Mengenal Quranesia, Aplikasi Android Al Quran Indonesia

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 08 Jun 2016 | 16:10

Bulan puasa sebaiknya diisi dengan memperbanyak ibadah. Pasalnya, di bulan penuh berkah ini semua amalan yang dilakukan dilipatgandakan. Sayangnya, dikarenakan kesibukan dan mobilitas yang padat, sebagian orang melewatkan ibadah – ibadah sederhana. Misalnya aktivitas membaca alquran. Untungnya, kini membaca Al-quran bisa semakin mudah semenjak hadirnya aplikasi Al-quran digital, seperti salah satunya Quranesia. Dengan aplikasi ini diharapkan umat Islam tetap bisa membaca A-lquran diberbagai kesempatan tanpa repot membawa Al-quran asli.

Aplikasi Android ini terbilang sederhana secara tampilan. Pada saat membuka aplikasi, pengguna langsung dihadapkan dengan beberapa ayat Al-quran sehingga bisa langsung fokus pada isi aplikasi. Dalam halaman utama ini juga, pengguna dapat memilih apakah ingin menampilkan ayatnya saja, ayat dan terjemahan, atau bahkan terjemahannya saja.

Dibagian menu navigasi juga terlihat simpel, Quranesia menggunakan hamburger menu sebagai navigasi utamanya. Pengguna dapat dengan mudah mengakses menu yang ada disisi kiri layar.

Mengatur jadwal bacaan

Dalam aplikasi Quranesia kamu bisa menggunakan fitur Khatam Quran. Dengan fitur ini pengguna bisa memberi target khatam alquran pada tanggal yang diinginkan. Pengguna juga bisa mengatur waktu yang diinginkan dan diluangkan untuk membaca alquran. Nantinya, aplikasi ini akan melakukan perhitungan berapa ayat yang harus dibaca setiap harinya. Sayangnya, fitur ini tidak memiliki opsi untuk membaca lebih dari yang telah ditargetkan. Jadi sebaiknya perhitungkan dengan tepat target khatam quran yang kamu inginkan.

Mendengarkan ayat Al-quran

Untuk kamu yang sibuk dan ingin mendengarkan lantunan ayat suci Al-quran saat santai atau saat perjalanan, aplikasi Quranesia menyediakan daftar putar Al-quran. Sebelum mendengarkan, kamu diharuskan mengunduh dulu surat yang hendak kamu dengar. Menariknya, terdapat banyak pilihan qari atau pembaca Al-quran. Tentu hal ini semakin bisa memotivasi kamu untuk semakin pandai membaca.

Fitur Hafalan ayat Al-quran

Selain itu, Quranesia juga menghadirkan fitur hafalan quran. Kamu hanya perlu memasukkan ayat pertama dan ayat terakhir dari hafalan yang kamu inginkan. Nantinya, Quranesia akan membuat daftar ayat yang telah dihafalkan.

Dengan fitur tersebut, Quranesia memang menjadi aplikasi Al-quran digital yang cukup lengkap.

Download Quranesia untuk Android
Download Quranesia untuk iOS

Baca juga artikel:
Aplikasi Sholat Terbaik Di Perangkat Android
Daftar Aplikasi Menu Puasa yang Layak Kamu Coba Selama Ramadhan 2016
Promo Ramadhan Toko Online Aneka Gadget 2016

Artikel Lainnya

Komentar