15 Aplikasi Root Android Terbaik Untuk Maksimalkan Kinerja Ponsel

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 08 Apr 2016 | 13:56

Isu mengenai peredaran handphone 4G yang masuk ke Indonesia dengan main akal-akalan makin ramai belakangan ini. Ramai diberitakan salah satu jurus jitunya adalah dengan menjual ponsel 4G yang diakui sebagai perangkat 3G. Hal ini dilakukan untuk menghindari aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang ditetapkan oleh pemerintah, yakni 20% di tahun 2016 dan naik menjadi 30% per Januari 2017.

Padahal sudah banyak pengguna yang tahu jika ponsel yang dimaksud menggunakan koneksi 4G ketika diluncurkan secara global dan hal ini pula yang akhirnya menjadi polemik di masyarakat. Akhirnya ketika jurus berkelit itu ampuh meloloskan perangkat ini dari jerat TKDN, semua diserahkan ke pengguna sebelum atau setelah membelinya, mau pakai koneksi 3G saja atau mengaktifkan jaringan 4G.

Aplikasi ROOT

Bagi yang suka oprek perangkatnya tentu paham apa yang harus dilakukan untuk mengaktifkan koneksi 4G pada perangkat yang “pura-pura 3G” tersebut. Bagi yang awam kemungkinan besar lebih cari aman cari ponsel yang sudah 4G.  

Nah, bagi kamu yang suka oprek dan membutuhkan aplikasi root, berikut ada 15 aplikasi terbaik yang mungkin salah satunya bisa kamu gunakan.

Flashify

Flashify

Mencoba flash secara manual pada smartphonemu terkadang susah – susah gampang. Dengan aplikasi root Flashify, Flash akan berjalan secara otomatis. Aplikasi ini sangat baik untuk kamu yang ingin mengkostumisasi smartphone tanpa repot memflash manual yang memakan waktu banyak.

Dengan aplikasi root ini, kamu bisa memflash boot.img, recovery.img dan file zip lainnya dengan mudah. Aplikasi ini bahkan secara otomatis membackup data dalam smartphonemu. Bahkan, aplikasi ini bisa merestore kernel menggunakan memori card dengan cepat dan mudah. Tunggu apalagi, aplikasi root terbaik Android ini sudah bisa diunduh secara gratis di playstore.

SuperSU

SuperSU

Bila kamu sudah berhasil meroot ponsel Android milikmu, kamu membutuhkan aplikasi SuperSU. Aplikasi ini merupakan asisten terbaik dalam smartphone Android root. Dalam aplikasi ini kamu bisa mengatur ijin aplikasi untuk mengakses root. Download aplikasi gratis SuperSU di play store.

System App Remover

System App Remove

Salah satu hal penting yang bisa dilakukan pengguna ponsel Android yang sudah diroot ialah menghapus aplikasi-aplikasi bawaan yang tertanam di sistem atau lebih dikenal Bloatware. Aplikasi bloatware memang selalu ada dalam ponsel baru dan sayangnya bisa memakan tempat memori internal dan RAM. Maka, sebaiknya segera hapus aplikasi tersebut. Namun, untuk menghapusnya kamu membutuhkan aplikasi root Android seperti System App Remover.

Viper4AndroidFX

Viper4AndroidFX

Jika kamu penggemar musik dan ingin audio smartphonemu semakin baik, maka Viper4AndroidFX menjadi aplikasi root Android yang tepat. Aplikasi ini hadirkan cukup banyak fitur. Terdapat juga EQ mode dan near-lossless sound quality sehingga mengoptimalkan suara yang keluar dari speaker ponsel Android.

Titanium Backup

Titanium Backup

Mencadangkan data merupakan salah satu langkah penting kala meroot ponsel Android. Agar membackup data di ponsel lebih mudah, kamu bisa memasang Titanium Backup. Dengan aplikasi ini, semua data akan dibackup dengan aman dan baik sehingga bila suatu saat dibutuhkan dapat dengan mudah dibuka.

Baca juga 6 Aplikasi VPN Android Cepat, Gratis dan Berbayar Terbaik di 2016

Greenify

Greenify

Greenify merupakan sebuah aplikasi root terbaik Android. Aplikasi ini akan membuat kamu bisa mengontrol daya smartphone dan aplikasi. Kamu bahkan bisa mengatur mengenai jam kerja dari sebuah aplikasi sehingga tidak akan memakan RAM terlalu banyak.

Tasker

Tasker

Bila kamu mencari aplikasi root terbaik Android yang simple, mungkin aplikasi Tasker ini layak terpilih. Aplikasi  ini akan menghadirkan informasi sistem secara lengkap dan otomatis. Aplikasi Tasker ini bahkan bisa mengatur jadwal sekolah hingga aktivitas lainnya.

DiskDigger

DiskDigger

Terkadang kamu sering tidak sengaja menghapus SMS penting, file penting hingga foto penting di smartphone Android. Kamu tidak perlu panik bila ponsel Androidmu sudah diroot. Pasalnya ada solusi jitu untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut. Kamu cukup menginstal aplikasi DiskDigger untuk bisa mengembalikan file atau foto yang terhapus.

Better Battery Stats

Better Battery Stats

Siapa saat ini, pengguna smartphone yang mendambakan perangkat dengan baterai yang tahan lama? Mungkin kebanyak orang akan menjawab saya butuh smartphone baterai besar. Padahal bila ponsel Android milikimu sudah diroot, kamu bisa menggunakan aplikasi penghemat baterai, BatterBatteryStats. Aplikasi root terbaik ini akan mengatur setting smartphone sehingga ponsel Android bisa lebih hemat.

ES File Explorer

ES File Explorer

Untuk pengaturan file pada ponsel Android yang sudah diroot, kamu bisa memakai ES File Explorer. Aplikasi pengaturan file ini hadir dengan fitur yang cukup lengkap. Dengan akses root, kamu bisa mengatur file sistem dengan lebih mudah.

Baca juga 6 Aplikasi Alternatif Facebook Android Cepat dan Ringan

DataSync

DataSync

Bila kamu memiliki dua ponsel Android atau lebih, kamu bisa menggunakan aplikasi root terbaik Android ini untuk melakukan sync. Dengan aplikasi DataSync ini, kamu bisa memindahkan data antar perangkat Android dengan cepat dan mudah.

ROM Manager

ROM Manager

Jika kamu ingin melakukan pengaturan custom ROM ataupun kernel, kamu bisa menggunakan aplikasi Root, ROM Manager. Aplikasi ini hadir dengan fitur yang lengkap dan banyak. Kamu bahkan bisa mengunduh ROM dan mengganti ROM dengan mudah melalui aplikasi Android terbaik ini.

REC

REC

Salah satu keuntungan ponsel Android yang sudah diroot ialah kemudahan pengguna untuk mengambil screenshot hingga merekam video layar. Dengan aplikasi REC kamu bisa merekam aktifitas kamu mengoperasikan layar atau saat kamu bermain game.

Device Control

Device Control

Ponsel Android yang sudah diroot juga memungkinkan kamu untuk mengubah pengaturan mesin. Kamu bisa menaikkan kecepatan atau menurunkan kecepatan prosesor. Kamu juga bisa mengatur power dari prosesor, agar lebih maksimal atau lebih hemat daya. Dalam aplikasi Device Control terbaik Android ini, kamu bahkan bisa mengatus sound dan layar smartphone sehingga ponsel Android Root semakin maksimal digunakan.

SD Maid

SD Maid

Memori internal yang kepenuhan menjadi masalah bagi sebagian pengguna smartphone. Bila smartphone Androidmu sudah diroot, kamu cukup menggunakan aplikasi SD Maid untuk mengatur dan menghapus file – file yang tersembunyi.

 

Baca juga artikel
9 Aplikasi Pendeteksi Gempa Dalam Smartphone Kamu
Handphone Terasa Lemot, Hapus Saja 5 Aplikasi Ini
Aplikasi Note Android Untuk Membuat Catatan Teks, Audio dan Video

Artikel Lainnya

Komentar