Kumpulan  Aplikasi Live Streaming Video dan Chat Untuk Android dan iOS

Kumpulan Aplikasi Live Streaming Video dan Chat Untuk Android dan iOS

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 12 Mei 2016 | 11:25

Beberapa waktu lalu, Facebook merilis aplikasi live streaming video miliknya, Facebook Live. Hal ini tentu semakin menambah persaingan di pasar aplikasi live streaming untuk perangkat Android, iOS maupun Windows. Sebelumnya, pengguna sudah bisa menikmati siaran streaming ataupun melakukan siaran live streaming chat dan video melalui aplikasi Youtube, Periscope, Meerkat hingga Zapstream.

Lalu, apa saja kelebihan dari aplikasi-aplikasi Live Streaming tersebut? Berikut ulasannya.

Facebook Live

Dirilis beberapa minggu lalu di Amerika, aplikasi buatan Facebook ini mulai merambah berbagai negara. Untuk bisa melakukan live streaming, kamu cukup menekan update status dan ikon live video yang mirip seorang pria dengan garis melingkar.

Sebelum menekan tombol Go Live tersebut, pengguna dapat menambahkan diskripsi tentang apa yang akan terjadi serta memilih teman lain untuk dijadikan penonton atau teman berbagi.

Nantinya setelah video live streaming milikmu tayang, kamu akan bisa melihat berapa banyak orang yang menonton, nama teman yang menonton dan komentar dari mereka secara real time. Setelah live streaming selesai, video akan disimpan di timeline. Kamu juga bisa memilih setingan video untuk bisa ditonton orang lain atau langsung menghapusnya.

Untuk menemukan video live streaming di aplikasi facebook live, cukuplah mudah. Nanti beberapa video akan muncul di beranda layaknya postingan facebook pada umumnya. Yang menarik, kamu tidak perlu mengunduh aplikasi terpisah untuk mulai menggunakannya. Kamu cukup memperbaharui facebook untuk bisa mengakses fitur tersebut.

Kunjungi Facebook Live

YouTube Live Streaming

Aplikasi ini memang masih dalam versi beta dan hanya akan tersedia untuk perangkat komputer saja. Untuk menggunakannya, pengguna harus membuat akun YouTube live terlebih dahulu. Setelah itu, pengguna diminta untuk memverifikasi akun menggunakan nomer telepon. Setelah akun siap, kamu akan mendapat tautan siaran.

Dalam aplikasi ini, kamu akan mendapat pilihan untuk memulai streaming di YouTube, salah satunya membuat jadwal siaran live streaming. Fitur ini juga dapat mengubah pengaturan privasi sehingga video hanya bisa ditonton teman-teman pilihanmu. Sementara itu, dipilihan lainnya memungkinkan pengguna untuk menyimpan siaran dan mengulanginya atau mengantikan siaran secara manual.

YouTube Live Streaming memungkinkan penyiar untuk berinteraksi dengan audiens mereka, serta menyesuaikan audio dan video. Kamu bisa menyisipkan iklan dalam video untuk penghasilan tambahan dan masih banyak fitur menarik lainnya.

Daftar YouTube Live Streaming

Periscope

Aplikasi live streaming ini menjadi salah satu aplikasi yang cukup populer. Kamu bisa mendaftar menggunakan akun Twitter atau nomer ponsel. Setelah mendaftar, kamu langsung bisa melakukan live streaming. Pengguna bisa menulis judul siaran, menyeleksi penonton, membatasi chat saat live streaming, mengelola pengaturan lokasi, semuanya bisa dilakukan melalui tiga ikon diatas start Broadcast.

Caranya mudah, kamu cukup tekan Broadcast ketika memulai atau selesai siaran. Cukup geser layar ke bawah dan tekan stop broadcast. Kemudian terdapat menu pilihan untuk menyimpan video hingga berbagi dengan orang lain. Kamu juga bisa menghapus video bila sudah tidak diperlukan.

Untuk melihat siaran langsung, kamu cukup tekan ikon TV atau dunia. Sentuh bagian mana saja pada layar, maka gambar hati akan terkirim dan kamu bisa bergabung dalam percakapan dibagian bawah layar. Siaran ini juga dapat dibagi dengan siapapun. Periscope menambahkan support untuk Apple TV, sehingga kamu bisa menikmati video dengan layar yang lebih lebar.

Sayangnya, Periscope tidak bisa merekam video untuk ditonton kemudian hari. Pasalnya, Periscope hanya menampilkan video real time.

Download Periscope untuk Android
Download Periscope untuk iSO

Baca juga 15 Aplikasi Root Android Terbaik Untuk Maksimalkan Kinerja Ponsel

Meerkat

Sama seperti aplikasi Periscope, aplikasi Live Streaming ini mengharuskan kamu untuk mendaftar terlebih dahulu menggunakan nomer ponsel. Kemudian kamu bisa menghubungkan akun Meerkat dengan akun media sosial seperti Facebook ataupun Twitter. Cara ini dianggap kamu bisa terhubung dengan teman atau orang yang dikenal.

Setiap kali kamu melakukan siaran, link akan diunggah di Twitter. Terdapat dua tombol pada layar utama Meerkat yakni jadwal dan stream. Di atas tombol terdapat kolom untuk menambahkan deskripsi dari apa yang sedang kamu tonton atau siarkan.

Ketika memulai siaran, teman – teman di twitter akan mendapat pemberitahuan bahwa siaran akan berjalan. Setelah itu, kamu bisa melihat siapa saja temanmu yang menonton dan berinteraksi. Ada juga fitur Cameo yang membuat kamu bisa memilih penonton untuk menggantikannya selama 60 detik. Ini membuat aplikasi live streaming ini semakin interactive.

Setelah siaran selesai, kamu bisa menyimpan atau menghapus video.

Download Meerkat untuk Android
Download Meerkat untuk iOS

Zapstream

Aplikasi ini baru tersedia untuk sistem iOS saja. Kamu bisa masuk ke aplikasi ini menggunakan akun Facebook ataupun Twitter. Setelah itu, kamu cukup menekan ikon Zap untuk memulai streaming. Geser ke kanan atau kiri untuk mengakses fitur editing. Kamu juga bisa menambahkan filter gambar hingga mengubah suara.

Yang berbeda dan unik dalam aplikasi ini ialah setelah siaran berakhir aplikasi secara otomatis menggabungkan bagian terbaik dari streaming tersebut menjadi video singkat 15 detik. Video singkat ini bisa dibagikan ke teman–teman di media sosial.

Download Zapstream untuk iOS

Baca juga artikel:
Beda Layanan Musik Streaming Spotify dengan Joox dan Apple Music
Mengenal Fitur Musik Streaming Online Spotify
Harga Paket Streaming Musik Spotify di Indonesia

Artikel Lainnya

Komentar