

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 01 Sep 2016 | 12:01

Via Elhooda

Akhir bulan Agustus kemarin, Kementerian Agama Indonesia Resmi mengumumkan aplikasi Al Quran Digital untuk perangkat Android. Peluncuran aplikasi Android ini sendiri dilakukan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersamaan dengan hadirnya Seminar Internasional Al-Quran di Jakarta.

Peluncurkan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan umat islam dalam berinteraksi dengan Al Quran, baik dalam bentuk bacaan maupun pemahaman.

Menteri Agama Mengungkapkan aplikasi ini bisa menjadi sebuah langkah awal baru yang dapat terus dikembangkan baik teknis dan kontennya. Sehingga aplikasi Al Quran Digital Android ini membantu masyarakat luas untuk membaca dan mempelajari Al Quran. Hadirnya aplikasi ini juga sebagai bentuk memelihara kesahihan Al Quran. Memelihara Kesahihan tidak hanya dilakukan dalam bentuk teks atau tulisan mushaf, tetapi juga dari sisi maknanya.

Di era digital yang penuh keterbukaan ini, semua informasi bisa mudah diterima oleh masyarakat tak terkecuali  pemahaman tentang agama. Sayangnya, informasi tersebut tidak semuanya positif. Maka aplikasi ini diharapkan mampu mengimbangi derasnya arus pemahaman keagamaan yang salah. Apalagi, aplikasi buatan Kementerian Agama ini menyediakan berbagai literature berisi pemahaman dan penafsiran Al Quran yang moderat, toleran dan menghargai keragaman.

Pengguna smartphone di Indonesia sudah dapat mengunduh aplikasi Al Quran ini secara gratis di Google Play Store dan secepatnya akan hadir di AppStore dan Windows Phone Store. Aplikasi ini akan menyajikan teks Al Quran lengkap 30 Juz. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan terjemahan. Selain itu, pengembang juga melengkapi aplikasi ini dengan tafsir dalam dua varian yakni Tahlili (30 Juz) ataupun tafsir ringkas.

Terdapat fitur lainnya seperti suara murattal Al Quran dari Syekg Mahmud Khalil Al Hushary. Aplikasi Android ini juga hadir dengan tulisan arab yang cukup jelas bersumber dari Mushaf Attin yang mengikuti Mushaf Al Quran Standar Indonesia. Adapun terjemahan Al Quran yang terdapat dalam aplikasi ini berasla dari Al Quran dan terjemahan yang disusun oleh tim Kementerian Agama.

Aplikasi Al Quran Digital ini akan terus dikembangkan dan diupdate sehingga semakin lengkap.

Baca juga artikel:
Rawat Domba Qurban Biar Gemuk Melalui Hape di Game Urban Qurban
Beli Sapi dan Kambing Kurban Secara Online Kian Mudah di Bukalapak
Aplikasi Sholat Terbaik di Perangkat Android

Artikel Lainnya

Komentar