Aplikasi dan Game Android Bisa Dimainkan di Chromebook Bulan Depan

Aplikasi dan Game Android Bisa Dimainkan di Chromebook Bulan Depan

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 24 Mei 2016 | 13:28

Pada ajang Google I/O 2016, Google akhirnya mengumumkan kehadiran Google Play di Chrome OS. Kahadiran aplikasi mobile terbesar di dunia ini tentu akan disertai oleh 1,5 juta aplikasi maupun game yang saat ini ada di dalam Play Store.

Hadirnya fitur ini membuat kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi dan game langsung di laptop Google Chromebook. Pihak Google sendiri mengatakan fitur ini baru akan dirilis pada bulan Juni 2016 mendatang dalam developer channel  Chrome OS pada beberapa perangkat Chromebook terbaru. Untuk pengguna Chromebook lama, fitur ini baru bisa dinikmati di akhir tahun 2016 mendatang.

Kehadiran aplikasi Android di Chrome OS memang bukanlah hal baru. Pasalnya pada tahun 2014 lalu, Google juga sempat mengumumkan kehadiran beberapa aplikasi Android seperti Duolingo, Evernote hingga Vine dalam Chrome OS. Namun, sayangnya semenjak kehadiran beberapa aplikasi tersebut tidak ada aplikasi lain yang masuk ke Chromebook.

Langkah Google yang menghadirkan aplikasi dan game Android di Chromebook memang terbilang berani. Pasalnya, sistem Android maupun sistem Chrome agak berbeda. Tak heran, pasti akan banyak perubahan yang harus dilakukan agar aplikasi maupun game Android bisa berjalan optimal.

Apalagi Android lebih identik dengan perangkat layar sentuh, sedangkan Chromebook identik dengan laptop dengan tombol fisik. Tidak hanya itu, kebanyakan aplikasi maupun game Android dibuat untuk perangkat smartphone berlayar 5-7 inci. Berbeda dengan laptop yang menggunakan layar berukuran 15,6 inci. Maka sudah pasti akan banyak yang harus diubah.

Beberapa tahun terakhir ini Google terus mengembangkan sistem operasi Chrome yang ada di Chromebook. Hal ini dimaksudkan untuk menghadang sistem operasi desktop lainnya. Menariknya, menurut IDC, dalam kuartal pertama di tahun 2016 ini, Chrome OS merupakan sistem operasi terpopuler kedua. Bahkan untuk pertama kalinya, penjualan laptop murah Google ChromeBook berhasil mengalahkan penjualan Apple Mac.

Baca juga artikel:
10 Aplikasi dan Game Android Terbaik Dalam Google Play Store Awards 2016
Google I/O 2016, Android Wear 2.0 Resmi Dikenalkan Membawa Fitur Mandiri
Google I/O 2016: Google Spaces, Aplikasi Pesan Serba Ada

Artikel Lainnya

Komentar