Update Google Translate Bisa Dipakai di WhatsApp dan Path

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 13 Mei 2016 | 13:46

Google baru saja menghadirkan pembaharuan terbaru pada aplikasi penerjemah Google Translate. Dalam pembaharuan versi 5.0 ini, Google berharap dapat memudahkan pengguna kala menerjemahkan bahasa asing langsung dari aplikasi Google Translate. Dalam pembaharuan ini, terdapat sejumlah fitur baru yang dapat dinikmati oleh para pengguna perangkat Android.

Salah satu fitur baru yang terdapat dalam Google Translate yakni Fitur Tap–to–Translate. Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk bisa menerjemahkan teks dari aplikasi lain seperti WhatsApp atau Path.

Putri Silalahi selaku Products Communications Lead Google Indonesia mengungkapkan, Google mengembangkan fitur terbaru dalam versi 5.0 karena melihat perilaku pengguna Google Translate, khususnya pengguna di indonesia yang suka copy-paste teks ke dan dari Google Translate.

Sebagai contoh, beberapa pengguna sering menggunakan aplikasi perpesanan dan tiba–tiba menerima pesan dalam bahasa asing. Untuk mengetahui artinya, mau tidak mau pengguna harus menyalin teks dan keluar aplikasi, lalu membuka Google Translate. Hal ini tentu memakan waktu dan merepotkan.

Dengan fitur baru Tap to translate, pengguna hanya perlu meng-copy teks, entah itu isi pesan, lirik lagu dan lain sebagainya. Nantinya, akan muncul ikon Google translate dan pengguna bisa langsung menerjemahkan teks tersebut.

Jika ingin membalas pesan dalam bahasa asing tersebut, kamu tinggal menuliskan kata versi kamu pada fitur ini dan akan langsung diterjemahkan ke bahasa asing yang kamu pilih. Kamu tinggal menggunakan fasilitas copy yang tersedia untuk memindahkannya pada aplikasi pesan instan.

Fitur Tap To Translate tersedia dalam 103 bahasa dan bisa digunakan secara offline. Sementara untuk pengguna Google Translate di perangkat iOS, kamu bisa menerjemahkan 51 bahasa secara offline dengan ukuran paket bahasa unduhan yang lebih kecil.

Selain tap-to-translate, pembaharuan lain yang hadir di Google Translate adalah hadirnya fitur terjemahan instan lewat kamera atau (wordlens) yang mampu menerjemahkan bahasa Mandarin. Menariknya, fitur ini juga sudah bisa dinikmati secara offline.

Baca juga artikel:
Tips dan Trick Jago Main Path Dalam Waktu 10 Menit
Kakao Talk Akuisisi Path, Kejar Pertumbuhan di Asia Tenggara
Update Terbaru WhatsApp, Bisa Modifikasi Huruf Jadi Bold Atau Italic

Artikel Lainnya

Komentar