Sahabat POLRI, Aplikasi Android Penghubung Polisi dan Masyarakat

Oleh Aris Wibowo on Minggu, 03 Jul 2016 | 21:56

Menyadari fungsi media sosial yang kian hari kian meluas, POLRI atau kepolisian Republik Indonesia menghadirkan sebuah aplikasi baru guna menghubungkan masyarakat dan polisi bernama aplikasi Sahabat POLRI. Media sosial yang ternyata digunakan oleh banyak generasi muda untuk meng-update kegiatan hariannya ini dianggap sebagai media yang pas untuk merangkul masyarakat khususnya generasi yang sudah melek teknologi. Dengan aplikasi ini diharapkan masyarakat bisa berkomunikasi dengan pihak kepolisian dengan lebih mudah. Masyarakat bahkan dapat menggunakan aplikasi ini sebagai media untuk melaporkan, menginformasikan sesuatu atau bertanya kepada kepolisian.

Aplikasi Sahabat POLRI sendiri diluncurkan pada 20 Juni lalu. Aplikasi ini pun langsung mendapat apresiasi positif dari masyarakat karena dianggap sangat membantu kegiatan harian masyarakat. Sayangnya, aplikasi ini baru tersedia untuk perangkat sistem Android saja.

Dalam menggarap aplikasi Sahabat POLRI ini, Kepolisian Republik Indonesia bekerjasama dengan AkuPeduli.org , sebuah platform media sosial yang menyediakan laporan kejadian apa pun dari masyarakat. Tentu aplikasi Android gratis ini mampu menjadi wadah bagi masyarakat untuk ikut berpartisipasi membantu kinerja Polri dalam melayani dan mengayomi masyarakat.

Fungsi yang ditawarkan dalam aplikasi ini sebetulnya tidak berbeda jauh dengan aplikasi Qlue. Pengguna bisa melaporkan berbagai keadaan yang mengancam jiwa, kerusuhan hingga perampokan. Selanjutnya laporan tersebut akan dikelola oleh pihak Humas POLRI. Dengan fungsi ini, masyarakat diharapkan dapat bekerja sama membantu Polri untuk menindak kejadian lebih cepat berdasarkan laporan yang diterima.

Dalam aplikasi Sahabat POLRI ini, pengguna ada akan menemukan tiga kategori utama. Dalam kategori pertama terdapat berita. Seperti namanya, kategori ini akan menampilkan berbagai berita terbaru dan terkini seputar kepolisian maupun masyarakat.

Kategori berikutnya ada kepedulian. Dalam kategori ini, pengguna bisa menemukan berbagai laporan dari masyarakat. kamu bisa menemukan berbagai laporan terbaru hingga laporan terdekat yang ada disekitar pengguna. Bahkan, pengguna bisa memberikan tanda pada peta untuk mempermudah pihak kepolisian menuju TKP.

Terakhir ada kategori Tanya polisi. Dalam kategori ini, masyarakat bisa bertanya kepada kepolisian yang akan dijawab langsung oleh petugas dari POLRI. Diharapkan aplikasi ini bisa dimanfaatkan masyarakat dengan bijak khususnya saat mudik.

Download aplikasi Sahabat POLRI

Baca juga artikel:
Hudway Aplikasi Android untuk Pemandu Perjalanan Mudik
Aplikasi untuk Mudik yang Wajib Ada di Smartphone
Pemudik Disarankan Gunakan Aplikasi Navigasi Demi Mudik yang Aman dan Nyaman

Artikel Lainnya

Komentar