5 Fitur Terbaru Dropbox Makin Mudahkan Pekerjaan Kantor

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 23 Jun 2016 | 16:00

Layanan Cloud Storage, Dropbox telah mempunyai 500 juta pengguna hingga bulan Maret 2016 lalu. Guna terus menambah pengguna, Dropbox terus membenahi layanan miliknya. Bahkan baru – baru ini, Dropbox telah mengumumkan beberapa fitur terbaru. Fitur terbaru Dropbox ini diharapkan bisa membantu pengguna untuk semakin productive dalam bekerja, baik sendiri maupun secara tim.

Lalu, apa saja fitur terbaru yang dihadirkan Dropbox?

Memindai Dokumen

A gif showing a person using the plus button in the Dropbox mobile app to scan a document.

Fitur ini memang cukup dinanti oleh banyak pengguna Dropbox. Kini pengguna Dropbox bisa memotret tulisan yang ada di papan tulis atau kertas dan kemudian akan langsung diubah menjadi teks digital lewat teknologi Optical Character Recognition (OCR). Apabila kamu menggunakan dropbox Businerss, kamu bahkan bisa mencari kata – kata tertentu dalam foto tersebut.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu cukup menekan tombol bertanda “+” plus dan memilih opsi “scan document”. Sayangnya, fitur ini baru hadir untuk pengguna perangkat iOS saja.

Membuat file Microsoft office kian mudah

Selain bisa melakukan scan dokumen, fitur terbaru dropbox juga bisa membuat file Microsoft Office seperti Word, Excel, dan Power Point kian mudah. Pengguna cukup menekan tombol +  dan memilih opsi “Create or upload file”, kemudian pilih jenis file yang ingin kamu buat. Setiap file yang sudah dibuat akan langsung tersimpan secara otomatis di Dropbox. Sayangnya, kamu tetap harus mengunduh aplikasi Microsoft Office terkait untuk menambah atau mengubah isi dari file tersebut.

Baca Juga Facebook Messenger Hadirkan Fitur Kirim File Via Dropbox dan Video Chat Head

Membagikan File lebih mudah

A depiction of someone sharing a folder of files from their desktop.

Dalam fitur terbaru Dropbox, kamu bisa membagian file lebih mudah. Hal ini diharapkan memudahkan pengguna untuk bekerja secara tim. Kamu bahkan bisa membagi file langsung dari desktop dengan melakukan right click pada file tersebut. Dengan fitur ini kamu tidak perlu lagi mengirimkan link lewat email. Kamu juga bisa mengizinkan pengguna lain agar bisa mengubah isi file atau hanya melihat file saja.

Menambahkan komentar dalam teks atau foto

A gift showing someone leaving a comment on a specific area of a file preview in Dropbox.

Kini kamu juga sudah bisa memberi komentar terhadap sebuah teks atau bagian gambar tertentu yang tersimpan di Dropbox.

Version History

Dengan fitur terbaru Dropbox, kamu bisa melihat kembali versi – versi tulisan lama yang telah kamu busat. Kamu bisa memilih tulisan versi terbaik yang perlu kamu simpan. Kamu cukup right click dan pilih opsi “Previous Versions.”

Baca juga artikel
Dropbox Rilis Fitur Baru Untuk Share URL
Dropbox Rilis Fitur Keamanan Baru Dengan USB Key
Dapatkan Perlindungan Ekstra Dropbox dengan Touch ID

Artikel Lainnya

Komentar