Google I/O 2016: Google Spaces, Aplikasi Pesan Serba Ada

Google I/O 2016: Google Spaces, Aplikasi Pesan Serba Ada

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 19 Mei 2016 | 12:33

Google mulai menghelat acara konfensi pengembang Google I/O 2016 pada 18-20 Mei 2016 waktu setempat di Mountain View, California, Amerika Serikat.

Menariknya, sebelum acara dimulai, Google telah memperkenalkan produk baru, Salah satunya Google Spaces. Aplikasi ini bisa digunakan pengguna melalui mobile dan desktop. Diharapkan aplikasi ini membantu pengguna dalam hal berkomunikasi yang lebih kolaboratif.

“Percakapan berkelompok sering keluar topik dan pembicaraan makin tak berujung. Akibatnya para pengguna kesulitan mendapatkan informasi yang dibutuhkan,” tulis Google dalam situs resminya.

Google menyadari selama ini banyak pengguna yang bekerja secara kelompok atau tim sering menggunakan beberapa aplikasi yang berbeda untuk berkomunikasi maupun ketika berbagi konten.

Maka hadirnya Aplikasi Google Spaces akan memudahkan banyak orang untuk berkomunikasi, berbagi konten dengan aplikasi yang berbeda. Tak heran, Google mengklaim aplikasi terbaru ini sebagai aplikasi perpesanan serba ada.

Dalam aplikasi ini nantinya akan terdapat berbagai fasilitas untuk saling berbagi aneka konten dengan mudah, tanpa harus keluar dari aplikasi ataupun melakukan copy paste dari aplikasi lain. Hal ini bisa terjadi karena aplikasi ini sudah dilengkapi dengan Google Search, Youtube, hingga browser Chrome yang terintegrasi. Pengguna bahkan bisa langsung mencari hal–hal seperti foto, video dan artikel di internet dan menampilkannya dalam obrolan tanpa perlu meninggalkan Spaces.

“Dengan satu tap, kamu dapat membuat ‘space’ untuk membahas topik apapun sesuai keinginan. Kamu tinggal mengundang siapapun melalui SMS, Email hingga jejaring sosial.” Ungkap Luke Wroblewski, Product Direktur Spaces.

Untuk menggunakan aplikasi Google Spaces, kamu cukup memiliki akun Google saja. Google Spaces sendiri bukanlah sebuah produk baru. Pasalnya, Google sudah memiliki beberapa aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk membuka berbagai aplikasi berbeda, misalnya Docs dan Sheets. Sayangnya, dua aplikasi ini hanya bisa untuk keperluan produktivitas dan hanya memberi akses pengguna lain untuk berbagi konten.

Aplikasi Google Spaces memang cukup unik karena memungkinkan pengguna untuk membuat topik tentang apa pun. Kamu bisa memasukkan berbagai konten sesuai keinginan seperti gambar hingga video dari youtube secara realtime. Diharapkan kehadiran aplikasi ini bisa menjadi lawan dari Facebook Groups.

Download Google Spaces untuk Android
Download Google Spaces untuk iOS

Baca juga artikel:
Update Google Translate Bisa Dipakai di WhatsApp dan Path
Google Play Hadirkan Pemberitahuan Bila Aplikasi Mengandung Iklan
Update Google I/O 2016 dan Perkenalan Inovasi Baru dari Google

Artikel Lainnya

Komentar