Hudway Aplikasi Android untuk Pemandu Perjalanan Mudik

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 29 Jun 2016 | 16:49

Menyambut musim mudik lebaran 2016 ini, pemerintah terus membenahi berbagai sarana dan prasaranan jalan raya termasuk membuka beberapa jalan tol antar kota dan antar provinsi untuk memperlancar arus mudik. Namun, pada kenyataannya jumlah kepadatan kendaraan memang meningkat sehingga tol juga diperkirakan tetap padat merayap. Salah satu solusi agar tidak terjebak macet tentu menggunakan jalur alternative dari informasi radio maupun aplikasi mobile.

Aplikasi mobile yang bisa kamu coba untuk memandu mudik tentu Google Maps atau Waze. Dua aplikasi ini cukup populer mengingat laporan kepadatan lalu lintas direspon lebih cepat oleh berbagai pengguna. Namun, untuk kamu yang berkendara di malam hari atau saat hujan dera, kamu bisa mencoba aplikasi bernama Hudway.

Aplikasi Hudway ini dirancang agar mata kamu tetap fokus ke depan. Dengan kata lain, kamu tidak perlu bolak-balik melirik ke layar smartphone untuk mengetahui arah perjalanan. Kamu cukup letakkan smartphone di dashboard mobil dengan posisi layar di atas. Layar ponsel akan menampilkan tampilan ke kaca mobile.

Dari kaca mobil inilah, kamu bisa melihat panduan perjalanan selama mudik. Dengan mata tetap fokus ke depan dan ditemani suara pemandu, aplikasi pemandu jalanan ini sangat membantu para pemudik kendaraan pribadi khususnya mobil. Aplikasi Hudway juga sudah menggunakan Google Maps, jadi petunjuk yang diberikan cukup akurat dan memberi pilihan jalur yang tepat. Namun, untuk mengaktifkan fitur ini, kamu harus melakukan penyetelan terlebih dahulu.

Untuk mengaktifkan aplikasi ini, kamu bisa menentukan dulu posisi start atau titik keberangkatan. Ingat titik keberangkatan ditandai dengan ikon warna hijau. Setelah itu, tentukan titik akhir atau tujuan perjalanan. Kemudian tap menu Create The Route. Titik akhir diwarnai ikon merah.

Nantinya jika sudah terhubung ke jaringan, akan muncul beberapa rute alternatif. Kamu tinggal pilih salah satu, kemudian tap start. Dalam layar akan muncul pemanduan jalan yang terbalik. Maka letakkan di dashboard dengan posisi yang nyaman buat mata melihat di kaca mobil. Kamu bisa mengatur tingkat kecerahan panduan, besar kecilnya ikon yang paling nyaman dimata.

Download aplikasi Hudway

Baca juga artikel:
Pemudik Disarankan Gunakan Aplikasi Navigasi Demi Mudik yang Aman dan Nyaman
Fitur Waze dan Panduan Menggunakannya Agar Nggak Kena Macet
Tips Anti Nyasar Gunakan Google Maps Saat Mudik

Artikel Lainnya

Komentar