Ramadhan Legacy, Aplikasi Pencatat Kegiatan Selama Bulan Ramadhan

Ramadhan Legacy, Aplikasi Pencatat Kegiatan Selama Bulan Ramadhan

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 10 Jun 2016 | 10:26

Bulan Ramadhan mulai memasuki minggu pertama. Dalam bulan ini biasanya para umat muslim berlomba untuk beribadah lebih giat. Untungnya di era teknologi seperti ini, berbagai aplikasi sudah hadir untuk membantu umat muslim melacak sejauh mana ibadah yang telah dikerjakan. Salah satu aplikasi yang bisa kamu coba aplikasi bernama Ramadhan Legacy. Aplikasi ini merupakan buatan pengembang asal Inggris Shahbaz Mirza. Aplikasi ini bahkan sudah beroperasi di sistem Android dan iOS mulai Mei 2015 lalu.

Aplikasi Android Islami ini berawal dari Jurnal PDF berjudul My Ramadhan Action Plan. Jurnal ini berguna untuk mencatat kegiatan harian selama bulan Ramadhan. Jurnal ini ternyata cukup diminati dan berhasil diunduh lebih dari 10.000 unduhan. Dengan tingginya minat ini, maka Jurnal ini dibuat menjadi sebuah aplikasi untuk memudahkan pengguna dalam beribadah dan berkegiatan selama Ramadhan.

Untuk masuk ke aplikasi Ramadhan Legacy, kamu akan mendapatkan dua cara login. Pengguna bisa memilih masuk dengan akun Facebook atau e-mail yang dimiliki. Setelah masuk, kamu akan mendapati menu Planner. Ini merupakan tampilan utama dari aplikasi Android ini. Kamu akan menemukan daftar ibadah seperti puasa, salat lima waktu, membaca alquran, solawat, terawih dan ibadah lainnya. Terdapat juga informasi kalender Ramadhan yang dapat disesuaikan sesuai dengan negara lokasi pengguna. Kamu bisa memberi centang pada setiap bagian ibadah yang sudah diselesaikan.

Ada juga fitur Content Stream. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengakses berbagai konten blog dan video yang berkaitan dengan kebutuhan umat muslim untuk Ramadhan 2016.

Untuk fitur terakhir dalam aplikasi Ramadhan Legacy ialah fitur Reflections. Fitur ini memiliki fungsi layaknya linimasa di media sosial. Pengguna bisa berbagi update mengenai ibadah Ramadhan yang dikerjakan. Melalui bagian ini juga, pengguna bisa berinteraksi dengan pengguna aplikasi Ramadhan Legacy lainnya. Dalam fitur ini kamu juga bisa menemukan berbagai video dan gambar yang berisi motivasi positif.

Secara keseluruhan, aplikasi ini memang cukup membantu dalam mencatat kegiatan selama puasa. Namun, sayangnya tidak ada fitur pengingat atau alarm.

Download Ramadhan Legacy untuk Android
Download Ramadhan Legacy untuk iOS

Baca juga artikel:
Twitter Sambut Ramadhan Dengan Emoji Khusus Ramadan
Daftar Aplikasi Menu Puasa yang Layak Kamu Coba Selama Ramadhan 2016
Aplikasi Sholat Terbaik Di Perangkat Android

Artikel Lainnya

Komentar